Antara Bujet dan Kualitas

Foto: Dok. Rumah Kampung Elite Décor

Setiap calon pengantin memiliki pertimbangan yang berbeda dalam memilih vendor pernikahan. Salah satu yang menjadi faktor penentu adalah dana atau bujet. Faktor kedua tentunya kualitas. Bagi sebagian calon pengantin yang perfeksionis dan tidak bermasalah dengan bujet, sudah pasti akan mengutamakan kualitas tanpa terlalu perduli dengan harga. Sementara bagi calon pengantin dengan bujet terbatas, meski tetap mementingkan kualitas, namun harga yang terjangkau menjadi pertimbangan utama mereka.

Nah, kira-kira kamu masuk ke kelompok yang mana ya? Apakah mungkin kita menjembatani dua hal tersebut dengan menggelar pesta yang berkualitas tanpa mengeluarkan bujet yang terlalu besar? Sebuah pertanyaan yang kerap hinggap dalam benak calon pengantin dalam mempersiapkan pernikahan. Ingin tahu jawabannya? Yuk simak ulasan berikut ini.

Foto: Welio Photography (Dok. Gita dan Ian)

Vendor startup

Vendor yang baru memulai terjun di industri wedding, biasanya akan menarik perhatian para calon pengantin dengan harga kompetitif yang terbilang jauh dari harga vendor yang sudah lama dan berpengalaman. Pola permainan harga sudah menjadi kunci yang biasa terjadi dalam berbagai lini bisnis termasuk bisnis wedding, dan kesempatan itulah yang tidak boleh disia-siakan para calon pengantin.

Umumnya vendor startup mudah ditemukan di berbagai media sosial, terutama Instagram yang sedang naik daun. Calon pengantin yang juga pengguna Instagram dapat menyusuri jejak vendor wedding dengan memanfaatkan hash tag di kolom search. Dari sana vendor dapat dipilih melalui pengalaman pernikahan yang pernah ditangani. Meski belum terlalu banyak pengalaman, vendor startup tidak dapat dianggap remeh. Banyak dari mereka yang berkualitas bagus, sehingga meski baru berdiri namun sudah langsung melejit. Umumnya karena setelah beberapa kali menangani pernikahan, hasil yang mereka tunjukkan sesuai atau mungkin bahkan melebihi ekspektasi pasangan pengantin.

Foto: Le’Motion (Dok. Yanes dan Anjas)

Menghadiri pameran pernikahan

Pameran pernikahan menjadi tempat temu antara vendor dan calon pengantin. Di sinilah calon pengantin dapat menjumpai berbagai vendor bahkan vendor berkelas premium. Tetapi kebanyakan calon pengantin yang berbujet standar merasa segan mendatangi vendor tersebut karena sudah menilai harga yang dipatok tinggi. Namun tidak ada salahnya mendatangi dan sekedar bertanya-tanya. Biasanya vendor akan menyambut ramah bertanya anggaran calon pengantin, maka di situlah calon pengantin dapat bernegosiasi harga. Inilah kesempatan calon pengantin meyakinkan vendor untuk menurunkan harga atau mengikuti anggaran yang dimiliki calon pengantin.

LEAVE A COMMENT

BACK
TO TOP