Kecantikan Sulam Indonesia dan Mancanegara di Pesona Kriya Sulam

Sulam merupakan salah satu bentuk kerajinan Indonesia yang sayangnya masih belum terlalu dikenal. Oleh karenanya, untuk meningkatkan pengetahuan mengenai sulam, Komunitas Pecinta Sulam menggelar Pameran Pesona Kriya Sulam, pada tanggal 5 – 8 Februari 2015, bertempat di Museum Tekstil, Jakarta.

Pameran yang dibuka oleh Ibu Bintang Puspayoga, istri dari Drs. Anak Agung Gede Ngurah Puspayoga – Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah ini, tak hanya menampilkan hasil karya dari Komunitas Pecinta Sulam, tetapi juga dari perajin sulam lainnya. Salah satunya adalah hasil karya dari mereka yang termasuk dalam 10 besar lomba sulam yang digelar oleh Yayasan Sulam Indonesia pada Gebyar Adi Kriya Sulam Indonesia, tahun 2008. Mengingat kerajinan sulam bukan hanya ada di Indonesia, maka ditampilkan pula hasil karya para perajin sulam dari mancanegara, seperti Vietnam, Afrika Selatan, dan lainnya. Bahkan desainer ternama Indonesia seperti Didi Budiardjo dan Ghea Panggabean tak ketinggalan menghadirkan busana rancangannya yang mengaplikasikan teknik sulam di dalamnya.

Pada pameran ini juga pengunjung berkesempatan melihat bahkan belajar menyulam secara langsung dari ibu-ibu yang berasal dari berbagai komunitas sulam, yang memperagakan secara langsung berbagai teknik dalam menyulam. Diharapkan acara ini dapat memberikan pembelajaran tentang sulam kepada mereka yang ingin mengenal lebih jauh mengenai sulam. Bahkan seperti dikatakan ibu Bintang Puspayoga, akan lebih baik lagi bila teknik sulam ini dapat dikenalkan ke sekolah-sekolah, sehingga dapat lebih mengedukasi anak-anak mengenai kerajinan sulam ini.

LEAVE A COMMENT

BACK
TO TOP