How to Choose A Wedding MC

Hampir sebagian besar calon mempelai beranggapan bahwa saat menggelar pesta pernikahan tidak perlu mengeluarkan biaya yang besar hanya untuk menyewa jasa MC pernikahan. Kebanyakan dari mereka menilai bahwa seorang MC hanya bertugas sebatas memandu jalannya acara resepsi pernikahan atau saat prosesi pernikahan adat (siraman, midodareni, dan lain-lain). Tapi, pernahkah Anda datang ke sebuah acara pernikahan dan menyaksikan para tamu malah asyik dengan makanan atau berbincang dengan tamu lainnya karena sang MC ternyata tak mampu mengarahkan acara dengan baik? Belum lagi, kalau si MC terlalu asyik mempromosikan dirinya sepanjang acara berlangsung. Bukan hanya Anda yang bakal menyesal telah menyewa jasanya, tapi para tamu undangan mungkin akan pulang ke rumah dengan membawa oleh-oleh berupa kesan buruk tentang pesta Anda. Ini tentu bukan macam kenangan yang ingin Anda torehkan di hari nan istimewa dan alasan ini pula yang akan membuat Anda perlu memilih MC yang tepat. Mungkin Anda perlu mengeluarkan biaya ekstra, tapi untuk sebuah pesta pernikahan sempurna dan memberi kenangan indah, biaya ekstra bukanlah menjadi sebuah masalah.

Kenali MC Anda
MC diibaratkan seperti ujung tombak atau executor saat acara berlangsung. Sehebat apa pun acaranya, Wedding Organizer-nya, dan pengantin serta keluarganya, Jika MC tidak dapat menguasai serta membawakan acara dengan baik dan indah, maka Anda dapat membayangkan apa yang akan terjadi ke depannya. Maka pastikan Anda memilih MC dengan cermat.

Profesionalitas MC
Profesionalitas MC menjadi prioritas utama agar acara pernikahan dapat berjalan dengan baik. Jam terbang juga berpengaruh terhadap kualitas sang MC. Misalnya, jika ada sebuah kecelakaan kecil dalam pernikahan seperti runtuhnya susunan gelas untuk acara wine, atau salah satu penari ada yang terjatuh, maka si MC harus pandai-pandai mengalihkan perhatian para tamu atau membuat para tamu yang hadir tidak tertarik dengan kekacauan-kekacauan kecil tersebut. Pernikahan adalah sesuatu hal yang paling berharga dan paling diingat sepanjang masa oleh si mempelai. Tentu, siapa pun, termasuk MC tidak ingin ada kekacauan kecil yang akan membuat mempelai kecewa serta terus mengingat-ingat kesalahan tersebut.

Tentukan Kriteria
Setiap mempelai pasti tak ada yang menginginkan acara pernikahan mereka berjalan kacau balau gara-gara salah memilih MC. Agar dapat menentukan MC yang tepat untuk pernikahan Anda, ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah menentukan kriteria khusus terhadap MC yang Anda inginkan. Misalnya, jika Anda ingin melangsungkan pernikahan tradisional atau adat tertentu, Anda bisa memilih MC yang biasa menjadi MC di pernikahan tradisional agar lebih nyaman.

Profil Calon MC
Setelah menemukan calon MC, langkah berikutnya adalah menanyakan sudah berapa lama mereka bergerak dalam bidang ini. Hati-hati apabila mereka tidak menjawab dengan pasti karena ini membuktikan keraguan. Apabila dia memang baru dalam hal ini, Anda perlu sedikit keras mengatur MC yang bersangkutan karena acara ini hanya terjadi sekali seumur hidup Anda. Tapi jika Anda memiliki bugdet lebih, tak ada salahnya memilih MC yang berpengalaman.

Technical Meeting
Anda juga bisa melihat dari technical meeting pertama kali dengan MC. Seorang MC yang baik juga akan memberikan masukan tentang acara prosesi, lagu yang digunakan selama acara, bagaimana urutan yang baik berdasarkan pengalamannya.

Watch Him/ Her in Action
Tanyakan pula jadwal terdekat si MC memandu sebuah pesta pernikahan agar Anda bisa melihat secara langsung kualitas dari MC tersebut. Semua kekurangan bisa Anda sampaikan di kemudian hari agar tidak terjadi di dalam acara penting Anda.

Main Image: Tonny & Lifetime Entertainment - Organizer

LEAVE A COMMENT

BACK
TO TOP