message

Penting Jaga Berat Badan Jelang Pernikahan

 

Pernikahan adalah momen penting terutama bagi calon pengantin. Terkadang, karena kesibukan mempersiapkan upacara pernikahan, calon mempelai jadi kurang menjaga pola makanan. Akibatnya berat badan naik tak terkontrol atau sebaliknya untuk mereka yang memiliki bakat kurus jadi semakin kurus.

Anda pasti tidak mau kemungkinan terburuk ini terjadi. Oleh karenanya, Anda perlu memastikan agar selain persiapan acara berjalan lancar, pola makan juga selalu terjaga. Pola makan sehat, misalnya, menghindari makanan yang berkadar gula tinggi. Saat emosi sedang naik-turun, keinginan untuk makan yang manis-manis bisa jadi akan meningkat. Padahal, ini juga bisa berakibat buruk bagi tubuh Anda.

Untuk itu, Connie Gutterson, RD, penulis buku The New Sonoma Diets menekankan, pentingnya menyantap makanan dengan indeks glikemik yang rendah agar dapat memberikan suplai energi yang positif dan stabil selama seharian.

Menyantap jenis lemak yang sehat, seperti dari minyak zaitun, daging salmon, dan alpukat, juga dapat memberi Anda asupan nutrisi yang cukup sekaligus membuat kulit jadi lebih bercahaya pada hari-H.

“Kebanyakan para calon pengantin wanita menjalani diet yang tidak sehat sehingga mereka akhirnya tampil dengan tubuh yang kurus pada pernikahannya. Namun, wajah dan rambutnya tidak terlihat bercahaya,” kata Gutterson.

“Untuk itu, perbanyak konsumsi lemak tak jenuh tunggal agar selain tubuh jadi lebih sehat, kulit juga menjadi lebih lembab dan kenyal,” tambahnya.

Selain itu, dengan sering mengonsumsi buah, kemungkinan berat badan naik akan semakin kecil. Pilihlah sayuran yang menjadi favorit Anda untuk camilan di siang atau sore hari. Jangan lupa sedia buah di dalam tas seandainya Anda masih merasa lapar.

Selain makanan sehat, perbanyak konsumsi air putih juga dianjurkan. Menurut Kathy Kaehler, pelatih selebriti kelas dunia, seperti Jennifer Aniston dan Kim Kardashian, meminum banyak air putih atau teh herbal dapat membantu hidrasi tubuh selalu terjaga dan kulit selalu lembab serta sehat.

Di samping asupan, melakukan kegiatan fisik dapat membantu Anda mendapatkan tubuh indah seperti yang diinginkan. Carilah olahraga yang paling Anda sukai, misalnya naik sepeda, berenang, joging di taman, atau sekedar membersihkan rumah. Olahraga dalam waktu dua puluh menit sehari bisa meningkatkan energi Anda dan pembakaran kalori. Anda bisa mendapatkan hasil dalam kurun waktu enam bulan, dengan syarat, olahraga rutin!

Satu lagi yang tak boleh dilupakan adalah stres. Stres terus-menerus bukan cuma mengundang darah tinggi, penyakit jantung, dan insomnia, tetapi juga bisa membuat orang kelebihan berat badan, menurut studi yang dimuat di jurnal Obesity. (SW)

Foto : Dok. Istimewa

LEAVE A COMMENT

BACK
TO TOP