message

9 Pertanyaan Penting untuk Ditanyakan Saat Memilih Gedung Pernikahan

 

Foto: dok. Freepik


Saat Anda sudah memilih tanggal pesta pernikahan, sudah menemukan gedung pernikahan yang Anda impikan dan Anda sangat menginginkan gedung tersebut menjadi tempat Anda mengikat janji suci dengan pasangan, namun masih ada beberapa pertanyaan yang harus Anda tanyakan menyangkut gedung pernikahan tersebut. Apa saja? Simak ulasan berikut.


Q: Berapa penawaran harga gedung pernikahan dan mencakup apa saja?


Hal ini sangat penting Anda tanyakan karena berhubungan dengan budget yang Anda siapkan dan Anda miliki. Jangan sampai harganya melebihi budget yang Anda siapkan. Jangan lupa untuk menanyakan harga pajak, apakah sudah termasuk penawaran awal atau belum. Kalau belum berarti Anda perlu menambahkan harga pajak kira-kira 10-20 persen dari harga gedung. Penting juga untuk menanyakan ruang atau area mana saja yang bisa digunakan. Apakah hanya satu gedung atau ada tambahan taman atau ruang lainnya.


Q: Berapa kapasitas maksimum tamu undangannya?


Bukan hanya luas gedung yang harus Anda ketahui, tapi Anda juga perlu menghitung berapa kapasitas tamu undangan yang mampu di tampung oleh gedung tersebut. Bila Anda tidak menambahkan meja-meja, mungkin akan mampu menampung lebih banyak tamu dari pada menambahkan meja-meja di dalam gedung tersebut.


Q: Apakah di hari Anda menikah ada yang menikah juga?


Bila dalam satu area ada beberapa gedung atau tempat dan pasangan lain juga menikah di hari Anda menikah, maka Anda harus mengantisipasi dengan memberikan tanda lebih agar tamu-tamu tidak salah alamat. Jangan biarkan tamu Anda masuk ke pernikahan orang lain ya.


Q: Seberapa nyaman lokasinya?


Kenyamanan adalah nomor satu karena persiapan pernikahan sudah sangat menyita waktu. Kenyamanan tidak hanya untuk tamu undangan saja tapi juga untuk Anda sebagai pasangan pengantin yang mengadakan acara. Anda harus melihat bagaimana akomodasi ke gedung pernikahan, harus senyaman mungkin ya.


Q: Apakah gedung memiliki proteksi bila terkena hujan?


Tinggal di negara tropis tidak menutup kemungkinan Anda tidak akan terkena hujan. Bukan hanya pernikahan outdoor, namun pernikahan indoor juga akan terhambat bila terkena hujan. Misalnya akan merusak dekorasi yang ada di luar ruangan atau ruangan akan menjadi dingin bila hujan tiba. Oleh karena itu, gedung juga butuh proteksi dari cuaca ekstrim.


Q:Apakah ada vendor rekomendasi dari gedung pernikahan?


Anda harus menanyakan pertanyaan ini karena biasanya gedung pernikahan menjalin kerjasama dengan beberapa vendor lain seperti dekorasi, katering atau vendor pernikahan lainnya. Pastinya vendor yang bekerjasama sudah terbukti kualitas dan profesionalitasnya. Jadi, Anda tidak perlu susah-susah lagi mencari vendor untuk pernikahan Anda tersebut.


Q: Ada larangan apa saja?


Misalnya Anda ingin memakai banyak lilin atau ingin menggunakan drone untuk mendokumentasikan pernikahan Anda atau juga Anda ingin menggunakan kembang api sebagai hiburan di pesta pernikahan. Beberapa keinginan tersebut menyangkut ketenangan umum. Anda harus menanyakan apakah gedung tersebut memperbolehkan penambahan keinginan Anda tersebut karena beberapa tempat melarangnya dengan alasan mengganggu ketenangan umum.


Q: Apa saja yang termasuk dan tidak termasuk dalam penawaran harga?


Apakah harga yang Anda setujui tersebut hanya untuk gedung pernikahan saja atau sudah termasuk pajak, dekorasi, katering, staf atau lainnya. Semua harus jelas Anda ketahui dari awal sehingga tahu yang mana yang akan ditambahkan dan mana yang sudah tidak perlu Anda kerjakan.


Q: Apa ada kebijakan lain yang harus diketahui?


Pertanyaan ini menyangkut pembayaran. Bagaimana cara pelunasan apakah bisa dicicil dan kapan saja waktu penyicilannya. Lalu, Anda juga perlu menanyakan perihal pembatalan gedung bila tidak jadi memakai gedung tersebut. Apakah dana awal Anda akan dikembalikan atau tidak. Semua yang berhubungan dengan teknis pembayaran harus jelas Anda ketahui agar tidak ada kesalahpahaman nantinya.

Wedding Venue, Serba-serbi Pernikahan

LEAVE A COMMENT

BACK
TO TOP