message

Pernikahan yang Bahagia Bikin Panjang Umur?

 

Salah satu tahapan penting dalam hidup manusia adalah pernikahan. Dan tentu setiap orang menginginkan pernikahan yang bahagia. Banyak studi menemukan bahwa pernikahan bahagia bisa membuat panjang umur.

Penelitian terbaru pada indek massa tubuh manusia mendapati, orang yang menikah memiliki BMI atau indek massa tubuh terendah, yaitu 27,6. Sedangkan orang yang belum menikah memiiki BMI 28,5 dan pada orang bercerai BMI 28. Studi lain yang dilakukan Carnegie Mellon University menemukan bahwa orang yang menikah memiliki kadar kortisol yang lebih rendah daripada orang yang lajang atau bercerai.

Ini menunjukkan bahwa pernikahan dapat meningkatkan kesehatan dengan membantu kita bertahan melawan tekanan psikologis yang meningkatkan hormon ini. Kadar kortisol yang tinggi dapat menyebabkan penyakit jantung, depresi, peningkatan peradangan, dan sejumlah penyakit autoimun.

Rata-rata, pasangan menikah melaporkan kesehatan keseluruhan yang lebih baik sepanjang hidup mereka. Semua itu menunjukkan bahwa pernikahan bahagi akan membuat pasangan lebih sehat.

Berikut ini adalah rahasia membuat pernikahan bahagia yang harus Anda praktekkan :

  1. Merayakan hal-hal yang dilakukan berdua demi pernikahan bahagia

Merayakan semua hal yang dilakukan bersama, adalah salah satu rahasia membuat pernikahan bahagia. Menurut penelitian yang dilakukan oleh pakar psikologi di UCLA, hal baik sekecil apapun yang terjadi, seharusnya dilakukan berdua. Seperti kesuksesan dalam karir, kebahagiaan kecil yang terjadi setiap hari sudah semestinya dirayakan. Inilah esensi sebenarnya dari kalimat berbagi suka dan duka.

  1. Percintaan yang penuh gairah

Menurut sebuah penelitan terbaru, pasangan yang jarang melakukan hubungan seksual, cenderung kurang bahagia. Meskipun seks bukan satu-satunya hal penting dalam pernikahan. Tetapi keintiman secara fisik memegang peranan penting dalam membuat pernikahan lebih bahagia. Orang-orang yang memiliki kesulitan mengendalikan emosi, sering merasa gelisah, atau emosi negatif lainnya. Seringkali terlihat lebih tenang dan terkontrol, jika dia mengalami seks rutin dengan pasangannya.

  1. Saling menghargai satu sama lain

Meskipun banyak orang yang merasa berterima kasih pada pasangannya, jarang sekali yang bisa mengungkapnya dengan kata-kata. Menurut sebuah studi, orang yang merasa dihargai oleh pasangannya, atas semua usahanya di dalam pernikahan. Akan merasa lebih puas dalam hubungan, juga lebih sedikit memendam kebencian. Suami istri yang bisa menghargai satu sama lain, memiliki peluang lebih besar untuk mencapai pernikahan bahagia. Dibandingkan mereka yang tidak bisa menghargai pasangannya. Ungkapan pujian pada pasangan akan menciptakan atmosfir yang lebih baik dalam hubungan pernikahan.

  1. Berkompromi

Adaptasi dan kompromi adalah salah satu rahasia membuat pernikahan bahagia. Pasangan yang menerima kelebihan dan kekurangan satu sama lain, juga berselisih sedikit dalam perbedaan pendapat, terbukti lebih bahagia. Saat Anda sudah bisa menerima bahwa ada beberapa masalah yang tidak bisa dipecahkan. Anda bisa menemukan solusi untuk menyesuaikan diri, dan melanjutkan hidup.

  1. Menerapkan standar tinggi

Selama ini, banyak pakar yang menyarankan suami istri agar tidak memiliki harapan tinggi. Demi tercapainya kehidupan pernikahan yang bahagia. Namun, penelitian terbaru mengungkap rahasia membuat pernikahan bahagia justru adalah sebaliknya. Pasangan yang memiliki espektasi tinggi, juga menerapkan standar tinggi dalam pernikahannya, akan mendapatkan apa yang ia harapkan, dan membuat mereka lebih bahagia.

Penelitian ini mengungkap, pasangan yang memiliki espektasi terhadap romantisme, akan diperlakukan dengan lebih baik dan menjadi lebih bahagia. Karena perilaku mereka sendiri akan meniru espektasi yang mereka inginkan. Yang akan menjadi hubungan timbal balik dengan pasangannya.

  1. Menghargai setiap kenangan indah yang dilakukan bersama pasangan

Ketika pasangan mengingat dan merayakan setiap kenangan indah yang dilakukan bersama, seperti kenangan bulan madu, maka mood keduanya cenderung akan menjadi lebih bahagia. Telah terbukti secara ilmiah, bahwa pasangan yang merayakan setiap momen indah, meningkatkan level keintiman, komitmen, kepercayaan dan kepuasan dalam pernikahan. (SW)

Foto :dok. Istimewa

LEAVE A COMMENT

BACK
TO TOP

Klik "Ya" Untuk Mendapatkan Update Promo Terbaru Dari Weddingku!