13 Cara Pintar Mencari Vendor di Pameran Pernikahan

Sebelum datang ke pameran dunia pernikahan, simak persiapan yang perlu Anda lakukan:

1. Do Your Research
Sebelum menghadiri pameran, ada baiknya melakukan riset terlebih dahulu. Buka website penyelenggara pameran tersebut dan cari tahu vendor-vendor apa saja yang ikut di dalamnya. Jangan lupa untuk mencatat beberapa yang menarik perhatian Anda sehingga Anda dapat mengunjungi booth mereka di pameran nanti.

2. Get There Early
Seperti layaknya pameran pernikahan, akan ada ratusan vendor lebih yang ikut berpartisipasi dan ratusan pasangan yang ikut meramaikan di dalamnya. Datang lebih pagi dapat menghindarkan Anda dari kerumunan pasangan lain yang juga berburu vendor untuk pernikahan mereka. Anda juga dapat lebih santai melihat-lihat dan berkonsultasi dengan banyak vendor yang ada di sana.

3. Don’t Go On A Full Stomach
Tentunya Anda disarankan untuk mengisi perut terlebih dahulu sebelum datang ke pameran sehingga Anda tidak berkeliling di sana dengan perut keroncongan. Tapi juga jangan terlalu kenyang! Sisakan ruang di perut Anda untuk mencicipi sampel makanan dari katering dan bakery di sana.



4. Don’t Go Solo

Bawalah tunangan Anda, atau seorang teman atau anggota keluarga untuk menemani. Tapi jangan terlalu banyak orang, karena Anda tidak ingin dipusingkan dengan berbagai pendapat yang mereka utarakan.

5. Bring Your Name Card
Karena Anda pastinya akan bertukar data pribadi dengan vendor selama pameran. Jadi untuk menghemat waktu dan tenaga, bawalah kartu nama yang setidaknya mencantumkan nama, nomor telepon dan alamat email Anda.

6. Bring a Big Bag
Di pameran nanti Anda akan diberikan banyak brosur, sampel produk dan goodies. Jadi pastikan tas Anda cukup besar untuk menyimpan semuanya.

7. Take Notes
Anda akan dihujani dengan banyak informasi dari vendor vendor yang berbeda di pameran nanti. Maka, mencatat semua informasi tersebut adalah solusi yang baik agar kedatangan Anda di pameran tidak sia-sia. Siapkanlah notes, pena atau aplikasi notes di telepon seluler Anda untuk mencatat.

8. Color Code
Ada ide bagus untuk memudahkan Anda memilah-milah vendor yaitu dengan sticky notes! Anda bisa menempelkan sticky notes dengan warna hijau pada brosur vendor yang kemungkinan besar akan Anda ajak kerja sama, atau sticky notes warna pink untuk vendor yang Anda kurang tertarik.

9. Take Photos
Jangan ragu untuk mengambil beberapa foto dari hal-hal yang menarik perhatian Anda seperti gaun pengantin yang Anda taksir, kue pengantin yang unik atau perhiasan yang membuat Anda tidak bisa melepaskan pandangan darinya. Kumpulkan itu sebagai referensi Anda nantinya.



10. Be Chatty

Jangan segan untuk banyak bertanya kepada vendor. Vendor yang baik juga akan tertarik pada cerita tentang rencana pernikahan Anda, sehingga mereka dapat menyarankan pilihan mana yang baik untuk Anda.

11. Hunt For Deals
Kebanyakan vendor menawarkan berbagai promosi menarik selama pameran, seperti diskon jika Anda melakukan transaksi saat pameran berlangsung, atau paket-paket pernikahan yang didiskon selama pameran. Jangan segan untuk menanyakan harga promosi pada vendor.

12. Follow Up
Jika Anda tertarik pada satu vendor dan sudah berbincang-bincang dan bertukar kontak saat pameran, jangan tunggu sampai si vendor yang menghubungi Anda. Setelah pameran berakhir, kirimkan email atau hubungi segera bahwa Anda tertarik bekerja sama dengan mereka dan menantikan pertemuan selanjutnya untuk berbicara lebih jauh.

13. Have Fun!
Foto dengan berbagai properti unik di stand photo boot, atau mencoba permainan-permainan seru di booth games bersama pasangan. Berburu kebutuhan pernikahan seharusnya menjadi hal yang menyenangkan!

Teks: Eva Tanty Sari

LEAVE A COMMENT

BACK
TO TOP