IFC Gelar Ajang Fashion di Paris

Pada tanggal 1 Desember 2018 Indonesian Fashion Chamber (IFC) akan menggelar ajang fashion show skala internasional: "La Mode" Sur La Seine à Paris yang diselenggarakan di Kota Paris, Perancis. Dengan tujuan ikut mendukung target Pemerintah untuk menjadikan Indonesia sebagai salah satu pusat fashion dunia, acara ini ditujukan untuk memperlihatkan keunggulan karya desainer fashion Indonesia dengan keragaman dan kekuatan etnik lokal, di tingkat global.

Fashion show "La Mode" Sur La Seine à Paris akan menampilkan karya 16 desainer Indonesia yang mengangkat konten lokal sesuai tren global, meliputi kategori busana konvensional hingga busana muslim, antara lain koleksi dari Lisa Fitria, Deden Siswanto, Lenny Agustin, Sofie, Ali Charisma, Shanty Couture, IDENTIX by Irma Susanti, Lia Mustafa, Lia Soraya, Rosie Rahmadi, #Markamarie, Istituto Di Moda Burgo Indonesia, ZELMIRA by SMK NU Banat, dan Pemerintah Provinsi Aceh melalui Dinas Pariwisata Aceh menampilkan koleksi REBORN29 by Sukriyah Rusdy. Seluruh koleksi busana akan diperagakan oleh model internasional di atas kapal pesiar yang menyusuri Sungai Seine berkeliling Kota Paris dengan dihadiri sekitar 400 undangan yang terdiri dari buyer dan media internasional.

Acara “La Mode" Sur La Seine à Paris akan berlangsung selama kapal berlayar mulai dari Menara Eiffel dan mengelilingi sejumlah tempat ikonik di Kota Paris, sehingga seluruh desainer berkesempatan untuk mempresentasikan karyanya lebih intens kepada para undangan yang diharapkan dapat memberikan hasil lebih optimal. Untuk membuka peluang kerjasama bisnis antara desainer dan buyer maupun media internasional, digelar pula sesi fashion showcase, business meeting, dan media gathering. Dalam rangkaian kegiatan ini, rombongan desainer Indonesia akan melakukan kunjungan ke pabrik lace yang ternama di Paris, “Cité de la Dentelle et de la Mode”.

Dengan potensi Indonesia sebagai pusat acuan tren fashion muslim dunia, "La Mode" Sur La Seine à Paris akan menggaungkan busana muslim karya desainer Indonesia agar menjadi sorotan global. Kementerian Perindustrian Republik Indonesia turut berpartisipasi dalam perhelatan ini dengan meluncurkan International Muslim Fashion Festival, yaitu pameran fashion muslim yang akan dilaksanakan tahun 2019 mendatang dengan menghadirkan para buyer dan desainer dari berbagai negara khususnya anggota Organisasi Konferensi Islam (OKI). Dalam seremoni peluncuran International Muslim Fashion Festival 2019 ini akan mempersembahkan karya busana muslim dari dua desainer Indonesia, yaitu: Lisa Fitria dan Lia Mustafa.

"La Mode" Sur La Seine à Paris ditargetkan sebagai ajang tahunan untuk mempromosikan karya desainer Indonesia yang telah siap memasuki pasar global, termasuk menggaungkan potensi industri fashion Indonesia ke tingkat dunia. Serta, perhelatan ini diharapkan dapat merangkul seluruh pihak, mulai dari Pemerintah hingga Stakeholder terkait untuk bersinergi dalam memberikan perhatian serta dukungan terhadap pengembangan sektor industri fashion di tanah air, sesuai dengan cita-cita bersama yakni mewujudkan Indonesia sebagai sentra mode dunia.

Foto: Dok. IFC

LEAVE A COMMENT

BACK
TO TOP