Gaya Betawi Kolonial

  20 Febuari 2012     Setia Bekti     15833

Siapa                                              : Prima & Dhika

Kapan                                            :  19 Juni 2011   

Dimana                                          : Auditorium Manggala Wanabakti

  

  

Tema pernikahan                         :  Betawi Sunda untuk akad nikah, dan Betawi Kolonial untuk Resepsi. Tema Betawi diambil karena orangtua Prima berasal dari Betawi. Sementara, karena kakek Prima dari pihak Ibu masih mempunyai darah Sunda, maka pada akad nikah dipadukanlah adat Betawi dan Sunda. Sedangkan unsur kolonial pada resepsi dipilih karena Prima dan Dhika tak ingin menggunakan tema Betawi “si Doel” yang sudah cukup sering digunakan. Sementara keluarga Dhika yang asli Jawa mengikuti saja konsep tersebut karena setelah resepsi mereka menggelar acara Ngunduh Mantu dengan tradisi Jawa.

Tema warna                                  :   Peach Keemasan. Warna peach dipilih karena merupakan warna favorit Prima, sengaja dipadu dengan warna keemasan agar tidak terlihat pucat.

  

   

Katering                                          :  Akad : Dapoer Jakarte, usaha restoran milik keluarga Prima. Resepsi : Gatari, dipilih karena memiliki cita rasa yang cukup memuaskan, dan  secara kebetulan kenal baik dengan pemiliknya.

Dekorasi                                         :  Mitra Sekar Utama, dekorator yang direkomendasikan oleh pihak Manggala Wanabakti, kebetulan sudah memiliki desain untuk tema Betawi Kolonial, sehingga pihak keluarga hanya memberi tambahan berupa meja kursi Betawi serta jajanan khas Betawi. Dan hasilnya, cukup memuaskan.

  

  

Undangan                                     : Hikari Card

Suvenir                                          : Sandra Collection

Baju pengantin                            : Konsep untuk kebaya resepsi yang berwarna peach keemasan sengaja dibuat megar seperti gaya Victorian, mengingat pengantin Betawi memang dipengaruhi unsur Eropa. Tentu saja tanpa meninggalkan ciri khas Betawi. Sementara kebaya putih untuk akad nikah sengaja dibuat model kutubaru yang merupakan model Jawa, untuk menghormati keluarga Dhika yang berasal dari Jawa Tengah.  Dan semua dikerjakan oleh pak Fadlan, pemilik Graha Busana Fadlan, yang sudah mengenal Prima sejak kecil, sehingga sudah mengerti selera Prima dan keluarga.

  

Wedding organizer                  : Meski akad nikah dan resepsi dilangsungkan pada hari yang sama, namun tempatnya berbeda. Sehingga WO lebih fokus pada resepsi, sementara akad nikah dikerjakan oleh pihak keluarga.

  

 

Tata rias wajah & rambut          :  Agar match dengan baju pengantin, untuk tata rias diserahkan kepada putri pak Fadlan yang membuka Sanggar Nanin Fadlan. Tata rias untuk akad nikah bertema Sunda Putri, sementara untuk resepsi adalah Betawi Rias Besar yang seperti kata Prima, rasanya berat sekali aksesori yang hampir 3kg itu di kepala.

Foto & video                                 : Raf Photo

  

  

Tips dari Prima & Dhika              :

1. Know what you want. Banyak sekali masukan, tapi tidak semua harus diikuti. “Saya maunya begini ah, kan saya pengantinnya, “ begitu biasanya Prima menjawab tegas sambil tetap bercanda.

              2. Know your limit. Cari informasi mengenai vendor-vendor yang bisa membantu mewujudkan pesta pernikahan impian sesuai dengan budget yang dimiliki. Jangan memaksakan diri bila memang harganya tidak sesuai dengan budget.

3. Komunikasi. Komunikasikan keinginan kita atau hal-hal yang mengganggu pikiran dengan orang yang mengenal kita dengan baik, ibu misalnya. Biarkan orang tersebut yang membicarakan baik-baik dengan pihak terkait. Karena tingkat stres yang tingga biasanya membuat calon pengantin mudah emosi dan tidak dapat berkomunikasi dengan baik.

4. Doa. Apa yang tidak mungkin akan menjadi mungkin dengan kekuatan doa. Segala sesuatu ada jalan keluarnya. Do your best, let GOD do the rest.

 

 Teks : Setia Bekti

Foto : Dok. Prima & Dhika

  Comments (3)

  •   aterdahlan     FEB. 26, 2013

    semoga rumah kebaya succces slalu dan berkarya hebat

  •   prims     MAR. 12, 2012

    Alhamdulillah.. Asiiik dimuat di WK :) Smoga bermanfaat utk siapa saja yg membacanya. Oh ya krn belum tercantum di artikel, WO yg wkt itu sy gunakan adalah Sachri Organizer. Makasih ya WK ;)

  •   Desy     MAR. 11, 2012

    acaranya keren banget...!!!!!!

Leave a comment