Taman Imaji Zohra Sumantri

Taman kerap diidentikan sebagai sebuah area yang menyenangkan. Tempat  banyak orang mengenyam kebahagiaan. Bisa jadi hal itu yang ditemui Zohra saat tengah berada di taman imajinasinya. Di area itu ia mereguk bahagia. Melepaskan segala daya ciptanya dalam mendesain kebaya. 

Ya, dunia rancang busana memang sudah lama mencuri perhatian perempuan kelahiran Bogor, 33 tahun silam itu. Padahal menjadi desainer bukanlah profesi yang masuk dalam daftar cita-citanya dulu. Bahkan dirinya pun sempat ditentang oleh orang tuanya tatkala mengutarakan niat untuk berkecimpung di dunia seni. Toh pada akhirnya Zohra tidak bisa mengelak, bila jiwanya memang ada di sana.  ??Saya senang menciptakan, memadukan warna, bermain dengan detail kebaya. Plus senang juga membuat orang bahagia dihari pernikahannya,? urainya. 

Kadung jatuh hati ia pun memberanikan diri untuk memilih. Namun bukan tanpa rencana. Bagi penyuka buku biografi dan komik ini, pilihan bukan sekedar tindakan gegabah tanpa arah. Berani memilih harus disertai kemampuan, serta tekad untuk meraih impian. Dan tanpa terasa 10 tahun sudah pemilik nama lengkap Zohra Sumantri itu berkarya. Mencipta dan mewujudkan rancangan kebaya. Ia menyukai desain  kebaya yang simpel dengan kombinasi warna yang lembut. Dengan ciri khas permainan warna, jenis payet serta bordiran yang ia gambar sendiri, menjadikan kebaya buatannya tampil anggun dan enak dipandang.


Dalam merancang kebaya bagi pengantin, perempuan yang gemar menyantap masakan Jepang ini tidak selalu mengedepankan ego sebagai seorang desainer. ??Saya hanya menyampaikan pendapat mengenai desain, selebihnya dikombinasikan antara pendapat saya dan si pengantin,? terang Zohra. Perihal inspirasi rancangan kebaya, Zohra mengaku bisa didapatkannya di mana saja, waktunya juga tidak bisa diprediksi. Bisa pada saat tengah membaca buku ataupun jalan-jalan mengisi waktu dengan suami, Opik Abdurrafiq dan ketiga buah hati dari pernikahan mereka, yakni, Khalilah mila, Abby Hasani M, Renzo kamal S.

Mengenai dunia bisnis kebaya, Zohra berpendapat selama masih bisa terus menciptakan karya-karya baru, bisnis merancang kebaya masih tetap menjanjikan.  Buktinya makin banyak perancang kebaya muda yang bermunculan dengan ide-ide yang kian kreatif. Demi mengembangkan bisnisnya di masa depan, tanpa sungkan Zohra kembali ke bangku kuliah. ??Saat ini saya belajar ilmu manajemen. Dan rencana juga ingin belajar hal lainnya untuk perkembangan bisnis dan tidak tertinggal dengan perancang-perancang lainnya,? tutupnya mengakhiri pembicaraan.

baca juga Simply Elegant Kebaya Zohra

Teks Teddy Sutiady Foto Azmi

LEAVE A COMMENT

BACK
TO TOP