Pentingnya Pemeriksaan Kesehatan Pra-Nikah Untuk Calon Pengantin

Tak hanya mempersatukan dua insan dalam satu ikatan suci, menikah juga bertujuan untuk mendapatkan keturunan dan membangun keluarga yang sehat. Untuk menghasilkan keturunan tentunya diperlukan kesiapan batin dan kesiapan dari segi fisik.

Oleh karena itu, bagi pasangan calon pengantin, dianjurkan untuk melakukan pemeriksaan kesehatan pra-nikah. Serangkaian pemeriksaan dilakukan untuk menghindari timbulnya beberapa penyakit dan kelainan, baik keturunan maupun bawaan. Dengan pemeriksaan pra-nikah, jika terdeteksi kelainan pada diri pasangan, dapat dilakukan penanganan yang lebih dini sehingga tidak menurunkan penyakit kepada anak yang dilahirkan kelak. Setidaknya beberapa hal berikut dapat dihindari dengan pemeriksaan pra-nikah:

  1. Rhesus yang bersilangan

Apabila salah satu pasangan memiliki rhesus negatif, sementara kebanyakan orang di Asia memiliki rhesus positif, diperlukan penanganan khusus saat si calon ibu mengandung bayi. Penanganan khusus diperlukan untuk menandai adanya gejala anemia dan sakit kuning pada bayi yang dikandung.

2. Penyakit akibat hubungan seks

Pemeriksaan pra-nikah juga dapat menghindari adanya penularan penyakit yang ditularkan lewat hubungan seksual, seperti sifilis, HIV dan hepatitis.

3. Penyakit keturunan

Pemeriksaan pra-nikah juga dapat mendeteksi kemungkinan terdapatnya penyakit keturunan secara genetik pada anak, misalnya thalassemia.

Apa saja yang diperiksa pada pemeriksaan kesehatan pra-nikah?

Pemeriksaan pra-nikah meliputi beberapa hal, diantaranya pemeriksaan sel darah rutin (hematologi), golongan darah dan Rhesus, hepatitis terutama hepatitis B, penyakit menular sifilis, analisa sperma bagi laki-laki dan anti-rubella bagi wanita

Pemeriksaan Pada Pria Pada Wanita

Hematologi dan golongan darah Hematologi dan golongan darah

Hepatitis B Ag + Ab Hepatitis B Ag + Ab

VDRL-Sifilis VDRL-Sifilis

HBEP (Thalassemia) HBEP (Thalassemia)

Gula + Kolesterol darah Gula + Kolesterol darah

HIV HIV

Anti-rubella IgG

Sumber : PATHLAB Laboratorium Klinik

LEAVE A COMMENT

BACK
TO TOP