Pengalaman Bulan Madu di Nihiwatu Sumba

Berjalan berdua di pantai berpasir putih yang berbatas dengan deretan pohon nyiur hijau dan laut berwarna biru, sambil menikmati suasana yang begitu privat seakan hanya Anda berdua yang berada di tempat tersebut.

Orang biasa berkunjung ke Pulau Bali untuk mendapatkan romantisme suasana bulan madu, namun tak banyak yang mengenal Sumba, sebuah pulau yang memancarkan keindahan memesona yang begitu asli dan alami, serta kekayaan budaya yang menciptakan kesan yang menolak untuk dilupakan begitu saja.

Itulah Nihiwatu, sebuah resor di sisi barat Pulau Sumba. Di tengah-tengah hamparan pantai indah berpasir putih sepanjang dua setengah kilometer panjangnya, keindahan demi keindahan tercipta seiring dengan jalannya waktu bagi Anda dan pasangan. Nihiwatu bak sebuah nama yang begitu dikenal namun misterius bagi kebanyakkan, sebuah nama yang menggugah banyak orang untuk berkunjung dan menikmati keindahan resor ini.
Ini adalah tulisan kedua dari bagian perjalanan saya ke Nihiwatu Sumba, sebuah pengalaman yang menawarkan keunikan dan keindahan tersendiri. Dari perjalanan ini, saya berjumpa bukan saja dengan hamparan keindahan alam, namun juga keunikan penduduk lokal yang masih menjunjung tradisi, mengagumi rajutan helai demi helai ikat Sumba yang begitu dikenal, dan akhirnya menikmati fasilitas modern di resor yang berada di tengah-tengah keasrian alam yang begitu asli.

Morning Activities
Berkendara ke arah timur Pulau Sumba dari Nihiwatu, Anda dan pasangan akan diajak melewati jalan berliku dengan pemandangan yang berganti-ganti. Sebentar Anda berdua akan diajak menyusuri sisi lembah yang hijau, namun tak lama kemudian, bukit-bukit meranggas akan menanti di depan Anda. Di sela-sela itu, tampak anak-anak kecil akan berlari-lari sambil melambaikan tangan mereka dari rumah-rumah di perkampungan lokal.
Tak lama kemudian, kendaraan yang membawa Anda akan mengarahkan tujuan untuk memasuki sebuah cagar alam yang terletak di sisi Sungai Wanukaka. Dari situ, Anda akan diajak untuk berjalan menyusuri jalan setapak sambil menyeberangi jembatan bambu menuju air terjun di penghujung aliran sungai ini.

Green Waterfall
Air Terjun Hijau memang tidak seindah Blue Waterfall yang terkenal dengan keindahannya. Namun karena aksesnya yang lebih mudah untuk dijangkau, tempat ini menjadi salah satu yang ramai dikunjungi oleh penduduk lokal di sekitarnya untuk berenang atau bersantai di akhir pekan. Namun, saat kami mengunjungi tempat ini, suasana begitu hening, hijau, dan hanya terdengar suara gemuruh air yang jatuh dan gemericik air Sungai Wanukaka yang mengalir dari tempat ini.
Di sini, Anda dan pasangan dapat menikmati suasana yang begitu alami sambil berenang di kolam alam yang terbentuk dari kikisan jatuhnya air di tempat ini. Air kolamnya terasa begitu segar dan juga bening. Dan, berdiri di bawah jatuhnya air dapat menjadi pijatan bagi otot bahu yang kaku.

Selesainya Anda dan pasangan berenang, butler yang mengikuti Anda, akan segera menyiapkan handuk bersih dan juga minuman dingin pelepas dahaga berikut sandwich yang lezat untuk mengisi perut lapar Anda berdua.

Culinary Delights
Tidak ada pengalaman yang lebih menyenangkan selama bulan madu selain menikmati berbagai santapan kuliner bersama dengan pasangan. Tentu saja setelah beraktivitas sepagi penuh, makan siang yang santai menjadi tujuan paling utama bagi Anda. Nihiwatu menawarkan beberapa tempat bagi Anda dan pasangan untuk menikmati berbagai cita rasa kuliner yang tidak kalah menariknya apalagi dengan catch of the day yang baru saja ditangkap dari hamparan laut di depannya dan kemudian dimasak sesuai dengan santapan yang Anda ingini!

Nio Beach Club
Terletak tidak jauh dari pantai di mana Anda dan pasangan dapat bersantai untuk menikmati makan siang secara al fresco dengan suasana pantai yang rustic. Di sini Anda dapat memesan pizza yang dipanggang khusus di clay oven, dengan toppings sesuai dengan keinginan Anda. Namun, menu utama dan sandwich juga ditawarkan termasuk salah satu yang istimewa adalah menu just caught fish yang benar-benar segar dan segera dimasak sesuai dengan selera Anda.
Setiap hari Rabu, Nio Beach Club dijadikan tempat aktivitas white night party dimana para tamu dan butlers-nya akan berkumpul bersama untuk menikmati malam yang indah. Sementara setiap hari Minggu, Sunday Movie Night diadakan di Nio Beach Club bagi mereka yang ingin menikmati suasana malam sambil menonton film.

Ombak Restaurant
Di sinilah tempat para tamu berkumpul untuk menikmati santap pagi dan malam sambil bertukar cerita tentang pengalaman mereka sehari penuh. Terdiri dari bangunan terbuka berlantai pasir dan juga sebuah bar lounge untuk bersantai, suasana di Restoran Ombak ini terasa begitu santai dan menyenangkan.
Namun, bagi Anda dan pasangan yang sedang berbulan madu, meja di sudut yang telah didekor dengan cantiknya siap menanti Anda berdua untuk menikmati suasana malam yang romantis diterangi oleh cahaya obor dan kerlipan bintang di langit.

Setiap minggu, Ombak Restaurant menciptakan menu yang dapat menggugah cita rasa para tamunya dan salah satu yang ditunggu-tunggu adalah makan malam tematis BBQ masakan Indonesia di setiap hari Kamis.

Day Activities
Nihiwatu Sumba menawarkan banyak sekali aktivitas bagi para tamunya untuk berpartisipasi mengisi hari-hari bersantai mereka di resor ini. Selain dapat dilakukan berdua saja bersama pasangan, aktivitas-aktivitas ini pun dapat dilakukan dalam satu grup tamu. Salah satu aktivitas yang paling berkesan bagi saya adalah makan pagi di Nihioka. Tempat ini terletak di atas sebuah tebing dimana kita dapat menikmati berbagai aktivitas sehari penuh termasuk berkegiatan di pantai yang sangat privat suasananya. Bayangkan hanya Anda dan pasangan yang ada di Pantai Nihioka!

Weihola Village
Tidak jauh dari Nihioka, di belakang bukit karang yang tersembunyi, terletak Dusun Weihola yang seakan masih terjaga keberadaannya dari dunia luar. Di sini, rumah-rumah khas Sumba beratap tinggi masih menjadi bagian dari tempat tinggal penduduk Dusun Weihola. Anda dan pasangan dapat menikmati keramahan tetua di dusun ini menceritakan kehidupan mereka dan jangan terkejut jika Anda berdua diundang untuk masuk ke dalam salah satu rumah mereka oleh para ibu rumah tangga.

Yang menarik, Anda dapat membeli kain ikat yang ditawarkan dengan cara digantung, di Dusun Weihola dengan harga yang masih sangat terjangkau. Berbagai macam motif dan warna menjadi keindahan dari kain ikat Sumba yang terkenal itu. Jangan lupa untuk memilih warna indigo, warna kain ikat yang paling banyak dicari dari pulau ini.

Yoga
Saya sendiri tidak begitu mengerti tentang aktivitas yoga, namun Nihiwatu memiliki sebuah ruang yoga yang mungkin menjadi salah satu tempat beraktivitas yoga terindah di dunia. Berada di atas sebuah bukit yang menjadi tempat tertinggi di resor ini, ruang yoga di resor ini menawarkan sebuah pemandangan laut seluas seratus delapan puluh derajat di bawahnya, dan menjadikan tempat ini sangat sempurna untuk beraktivitas yoga ataupun bermeditasi. Di pagi hari atau di sore hari banyak tamu menyempatkan diri untuk menikmati keheningan dan pemandangan indah dari tempat ini.

Spa
Spa menjadi salah satu kegiatan terutama bagi pasangan yang sedang berbulan madu, dan Nihiwatu menawarkan spa dengan terapis terbaik yang bahkan di-training oleh Jari Jemari Spa dari Bali. Para terapis akan menyiapkan meja spa dan keperluan lainnya di vila Anda dan dengan kenyamanan seperti di kamar sendiri, Anda dan pasangan dapat menikmati pijatan-pijatan di otot-otot yang kaku setelah beraktivitas sehari penuh.

Dari berjalan kaki santai menuju Nihioka, bermain di bawah air terjun, atau mengarungi Sungai Wanukaka semua menjadi aktivitas yang tak terlupakan bagi Anda bersama pasangan yang sedang berbulan madu di Nihiwatu Sumba. Resor ini sendiri menawarkan bukan saja berbagai macam aktivitas laut di mana dia menjadi begitu dikenal ke seluruh dunia, tapi juga berbagai kegiatan unik dan istimewa yang tidak pernah Anda berdua dapatkan di tempat manapun.
Bersiaplah untuk mendapatkan sebuah pengalaman yang tak mudah Anda lupakan begitu saja karena keindahan alam dan kebudayaan Pulau Sumba adalah keindahan dan budaya yang bukan biasa. Dan, Nihiwatu adalah resor berkelas yang menawarkan segala sesuatunya yang tidak didapatkan di mana pun juga.

Foto Dok. Nihiwatu, Iman Hidajat, Dok. Istimewa

LEAVE A COMMENT

Comments (1)

  • 08 Sep 17

    Halo Mas Iman,

    Mau tanya..waktu ke sumba pake tour and travel siapa? Barangkali bisa jadi rekomendasi buat saya, terima kasih :)

BACK
TO TOP