Cara Bersihkan Laptop Pasangan agar Terhindar dari Virus Covid-19

 

Foto: Freepik


Virus Covid-19 atau virus corona bisa menempel di mana saja, termasuk di rambut dan pakaian Anda. jika rambut dan pakaian saja bisa dihinggapi virus, bagaimana dengan tembaga, besi, kayu, plastik dan bahan lainnya yang sering Anda gunakan sehari-hari? Tentunya akan lebih berpotensi besar untuk dihinggapi virus.


Pada masa ini, warga di Indonesia terutama di Jakarta sudah melakukan work from home (WFH) untuk sama-sama melakukan social distancing demi meminimalisir penyebaran virus corona. Namun, jika pasangan Anda memiliki pekerjaan mendesak yang mengharuskannya bekerja di luar rumah menggunakan alat seperti laptop, mungkin Anda perlu membekali pasangan dengan beberapa tips untuk membersihkan laptop kerjanya.


Pastikan laptop sudah mati saat ingin dibersihkan
Sebelum mulai membersihkan laptop, Anda perlu memastikan bahwa laptop tersebut sudah tidak menyala atau mati. Jangan membersihkan saat laptop masih menyala untuk menghindari kejadian yang tidak diinginkan. Hal ini juga bisa Anda lakukan jika ingin membersihkan ponsel.


Sediakan 2 kain mikrofiber
Anda bisa mengelap semua sisi layar laptop dengan kain mikrofiber atau kain lainnya yang berbahan lembut seperti mikrofiber. Celupkan kain tersebut ke dalam campuran air dan sabun untuk melakukan pembersihan. Pastikan untuk meremas kain sebelum membersihkan layar karena jika terlalu banyak air, bisa merusak layar laptop. Jangan lupa juga untuk mengeringkan layar laptop dengan kain satunya yang masih kering.


Keluarkan bagian baterai
Laptop yang Anda bawa saat bekerja di tengah wabah corona seperti ini memang rawan ditempeli virus. Anda tidak pernah tahu di mana virus itu menempel karena virus tidak terdeteksi dengan mata telanjang. Makanya Anda selalu dituntut untuk membersihkan setiap bagian laptop lebih detail lagi.


Tepuk-tepuk perlahan bagian belakang laptop
Bagian belakang laptop memang sering terabaikan dari kebersihan karena tak terlihat seperti layar dan keyboard. Makanya, Anda perlu untuk menepuk-nepuk bagian belakangnya secara perlahan agar debu yang menempel bisa berjatuhan.


Gunakan disinfektan
Anda bisa membeli tisu yang sudah ada disinfektannya untuk mengelap semua sisi laptop. Jika tidak memiliki tisu tersebut, Anda bisa menyediakan cairan disinfektan dan beberapa lembar kapas, kain atau tisu, lalu menyemprotkan cairan disinfektan tersebut ke kain, tisu atau kapas yang sudah disediakan sebelumnya.


Bersihkan tombol keyboard
Hal ini merupakan bagian paling penting untuk dibersihkan karena keyboard merupakan bagian yang paling banyak tersentuh. Cara pertama yang bisa dilakukan adalah dengan meniupkan udara bertekanan di antara tombol untuk mengeluarkan debu. Cara kedua, Anda bisa menggunakan selotip untuk mengangkat kotoran yang ada di keyboard.


Bersihkan mouse
Pertama, Anda bisa melepaskan baterai yang ada pada mouse (jika mouse menggunakan baterai). Lalu, putarlah roda gulir untuk mengeluarkan partikel kecil yang terperangkap. Lalu, bersihkanlah bagian atas mouse atau touchpad menggunakan tisu disinfektan. Pastikan tisu tidak terlalu basah dan keringkan dengan benar setelah mengelapnya.

Tips dan Trik, Health, Covid19

LEAVE A COMMENT


BACK
TO TOP