Cara Seimbangkan Pekerjaan dan Keluarga Bagi Wanita Karir

Foto: Freepik


Semakin berkembangnya zaman, semakin banyak pula hal yang bisa dilakukan seorang istri atau ibu. Dulu, mungkin wanita yang sudah menikah akan dengan senang hati berada di rumah saja dan mengurus rumah tangga serta anak. Tapi saat ini, banyak istri atau ibu yang ikut bekerja bahkan hingga sukses menjadi wanita karir.


Menjadi wanita karir tentu memiliki banyak keuntungan pula, misalnya Anda menjadi lebih mandiri, bisa menyokong finansial keluarga hingga memiliki banyak relasi. Tentu saja hal ini sangat bagus sekaligus bisa menghilangkan kebosanan dari rutinitas yang hanya dilakukan di rumah saja.


Tapi, jangan sampai Anda terlena dengan pekerjaan di luar rumah hingga mengabaikan pekerjaan Anda sebagai istri atau ibu. Seimbangkan kehidupan Anda agar tidak ada masalah yang berarti dalam rumah tangga. Berikut beberapa cara agar pekerjaan dan keluarga Anda tetap seimbang dan sesuai porsinya.


Bicarakan segala hal dengan pasangan
Kunci dari hubungan yang langgeng adalah komunikasi. Anda perlu mencurahkan segala hal yang dirasa pada pasangan. Terbukalah dan katakan segala aktivitas dan kesibukan pekerjaan Anda dengannya agar bisa saling mengetahui dan membantu bila ada hal yang perlu dibantu. Apakah ada pekerjaan rumah yang perlu dan bisa dilakukan oleh suami, mungkin dia bisa membantu. Solusi lainnya, Anda bisa menyewa asisten rumah tangga untuk sekadar membantu sebagian pekerjaan rumah Anda.


Persiapkan keperluan lebih awal
Jika Anda fokus menjadi ibu rumah tangga, mungkin mudah saja bangun pagi lalu mulai membuatkan sarapan untuk Anda dan suami yang ingin pergi bekerja. Namun, bagaimana jika Anda ikut bekerja di pagi harinya, dan siapa yang akan menyiapkan segala persiapan di pagi hari itu?


Pada kondisi seperti ini, Anda harus sudah menyiapkan segalanya dari malam harinya, hingga paginya tidak tergesa-gesa melakukan semua persiapan sendiri. Bisa juga, Anda dan pasangan saling bahu-membahu membuatkan sarapan di pagi hari, seperti Anda menyiapkan roti, pasangan menyiapkan susu. Sungguh kerja sama tim yang sangat baik.


Sediakan quality time dengan pasangan
Tentu saja jika Anda dan pasangan sama-sama bekerja akan membuat waktu untuk berdua semakin sempit. Makanya, jangan sampai menghilangkan waktu libur untuk quality time dengannya. Dengan begini, walaupun Anda dan dia sama-sama sibuk, tapi selalu ada celah untuk rileks dan berbahagia dengannya.


Jangan menyalahkan diri sendiri
Walaupun saat ini sudah banyak wanita atau istri yang berkarir di luar rumah, namun kodrat sebagai istri dan ibu memang tak bisa dibendung. Makanya, banyak juga wanita yang merasa bersalah dengan apa yang dia kerjakan dan merasa mengabaikan keluarganya.


Hilangkanlah rasa bersalah itu jika pasangan Anda sudah memberi izin Anda berkarir. Kalau Anda sudah memberikan kontribusi yang sesuai porsinya pada pekerjaan dan keluarga, maka Anda hanya perlu untuk berpikiran positif saja agar tak ada lagi rasa bersalah.

LEAVE A COMMENT

BACK
TO TOP