Blog + Ideas

Mesra Dengan Calon Mertua. Bisa Kok!

by   426
 

Ketika Anda memutuskan untuk menikah dengan pasangan, harus diingat bahwa bukan hanya si dia yang Anda nikahi, tetapi juga orang tua dan keluarganya. Terutama orang tua, sebagai orang yang merawat pasangan Anda sejak kecil, tak heran kalau mereka mempunyai rasa memiliki yang tinggi terhadap anaknya. Sikap orang tua seperti ini yang kerap menjadi momok bagi pasangan yang akan atau baru menikah. Dan pada akhirnya menjauhkan mertua dan menantu.

Lalu bagaimana cara agar kita tak perlu bermusuhan bahkan kalau bisa dekat dengan calon ayah dan ibu mertua? Yuk kita simak tips berikut :

  1. Pahami bahwa pasangan adalah dua individu yang dibesarkan dari dua keluarga dengan nilai budaya berbeda. Saling menceritakan nilai-nilai tradisi dan budaya yang selama ini dianut di dalam keluarga sebelum membawa pasangan Anda bertemu dengan mereka akan sangat membantu meminimalisir konflik yang mungkin terjadi.

  2. Berpenampilan yang sopan dan rapi. Bagi perempuan, meski tidak harus mengenakan pakaian yang tertutup, usahakan kenakan pakaian yang tidak terbuka dan mencolok. Bagi pria, kenakan pakaian yang bersih dan rapi. Pastikan Anda berdua berdiskusi dulu pakaian seperti apa yang pantas dikenakan untuk menemui orang tua.

  3. Bersikaplah sopan, terutama pada perjumpaan pertama dengan keluarga pasangan. Duduk dengan sikap yang sopan, tatap lawan bicara saat Anda diajak berbicara, tertawa atau tersenyum sopan bila diajak bercanda, hindari melihat handphone agar tidak terkesan tidak menghormati orang tua.



  4. Sebagai orang yang mengurus dan merawat anaknya selama puluhan tahun, sudah pasti ada kecemburuan ketika anaknya akan “diambil” oleh pihak lain. Dekati mereka, mulailah dengan melakukan pujian terhadap hal-hal kecil. Saat pasangan mengajak Anda untuk makan bersama di rumah misalnya, cari hal-hal yang bisa membuat Anda mengeluarkan pujian. Misalnya, “Masakannya enak sekali tante,” atau “Tante cantik mengenakan baju ini.” Perlu diingat, pujian tersebut harus tulus dan tidak dibuat-buat. Dengan pujian yang tulus dari dalam hati, Anda akan membuat calon mertua Anda tersentuh. Namun bila Anda mengeluarkan pujian “palsu” si penerima pujian justru akan curiga dengan maksud Anda.

  5. Hindari interaksi yang menunjukkan kemesraan antara Anda dengan pasangan. Hindari berpegangan tangan, berpelukan, bersikap manja, terlebih lagi berciuman di depan calon mertua. Terutama pada pertemuan pertama.

  6. Siapkan hadiah atau oleh-oleh untuk calon mertua. Tanya pada pasangan Anda apa yang menjadi kesukaan orangtuanya.

Tidak terlalu sulit kan? Setelah berhasil membuat kesan yang baik pada perjumpaan pertama, semoga lebih mudah bagi Anda untuk mendekati dan berhubungan baik dengan calon ayah dan ibu mertua ke depannya.

Foto Dok.Istimewa

persiapan pernikahan

LEAVE A COMMENT

Go to top