Ingin Rumah Tangga Bahagia? Ini Rahasianya

 

Foto: Freepik


Menyatukan dua insan yang berbeda memang tidak mudah. Sebelumnya, Anda dan pasangan berada di dua dunia berbeda, lingkungan berbeda bahkan cara pengasuhan juga berbeda. Jadi, bagaimana rumah tangga bisa bahagia dengan banyaknya perbedaan tersebut?


Di dalam rumah tangga, pasti akan selalu ada masalah. Biasanya masalah-masalah kecil itu yang akan membuat warna dalam rumah tangga Anda. Agar beragam masalah tersebut bisa menjadi bumbu-bumbu cinta yang akan membahagiakan hubungan Anda, ikuti beberapa poin berikut.


Hargai perbedaan kebiasaan
Lambat laun, Anda dan pasangan pasti akan saling mengerti kebiasaan masing-masing. Sebelum itu, Anda akan dihadapkan dengan beragam pahit-manis berumah tangga. Kebiasaan kecil seperti sembarangan meletakkan handuk setelah dipakai saja bisa menjadi problem kecil, ditambah dengan kebiasaan lainnya.


Jika hal-hal seperti ini terjadi, Anda bisa membicarakannya dengan pasangan apakah dia bisa mengubah kebiasaan-kebiasaan buruknya. begitupun Anda, apakah juga bisa mengubah kebiasaan buruk menjadi lebih baik. Semua tergantung pada Anda dan pasangan. Jangan sampai memendam emosi yang akan membuat masalah kecil menjadi besar.


Hargai keinginan
Dalam hal mendekor hunian saja pasti ada perdebatan. Satu ingin bergaya seperti `ini` dan yang satu lagi lebih ingin hunian bergaya seperti `itu`. Jika saling kekeuh dengan keinginan masing-masing, alih-alih membuat rumah tangga menjadi bahagia, malah akan membuat kacau rumah tangga Anda. Padahal, Anda bisa saja menggabungkan kedua keinginan tersebut lho. Jika tidak, Anda juga bisa membuat salah satu ruangan didesain sesuai keinginan Anda, dan ruangan lainnya sesuai keinginan pasangan. Hal ini cukup adil untuk Anda dan pasangan.


Hargai standar kebersihan
Poin ini sangat terpengaruh dengan kebiasaan keluarga dan lingkungan sebelum berumah tangga. Anda tidak bisa memaksa pasangan harus mengikuti standar Anda, begitupun pasangan tidak bisa sembarangan memperlakukan Anda selayaknya dia dahulu.


Misalnya, Anda mewajibkan rumah harus dipel sekali sehari sedangkan pasangan beranggapan `tidak apa-apa kalau hanya disapu saja setiap hari tanpa sering-sering dipel`. Yang terpenting adalah Anda dan pasangan perlu mencari tahu batas kebersihan yang masih bisa dikompromikan, seperti rumah di sapu setiap hari dan mengepel cukup sekali dua hari saja.


Hargai privasi
Manusia memiliki dua sifat, sebagai makhluk sosial dan makhluk individual. Bila Anda sudah menikah, memang banyak hal yang perlu dilakukan berdua, namun bukan berarti Anda akan kehilangan privasi saat berumah tangga. Ada kalanya Anda ingin bersama, ada kalanya juga Anda ingin sendiri. Jika Anda menghargai keputusan tersebut, rumah tangga Anda akan bahagia sampai kapanpun.


Banggalah dengan hubungan Anda
Setelah menghargai segala keputusan yang sudah disetujui oleh Anda dan pasangan, saatnya berbangga dengan hubungan yang Anda jalin. Jika ada family outing di kantor, Anda akan dengan senang hati membawa pasangan. Anda juga tidak segan memuji pasangan di hadapan orang lain.

Relationship, Tips dan Trik, Serba-serbi Pernikahan

LEAVE A COMMENT


BACK
TO TOP