Konsumsi Makanan ini untuk Atasi Stress Pra Nikah

Merencanakan pernikahan adalah salah satu proses yang cukup memberi tekanan bagi setiap calon pengantin. Ketika stres melanda hal yang sering dilakukan adalah mencari makanan untuk membuat diri nyaman, kesalahan yang sering dilakukan adalah mengonsumsi makanan cepat saji yang tidak sehat. Makanan cepat saji memang menggugah selera apalagi bila dalam keadaan harus bergerak cepat, namun semua karbohidrat, gula dan produk olahan susu yang berlebihan justru akan memperburuk situasi. Kalori dan garam berlebihan memang membuat nyaman sesaat, namun akan membuat gula darah melonjak dan membuat rasa cemas meningkat. Untuk memastikan stres terkendali, membuat tampilan kulit bercahaya dan perencanaan berjalan dengan lancar, pastikan untuk mengonsumsi makanan sehat yang akan memberi energi dan stamina tubuh terjaga. Pastikan juga menjaga hidrasi sepanjang hari dengan selalu meminum banyak air putih.

Pertimbangkan mengonsumsi makanan ini untuk membantu mengurangi jumlah kecemasan dari hari ke hari dan menjaga kesehatan menuju hari bahagia:

Dark Chocolate

Ini makanan super yang pasti kamu suka! Mengonsumi dark chocolate dapat membantu meningkatkan mood kamu, ini karena dark chocolate mengandung antioksidan. Selain dapat menurunkan hormon stres kortisol, makanan ini juga membantu menurunkan tekanan darah serta memperbaiki sirkulasi darah. Mengonsumi dark chocolate setiap hari dalam jumlah sedikit juga akan memberikan perasaan euforia atau senang seperti sedang jatuh cinta.

Walnut

Jenis kacang ini adalah salah satu makanan super terbaik untuk mengatasi rasa cemas. Kaya akan alpha linolenic acid dan sumber baik untuk asam lemak omega 3, walnut juga membantu keseluruhan kesehatan dengan mengurangi berat badan dan mempertajam ingatan. Untuk kesehatan dan mengurangi rasa cemas, konsumsi 5 ½ buah setiap hari.

Jeruk

Butuh dorongan energi? Tambahkan jeruk ke dalam pola makan sehari-hari. Aroma yang segar dan menyenangkan akan membuamu merasa energik sepanjang hari. Mengandung banyak vitamin C yang memiliki antioksidan yang kuat dan membantu menurunkan tingkat kortisol. Kandungan gula alaminya juga baik untuk tubuh dan membantu memperbaiki sistim kekebalan tubuh. Nikmati jeruk ke dalam bubur oat, salad atau smoothie setiap hari untuk kesehatan dan kecantikan kulit menuju hari-H.

Teh Hijau

Minum teh hijau setiap hari sebanyak dua sampai tiga cangkir untuk meredakan stres sekaligus untuk kesehatan tubuh. Mengandung antioksidan yang berlimpah, teh hijau juga mengandung theanine yang dapat membantu menurunkan berat badan sekaligus menyediakan kekuatan mental dan membuat pikiran rileks.

Blueberry

Merupakan salah satu bentuk antioksidan yang tinggi, blueberry adalah makanan super yang membantu menetralkan radikal bebas untuk mengurangi kerusakan kulit dan sel. Kaya akan vitamin, fitonutrisi dan bermanfaat bagi jiwa manusia, blueberry juga amat bermanfaat untuk meredakan stress. Nikmati buah lezat ini dengan pancake, bubur oat, smoothies , yoghurt atau makan begitu saja setiap hari.

Alpukat

Mengandung vitamin B yang baik untuk kesehatan dan sistim syaraf hingga alpukat baik untuk meredakan stres dari tubuh. Vitamin B mengurangi tekanan darah dan menjaga tingkat stres minimum, kamu tidak akan merasakan cemas. Konsumsi alpukat dengan roti lapis, salad, atau sebagai smoothies.

Sayuran Hijau

Bayam mengandung folate yang menghasilkan dopamine, unsur kimia yang menimbulkan rasa senang pada otak, membantu kamu tenang dan baik untuk kesehatan pada umumbya. Untuk merasakan tenang, lebih bahagia dan enerjik sebaiknya kamu memilih untuk mengonsumsi sayuran hijau dibanding makanan cepat saji. Penelitian mengemukakan bahwa makanan sehat lebih memberikan mood yang positif dan menjaga kesehatan mental.

Teh Chamomile

Ingin merasakan rileks dan menenangkan syaraf? Minumlah teh chamomile yang mengandung senyawa flavonoid bernama apigenin. Kandungan potassium, zinc dan magnesium juga membantu memberikan efek menenangkan. Untuk tidur yang lebih nyenyak, minumlah scangkir teh chamomile hangat di penghujung hari. Anda akan merasa lebih rileks setelah berbagai aktifitas seharian yang melelahkan.

Kacang Mede

Kacang yang gurih ini ternyata memiliki banyak manfaat terutama dalam memproduksi serotonin, hormon tubuh untuk perasaan senang. Kacang mede membantu menurunkan tekanan darah dan menghindarkan serangan jantung. Selain bermanfaat bagi kesehatan rambut dan kulit, kacang mede padat energi dan tinggi serat hingga merupakan kudapan yang tepat untuk menjaga berat badan.

Kacang Almond

Ingin menjaga stamina dan tetap fit menuju hari-H? konsumsi kacang almond yang mendukung sistim kekebalan tubuh karena kandungan vitamin B2. Selain kaya akan protein dan serat, kacang almond merupakan pilihan tepat untuk mengatasi rasa cemas. Kacang ini juga kaya akan vitamin E yang bermanfaat bagi kekebalan tubuh dan kesehatan kulit.

Ikan Salmon

Ingin kulit wajah terlihat menawan sekaligus meredakan stres dan cemas? Ikan salmon yang kaya dengan omega 3 akan melawan stres dan membuat kamu bersemangat. Konsumsi ikan salmon secara teratur untuk membuat emosi terkendali selama kekacauan menuju hari bahagia.

Teks : Leyla Fauwzya

LEAVE A COMMENT

BACK
TO TOP