Blog + Ideas

How To Cut Off Wedding Vendor Budget

by   297
 

How To Cut Off Wedding Vendor Budget #1
VENUE
1. Pikirkan tempat lain selain ballroom hotel, jika Anda ingin berhemat! Sekarang ini sudah ada banyak pilihan tempat yang cukup menarik untuk dijadikan lokasi pernikahan, seperti museum, gedung serbaguna, restoran, dan lain-lain yang harganya jauh lebih terjangkau dibandingkan jika menyelenggarakan pesta di hotel.
2. Selenggarakan pernikahan Anda di bulan-bulan low season, yaitu di sekitar bulan Januari- Juni, dan di hari biasa untuk mendapatkan harga yang lebih murah.
3. Booking venue dan segera lakukan down payment jauh-jauh hari sebelum agar harga yang Anda dapatkan adalah harga pada tahun itu (harga mengikat) dan tidak usah khawatir jika harga venue tersebut tahun depan naik
4. Kunjungi Weddingku Venue Deal dan dapatkan harga serta penawaran yang menarik disana.

How To Cut Off Wedding Vendor Budget #2
DEKORASI
1. Cari venue pernikahan yang sudah memiliki desain dan dekorasi yang cantik, seperti restoran, sehingga Anda hanya tinggal menambahkan dekorasi sedikit saja untuk menciptakan tema yang Anda inginkan.
2. Gunakan bunga-bunga imitasi sebagai dekorasi pesta pernikahan Anda.
3. Jika Anda memilih tema vintage, pinjam lah barang-barang antik dari kerabat atau sahabat untuk menjadi properti dekorasi di pesta pernikahan Anda. Atau Anda juga bisa mencari barang-barang yang kira-kira sesuai dengan tema pernikahan Anda di tempat penyewaan dan penjualan barang-barang bekas untuk dijadikan dekorasi.
4. Mengapa Anda tidak mencoba menuangkan bakat dan kreatifitas Anda dengan membuat dekorasi atau centerpiece sendiri? Selain lebih murah, Anda juga bisa membanggakan hasil karya Anda di pesta pernikahan nanti.

How To Cut Off Wedding Vendor Budget #3
CATERING
1. Hindari menyajikan menu lauk seperti ikan atau ayam yang telah di-fillet, karena dengan menyajikan menu fillet, tamu dapat menyantap dengan mudah dan cepat, sehingga menu fillet tersebut dapat habis dengan cepat.
2. Pilih menu pondokan dengan kategori terjangkau.

How To Cut Off Wedding Vendor Budget #4
HANDBOUQUET
1. Bunga imitasi adalah pilihan yang paling terjangkau.
2. Jika Anda menginginkan bunga tangan yang asli, pilihlah jenis bunga lokal yang sedang mekar pada musim Anda menikah, agar mudah didapatkan dan harga pun otomatis lebih terjangkau.
3. Daripada membuang hand bouquet yang Anda beli dengan harga yang lumayan, Anda dapat menggunakannya kembali sebagai hiasan di kamar pengantin Anda. Sebagai penggantinya, Anda dapat menggunakan boneka atau pengganti lainnya untuk acara lempar bunga.



How To Cut Off Wedding Vendor Budget #5
GOWN
1. Anda bisa berhemat sampai hampir setengah harga jika Anda menyewa gaun second hand daripada membeli yang baru.
2. Carilah gaun bermodel sederhana dan yang tidak terlalu banyak hiasan.
3. Pantau terus website dan sosial media butik-butik gaun pengantin yang Anda sukai untuk mengetahui apakah mereka memberikan potongan harga untuk gaun-gaun pengantin mereka.

How To Cut Off Wedding Vendor Budget #6
CAKE
1. Pilihlah kue pengantin yang terdiri dari dua sampai tiga tiers saja.
2. Anda tetap bisa memiliki kue dengan 5-6 tiers, namun buatlah 3 tiers kue terbawah dari sterofoam dan 3 tiers sisanya dari kue asli.
3. Hindari kue dengan banyak hiasan atau bermodel unik, karena biasanya dihargai lebih mahal. Namun, bukan berarti kue bermodel sederhana tidak menarik lho... (lihat: 5 Cara Menghias Kue Pengantin Yang Simple Menjadi Menarik)

How To Cut Off Wedding Vendor Budget #7
ENTERTAINMENT
1. Daripada mengundang band atau DJ, Anda dapat memutar list lagu pernikahan yang sudah Anda siapkan melalui laptop yang disambungkan ke sound system.
2. Minta kerabat atau sahabat yang Anda tahu memiliki suara emas untuk menyumbangkan beberapa buah lagu.

How To Cut Off Wedding Vendor Budget #8
OTHERS
1. Anda bisa menyewa sebuah mobil sedan yang mewah daripada limousine
2. Buatlah kartu undangan hanya terdiri dari satu lembar saja dan dengan sedikit penggunaan warna.

Foto: Dok. Istimewa

Financial Matters, Wedding Planning

LEAVE A COMMENT

Go to top