Bagaimana Menabung Untuk Menikah?

Ketika memutuskan untuk menikah dengan pasangan yang Anda cintai, Anda sudah berkomitmen dan bukti keseriusan tersebut ada di proses mempersiapkan pesta pernikahan Anda. Salah satunya adalah menabung untuk membiayai momen sakral dan berharganya sebuah pesta pernikahan. Memang Anda bisa dibantu pendanaannya oleh kedua orang tua Anda dari pihak masing-masing atau bahkan sekarang tersedia KTA untuk biaya menikah, namun ada kepuasan tersendiri jika Anda dan pasangan dapat membiayai pesta pernikahan sendiri.

Oleh karena itu menabung untuk menikah menjadi hal penting yang perlu dijalankan oleh Anda dan pasangan, bukan hanya untuk membiayai pesta pernikahan tapi juga bisa menjadi gaya hidup keuangan yang sehat untuk hidup pernikahan Anda kelak.

Hemat Dalam Kehidupan Sehari-hari

Berkomitmen hidup hemat untuk menabung dalam persiapan pesta pernikahan menjadi hal terpenting yang harus Anda lakukan. Kenapa? Karena penghematan sehari-hari yang Anda lakukan tentunya bisa menambah pundi-pundi tabungan Anda. Bukan hanya itu, Anda berdua perlu sadari, kebutuhan akan terus meningkat setelah menikah, karenanya kebiasaan bergaya hidup hemat akan membawa Anda jauh ke depan dalam hidup pernikahan Anda kelak. Oleh karena itu, sadari sejak hari ini untuk selalu hidup hemat.

Perlunya Tabungan Khusus Pernikahan

Tujuan utama dari membuka tabungan khusus pernikahan adalah supaya Anda dan pasangan lebih fokus untuk menabung. Karena dari porsi gaji Anda masing-masing, perlu dimasukkan ke tabungan khusus pernikahan sebagai bagian dari komitmen. Selain itu, tabungan ini juga untuk mengurangi gaya hidup boros dan jangan sampai gaji Anda per bulan habis untuk hal-hal yang tidak terencana. Kalaupun pada akhirnya jumlah tabungan Anda masih belum mencukupi, setidaknya Anda berdua sudah punya tabungan untuk memenuhi beberapa unsur biaya pernikahan.

Kurangi Kencan Berlebihan

Hindari gaya hidup yang memboroskan apalagi bagi Anda yang setiap hari menjemput atau dijemput pasangan dan berakhir makan malam di kafe daripada langsung pulang ke rumah masing-masing. Bayangkan biaya setiap hari yang harus Anda keluarkan untuk makan atau sekedar ke kafe bersama pasangan kalau itu dilakukan setiap hari. Belum lagi saat akhir pekan waktunya berkencan, biasanya mal menjadi tujuan untuk makan siang, mengopi, atau menonton film. Dalam masa persiapan pesta pernikahan Anda mulailah untuk berhemat. Bukan saja untuk melatih menurunkan hawa konsumerisme Anda, tapi juga sebagai latihan untuk kehidupan keuangan dan keluarga yang baik nantinya.

Foto : dok. Istimewa

LEAVE A COMMENT

BACK
TO TOP