Indonesian Weekend Memperkenalkan Kekayaan Budaya Indonesia di London

Wonderful Indonesia, begitu tag line yang disebarluaskan Kementerian Pariwisata Indonesia untuk mengajak para turis asing datang dan menikmati keindahan Indonesia. Berbagai program pun dilakukan untuk meningkatkan jumlah turis asing agar masuk ke Indonesia, salah satunya Indonesian Weekend . Acara ini merupakan acara perdana yang digagas oleh Endang Nurdin Widjono dari Komunitas Bangga Indonesia yang berpusat di London, serta beberapa kementerian. Dengan Kementerian Pariwisata Indonesia yang memberikan dukungan utama bersama Kementerian Perindustrian, Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Dinas Budaya dan Pariwisata Bandung dan Dinas Budaya dan Pariwisata Jawa Tengah.

Bertempat di Kementerian Perindustrian pada tanggal 17 Mei 2016 tepat 11 hari sebelum Indonesian Weekend dilangsungkan. Dalam acara 11 days to go yang dihadiri petinggi di kementerian, Ibu Endang dan para pendukung lainnya membahas berbagai program yang akan dilakukan untuk menarik minat warga London agar berkunjung ke Indonesia. Bersatu padu untuk mewujudkan 20 juta wisatawan mancanegara pada tahun 2019, 100 peserta siap menampilkan kesenian, kerajinan, fashion muslim hingga kuliner.

Disponsori Elzatta Dauky by Elhijab, akan hadir 12 model yang akan memeragakan berbagai koleksi hijab melalui fashion show dan fashion showcase. Dari pihak Dinas Budaya dan Pariwisata Bandung akan menawarkan berbagai bentuk kesenian dari Saung Udjo, permainanan sasando hingga pemberian merchandise gantungan kijang mini. Berbeda halnya Dinas Budaya dan Pariwisata Jawa Tengah yang akan menampilkan penari kawakan Didik Nini Thowok yang akan menarikan Tari Topeng. Di bidang kuliner yang dipandu Chef Degan dan Chef Gede Susila akan mendemokan bagaimana memasak makanan khas Indonesia, yakni nasi tumpeng sekaligus menginformasikan makna di balik nasi tumpeng yang menggambarkan kebersamaan.

Indonesian Weekend sendiri akan dilaksanakan pada akhir pekan tanggal 28 dan 29 Mei 2016 di Potters Fields Park, London dengan latar panorama jembatan Tower Bridge dan Sungai Thames. Berdasarkan data yang diperoleh setiap akhir pekan setidaknya ada 70.000 orang yang berlalu lalang di Potters Fields. Maka diharapkan Indonesian Weekend dapat memanfaatkan akhir pekan yang bertepatan dengan awal musim panas di London. Kota London sendiri dipilih berdasarkan hasil riset yang menjelaskan bahwa turis asal Inggris memiliki potensi lebih untuk tinggal lebih lama selama liburan, sehingga bujet yang dihabiskan selama liburan lebih banyak. Dan hal ini sangat menguntungkan pariwisata Indonesia.

Foto: Dok. Indonesian Weekend

LEAVE A COMMENT

BACK
TO TOP