Pameran 'Namaku Pramoedya: Catatan dan Arsip', Ungkap Sisi Lain Pram

Walaupun telah tiada, melalui karya-karyanya Pramoedya Ananta Toer seolah tetap bernafas menyuarakan berbagai kisah dari masa penjajahan hingga masa berikutnya. Seorang sastrawan yang produktif menghasilkan karya sastra baik dalam bentuk cerpen maupun novel selama tujuh dekade mewariskan berbagai arsip dan catatan di kamar kerjanya. Dari arsip dan catatan yang belum pernah dipublikasikan, Titimangsa Foundation yang bekerja sama dengan Dia.Lo.Gue dan dukungan Bakti Budaya Djarum Foundation membuka pameran dari barang-barang pribadi Pramoedya tersebut.

Sesuai dengan bentuk barang yang dipamerkan, Namaku Pramoedya: Catatan dan Arsip diusung sebagai tema pameran yang resmi dibuka bertepatan dengan preskon pada 17 April 2018 hingga berakhir pada 20 Mei 2018 di Dia.Lo.Gue yang beralamat di Kemang Selatan No.99. Pada preskon yang diadakan di Galeri Indonesia Kaya dihadiri pula oleh banyak pihak yang mendukung yakni Nadjwa Shihab, Slamet Rahardjo, Ratna Riantiarno yang mengapresiasi dengan membacakan dan bermonolog penggalan karya Pramoedya. Preskon yang juga dihadiri Happy Salma sebagai pendiri Titimangsa Foundation bersama dengan anak dari Pramoedya, Astuti Ananta Toer berkisah mengenai awal tercetusnya ide mengadakan pameran, bermula dari nazar Happy Salma yang sukses mementaskan `Bunga Penutup Abad`, diadaptasi dari dua novel Pramoedya, Bumi Manusia dan Anak Semua Bangsa.

Happy yang awam dalam mengadakan pameran, merasa sangat terbantu oleh Engel Tanzil pemilik Dia.Lo.Gue yang menyediakan waktu dan tempatnya untuk kelangsungan pameran, tanpa berharap mendatangkan hasil. Dibantu pula oleh Dani, konseptor yang telah sering menangani berbagai pameran, pengunjung akan dijamu dengan berbagai arsip dan catatan yang akan membuat mereka mengenal sosok Pramoedya yang berbeda dari yang awam ketahui selama ini. Sebuah pameran yang sayang untuk dilewatkan begitu saja, terlebih tidak dikenakan tiket masuk.

Foto: Dok. Image Dynamics

LEAVE A COMMENT

BACK
TO TOP