Akhir Bahagia Menutup Lakon Sie Jin Kwie - Melawan Siluman Barat

Lima tahun lalu Teater Koma mementaskan lakon berjudul Sie Jin Kwie di Negeri Sihir dengan akhir kematian Sie Jin Kwie. Naskah yang disadur Nano Riantiarno berdasarkan novel karya Lokoanchung dan Tiokengjian tidak ingin dibiarkan berakhir secara tragis. Masih berlangsung hingga sekarang, Nano Riantiarno ingin melanjutkan kisah Sie Jin Kwie Ceng See atau Sie Jin Kwie Menyerbu Ke Barat dengan lakon Sie Jin Kwie - Melawan Siluman Barat sekaligus menutup akhir cerita dari lakon-lakon sebelumnya; Sie Jin Kwie (2010), Sie Jin Kwie Kena Fitnah (2011) dan Sie Jin Kwie Di Negeri Sihir (2012).

Pementasan yang masih terus berjalan sejak tanggal 10 November sampai dengan 19 November 2017 di Graha Bhakti Budaya, Taman Ismail Marzuki terlaksana dengan dukungan Bakti Budaya Djarum Foundation yang tidak pernah berhenti. Tokoh-tokoh dalam cerita diperankan oleh nama-nama yang sudah tidak asing lagi membawakan lakon Teater Koma. Di antaranya Idris Pulungan, Tuti Hartati, Budi Ros, Rangga Riantiarno, Ade Firman Hakim, Joind Bayuwinanda, Subarkah Hadisarjana, Daisy Lantang, Dorias Pribadi, Alex Fatahillah, Supartono JW, Ratna Ully, Raheli Dharmawan, Dana Hassan, Bayu Dharmawan dkk.

Bersetting tempat masa kedinastian di Cina yang kala itu dipimpin Dinasti Tang. Penonton seolah dapat menyaksikan secara langsung kehidupan masyarakat Cina zaman dulu lengkap dengan kostum yang sesungguhnya oleh Rima Ananda sebagai desainer kostum. Begitu pula makeup oleh Sena Sukarya dibantu konsultan tata rias dan rambut Subarkah Hadisarjana dengan dukungan PAC Martha Tilaar.

Tidak hanya penampilan yang begitu menjiwai, tata musik pun sangat diperhatikan yang banyak memainkan jenis-jenis musik Tiongkok oleh Sekolah Musik Miladomus. Akan tetapi dalam lakon tersebut unsur Indonesia pun dimasukkan dengan adanya wayang yang telah dimodifikasi. Selama pertunjukkan penonton dihibur dengan aksi pertarungan dengan koreografi peperangan oleh Sentot S dan Djoko SS. Sedikit imbuhan komedi disisipkan untuk mencairkan ketegangan ketika anak Sie Jin Kwie yakni Sie Teng Sang bersama menantunya Hwan Lie Hoa mempertaruhkan nyawa melawan musuh bebuyutan Souw Po Tong yang dibekingi para siluman dan dewa jahat. Kebaikan yang selalu menang akhirnya terbukti yang menutup lakon Sie Jin Kwie - Melawan Siluman Barat dengan akhir bahagia.

Foto: Dok. Image Dynamics

LEAVE A COMMENT

BACK
TO TOP