Persiapan Pernikahan di Tengah Covid-19? Ini Tips Jaga Kesehatan Fisik dan Mental Pasangan Anda

Foto: Freepik


Mengurus persiapan pernikahan saja sudah menyita banyak pikiran hingga tak jarang calon pasangan juga stres dalam masa mempersiapkan pernikahan. Apalagi jika mengurus persiapan pernikahan di tengah merebaknya virus corona atau Covid-19, di mana semua kegiatan yang berada di luar ruangan tidak bisa dilakukan dalam masa ini, termasuk mengurus persiapan pernikahan.


Banyak pesta pernikahan yang akhirnya ditunda mengingat situasi yang kurang kondusif seperti ini. Kondisi seperti ini semakin membuat pasangan yang ingin menikah semakin was-was dengan persiapan pernikahan mereka karena pasti akan memiliki banyak hambatan, hingga membuat pikiran serta fisik mereka drop. Karena itu, perlu untuk menjaga kesehatan fisik dan mental di tengah situasi seperti ini.


Bijak Menyikapi Berita
Banyak berita yang bermunculan mengenai virus corona ini. Tak sedikit pula yang membuat berita-berita yang belum jelas kebenarannya alias hoax. Jika Anda tidak bisa bijak dalam menerima satu berita, besar kemungkinan akan memicu stres.


Penelitian mengatakan bahwa di tengah kondisi Covid-19 seperti ini, penting untuk selalu memperbarui informasi terkait virus tersebut. Hanya saja, Anda harus pandai memilah mana yang benar dan berita mana yang tidak memiliki bukti yang bisa dipertanggungjawabkan.


Namun, Anda tidak bisa menyuruh orang lain untuk berhenti memberikan pesan kebohongan yang akan membuat Anda semakin stres itu, bukan? Cara lainnya, Anda bisa mengabaikan pesan-pesan kebohongan yang berkeliaran di laman media sosial Anda dan menghapus pesan-pesan yang tidak penting tersebut. Jadi, tingkat stres Anda akan berkurang dengan sendirinya.


Manjakan Diri Anda
Keadaan saat ini sudah mengharuskan Anda dan pasangan untuk mengisolasi diri dari orang-orang dan lingkungan sekitar. Untuk itu, pastinya Anda akan lebih banyak menghabiskan lebih banyak waktu di rumah. Jika terlalu lama di rumah, pastinya ada rasa bosan yang melanda, karenanya Anda perlu memanjakan diri sendiri agar terhindar dari rasa bosan tersebut.


Dikutip dari Centers for Disease Control Prevention (CDC) Amerika Serikat, langkah terbaik untuk menjaga jiwa adalah dengan membuat pikiran dan tubuh Anda merasa nyaman. Jika Anda suka menonton, maka Anda bisa menonton film kesukaan di rumah. Jika Anda senang mendengarkan musik, maka lakukanlah kegiatan yang bisa memberikan rasa nyaman dan pikiran positif untuk Anda. Selain itu, Anda juga bisa meningkatkan durasi istirahat agar pikiran kembali segar dan dijauhkan dari rasa stres.


Jaga Kesehatan Anda dan Pasangan
Melindungi kesehatan mental dapat dilakukan dengan menjaga tubuh, lho. Walaupun Anda dan pasangan berada di rumah masing-masing, harus tetap menjaga kebersihan dengan sering mencuci tangan menggunakan sabun dan air yang mengalir.


Daripada Anda stres karena tidak bisa melakukan persiapan pernikahan sementara waktu, lebih baik Anda mulai menjaga barang-barang di rumah agar tetap selalu bersih. Misalnya dengan menyemprotkan cairan disinfektan ke benda-benda yang paling sering disentuh.


Dengan melakukan beberapa hal di atas, kemungkinan stres Anda dalam mempersiapkan pernikahan di tengah virus Covid-19 ini akan berkurang. Selamat mencoba dan stay safe!

LEAVE A COMMENT

BACK
TO TOP