Yoga dan Pilates, Bantu Jaga Kesehatan Calon Pengantin

Perubahan cuaca yang ekstrim kerap menimbulkan berbagai penyakit seperti flu, demam, batuk, dan lainnya. Terkesan ringan memang, tapi bila terjadi di hari pernikahan Anda, akan terasa menyiksa. Tidak nyaman, tidak fokus, dan berbagai efek negatif akan dialami selama seremoni atau pesta pernikahan berlangsung.

Untuk mencegah agar kondisi tubuh tidak mudah drop, ada baiknya menjaga tubuh agar tetap sehat dengan melakukan latihan fisik. Ada beberapa latihan fisik yang dapat dipilih, tergantung mana yang lebih menarik atau mudah bagi Anda. Selain menjaga pola makanan sehat, rutin menjalani latihan fisik akan mendatangkan manfaat, bukan hanya secara lahiriah, batin pun ikut merasakan kedamaian. Bahkan bagi yang bermasalah dengan berat tubuh, kegiatan-kegiatan ini juga mampu membantu menurunkan berat badan. Di bawah ini ada beberapa pilihan latihan fisik yang mungkin sesuai minat Anda.

1. Yoga

Yoga merupakan salah satu aktivitas fisik yang usianya sudah cukup tua. Ajaran yoga ditaksir sudah ada sejak lima ribu tahun lalu di India. Sejalan dengan waktu, yoga banyak mengalami perkembangan, hingga memiliki banyak jenis di antaranya floating yoga, antigravity yoga, acroyoga, dan sebagainya. Apapun jenis yoga yang dilakukan, yoga berguna untuk menjaga keseimbangan tubuh, kelenturan tubuh, dan memperbaiki postur tubuh. Meskipun gerakan yoga tidak enerjik, namun berlatih yoga cukup menguras energi. Sehingga bagi para calon mempelai yang merasa kelebihan berat tubuh, yoga dapat menjadi aktivitas rutin yang wajib masuk dalam agenda mingguan. Efeknya berat badan akan menurun, tubuh pun tidak mudah terserang penyakit.

2. Pilates

Pada awalnya senam pilates dilakukan oleh para penari untuk meningkatkan kelenturan tubuh. Diciptakan oleh Joseph Pilates pada awal abad 20, senam pilates pun mengalami perkembangan dan meluas di kalangan umum. Pada dasarnya gerakan pilates merupakan gabungan dari gerakan-gerakan peregangan yang dilakukan secara perlahan dan terkendali. Rutin mengikuti pilates tidak hanya berdampak pada kebugaran tubuh, pun melatih organ pernafasan. Selain itu siapa pun yang melakukan pilates akan memperoleh ketenangan jiwa yang sangat dibutuhkan calon pengantin selama menyiapkan pernikahan. Dalam mempersiapkan pernikahan, tidak jarang ada saja masalah yang timbul yang menguras emosi. Maka dengan melakukan pilates, emosi dan segala rasa negatif akan sirna terganti dengan kedamaian jiwa. Bonusnya, setelah rajin mengikuti pilates Anda akan merasakan perubahan berat tubuh menjadi lebih ramping.

3. Meditasi

Di India meditasi pertama kali muncul, namun jauh ke belakang sesungguhnya meditasi telah lama ada bahkan sejak zaman kuno. Dikutip dalam buku “Kendalikan Stres Anda by Bob Losyk”, meditasi kemudian menyebar ke Cina dan Tibet. Menurut buku tersebut, meditasi dahulu dilakukan dengan maksud untuk mendekatkan diri pada Sang Pencipta, dan seiring laju zaman tujuan meditasi berubah. Bermeditasi berubah menjadi gaya hidup masyarakat urban yang butuh ketenangan jiwa. Meditasi identik dengan posisi duduk bersila, tetapi bila ditelusuri lebih lanjut meditasi memiliki banyak gerakan lainnya yang efektif mengendalikan amarah dan stres. Dan di masa persiapan pernikahan bermeditasi merupakan jalan yang tepat bagi para calon pengantin yang sedang dilanda stres. Usahakan mendaftar kelas meditasi selama proses persiapan pernikahan untuk menjaga emosi, karena dalam kondisi tenang segala persiapan pun dapat dipikirkan dengan kepala dingin.

4. Gym

Menyempatkan pergi ke gym selama menjalani persiapan pernikahan ada baiknya, selain menjaga berat badan atau sedang menurunkan berat badan, berlatih di gym dapat meningkatkan kebugaran agar tidak mudah terserang penyakit sebelum hari-H. Ada banyak pilihan alat kebugaran yang dapat dipilih di tempat fitness, salah satunya treadmill yang melatih banyak organ tubuh. Maka bagi para calon pengantin sebaiknya luangkan waktu sekali atau dua kali seminggu untuk berolahraga di gym agar tubuh tetap fit jelang pernikahan.

Foto: Dok. Istimewa

LEAVE A COMMENT

BACK
TO TOP