Riak Indah Savana Muria

Dengan misi melestarikan warisan adati, empat perancang busana anggota APPMI DKI Jakarta berkolaborasi dalam satu pagelaran. Rudy Chandra, Ariy Arka, Defrico Audy dan Ivan Gunawan, mempersembahkan `Savana Muria`, sebuah koleksi busana yang mengedepankan kerajinan Bordir Kerancang Kudus.

Tema savana muria menggambarkan kehidupan flora dan fauna serta pesona alam Gunung Muria di daerah Kudus. Filosofi kehidupan alam dan penghuninya menjadi inspirasi utama keempat perancang ini.

Rudy Chandra menyuguhkan 16 koleksi busana dalam bias putih, off-white dan warna persik. Bordir ranting, bunga seruni dan kupu-kupu bentuk tiga dimensi mempercantik rancangan yang direpresentasikan pada bahan sifon sutera, taffeta, satin silk, organdi dan jacquard. Pemakaian topi penari kretek serta sarung tangan dan sepatu yang dirancang khusus menyempurnakan keseluruhan koleksi.

Label busana ABEE yang diusung Ariy Arka menyuguhkan koleksi busana pria dalam ragam gaya dan padu padan yang menarik. Celana lurus, celana 7/8, dipadukan dengan kemeja slimfit, kemeja tunik, hingga blazer dan jaket bomber. Bordir Kudus diaplikasikan Ariy pada lengan, pipa celana, saku blazer dan punggung jaket dengan menggunakan bahan linen dan Mikado. Motif bentuk abstrak serta modifikasi buah parijoto, ayam dan burung flamingo mendominasi koleksi yang hadir dalam warna tanah, kayu, biru langit, coklat muda dan hijau tua.

Koleksi busana persembahan Defrico Audy hadir dalam warna alam seperti hijau tua, coklat, perunggu dan ungu tua. Cropped jacket, rok lurus, dan gaun panjang dipercatik border kerancang motif kupu-kupu, bunga lotus serta ulat bakau diatas bahan tulle, jacquard, sifon, satin dan suede. Unsur pada pohon bakau, cengkeh, daun tembakau, serta bunga coklat menjadi sumber inspirasi Audy yang memperkuat karakter koleksinya ini.

Berbeda dengan Ivan Gunawan, kerancang yang ia sajikan memakai teknik mengisi lubang yang telah dibentuk dengan bordiran warna atau menindihkan dengan kerancang lain. Siluet busana tersaji dalam ragam barisan yang memanjakan mata, jump suit, blazer, terusan bergelepai serta gaun new look. Kepiawaian Ivan dapat terlihat dari bagaimana ia memaduka motif anggrek bulan, tegel antik dengan bulu ayam menjadi satu motif printing yang cantik.

Photo Vaesy

LEAVE A COMMENT

BACK
TO TOP