Blog + Ideas

5 Hal yang Penting Diketahui untuk Menjaga Kecantikan Jelang Pernikahan

by   1024
 

Hari pernikahan menjadi satu di antara hari bersejarah dalam lingkar kehidupan manusia. Itulah mengapa setiap pasangan yang akan menikah selalu bersemangat mempersiapkan segala sesuatunya sesempurna mungkin. Tak terkecuali mempersiapkan penampilan fisik yang menjadi hal penting di hari pernikahan. Untuk membantu kamu mendapatkan penampilan optimal, beberapa pengantin yang telah melalui masa-masa tersebut berbagi beberapa poin yang penting untuk diperhatikan :

1. Banyak yang Menghindari Facial
Tidak hanya di klinik kecantikan, beberapa salon pun sekarang sudah menyediakan layanan facial. Pada facial seseorang akan diberikan krim khusus yang bertujuan untuk membuka pori-pori wajah agar kotoran dan komedo terangkat. Efek sesudah facial biasanya kulit menjadi kemerahan, dan tidak sedikit pula yang berjerawat setelahnya. Maka baiknya facial dilakukan sejak jauh-jauh hari, jaraknya pun tidak kurang dari 3 bulan sebelum hari-H. Namun karena takut terjadi sesuatu yang tidak diinginkan seperti tiba-tiba timbul jerawat, banyak calon pengantin menghapus facial dari daftar perawatan wajahnya.

2. Tomat Obat Anti Jerawat dan Berminyak
Si buah berwarna merah ini memiliki banyak manfaat. Kaya akan vitamin C dan A, air tomat ampuh melawan jerawat. Selain itu bagi yang memiliki pori-pori besar, campuran tomat dan air lemon dapat mengatasinya. Kulit berminyak juga dapat dikurangi dengan kombinasi jus tomat dan jus mentimun yang dioles di wajah selama beberapa menit. Dalam forum Weddingku, banyak calon pengantin yang telah mempraktekkan dan berkomentar menggunakan bahan alami seperti tomat, cukup berkhasiat untuk wajah.

3. Puasa Makanan Pedas dan Berminyak
Penyuka makanan pedas pasti akan langsung berselera melihat ayam penyet atau telur balado. Tapi sayangnya tanpa disadari jenis makanan tersebut dapat memicu berbagai masalah seperti kulit berminyak dan berjerawat. Bagi calon pengantin, jerawat dan kulit berminyak dapat menjadi masalah serius yang kadang membuat panik, karena khawatir merusak penampilan di hari-H. Untuk mencegah, ada baiknya hindari sementara makanan pedas dan makanan berminyak. Berpuasa makan makanan favorit yang pedas, bersantan atau berminyak memang terasa berat, tetapi banyak calon pengantin yang membuktikan dengan menghindari makanan tersebut sangat membantu menjaga kesehatan kulit hingga hari-H tiba.

4. Perbanyak Air Putih
Untuk memenuhi kebutuhan tubuh, sedikitnya kita memerlukan air putih minimal 3 liter perhari. Seorang wanita telah membuktikan rajin minum air putih 3 liter sehari dapat mengubah wajahnya menjadi lebih berseri dan tampak sehat. Bahkan kantung mata dan garis-garis kerutnya mulai terlihat samar. Tidak hanya mencegah penuaan dini, bagi yang masih muda banyak minum air putih juga berpengaruh besar pada kulit agar lebih cerah tidak kusam. Nah, apa kamu tertarik untuk mencoba dan membuktikan pada hari pernikahanmu?

5. Garam Kaya Manfaat Sekaligus Beresiko bagi Kesehatan
Satu lagi yang perlu dihindari adalah penggunaan garam. Bukan untuk menghilangkan sama sekali garam dalam makanan yang kamu santap, sebab garam pun memiliki kegunaan bagi tubuh kita untuk mengatur tekanan dan volume darah, serta membantu kerja otot dan saraf. Namun di sisi lain garam yang dikonsumsi berlebih dapat menciptakan masalah dalam tubuh dan kulit. Setidaknya selama beberapa pekan sebelum pernikahan kurangi garam, baik yang tersembunyi pada bahan alami seperti seledri, buah bit atau susu, juga pada makanan siap saji yang seperti kita ketahui, paling banyak menggunakan garam.

Sebaliknya pemakaian garam untuk perawatan kulit dari luar cukup efektif. Di antaranya untuk mengatasi jerawat dengan cara melarutkan garam dalam air hangat dan ditotol-tololkan menggunakan kapas pada wajah yang berjerawat. Selain itu khasiat lainnya dapat mengangkat sel kulit mati dan menyamarkan kerut. Yang perlu dilakukan adalah mencampurkan garam dan facial oil seumpama minyak zaitun, lalu oles pada wajah selama 10 menit dan bilas hingga bersih.

Foto: Dok. Istimewa

Beauty Article, Beauty Treatment, Tips, Beauty & Health, persiapan pernikahan

LEAVE A COMMENT

Go to top