message

Pintar dalam Perencanaan Finansial Masa Depan

 

Foto: Freepik


Setiap orang memiliki cara sendiri untuk menggunakan uang mereka. Namun, apakah Anda akan sembarangan dalam mempergunakannya tanpa memiliki perencanaan? Apalagi jika sudah menikah, pasti kebutuhan juga semakin banyak. Jadi, Anda butuh tips untuk mengatur keuangan Anda agar tetap stabil.


Menurut salah satu ahli keuangan dari The Financial Gym, sebagian besar yang menghabiskan uang kita adalah gengsi hidup di perkotaan besar atau hal-hal penunjang keseharian kita. Milenial misalnya, saat dalam kesibukan mereka biasanya menghabiskan uang untuk minum kopi, makan siang di restoran bahkan berkaraoke bersama sepulang bekerja.


Setelah lebih dewasa, akan datang penyesalan dengan perbuatan masa lalu yang terlalu banyak mengeluarkan uang hanya untuk memenuhi gaya hidup. Padahal seharusnya pengeluaran gengsi tersebut bisa ditabung untuk masa depan.


Dalam membuat perencanaan agar keuangan Anda tetap ideal, bukan hanya sekadar mengurangi gaya hidup tersebut. Lebih dari itu, Anda bisa menentukan bagaimana keinginan kehidupan Anda di masa depan, seperti ingin tinggal dan hidup di mana agar finansial Anda juga bisa disesuaikan dengan kehidupan impain nantinya.


Contohnya seperti ini:
1. Mungkin mengurangi makan di luar (restoran) atau hanya sesekali memesan makanan cepat saji. Lebih baik memasak sendiri agar lebih irit.
2. Tidak usah menjadi pemburu diskonan karena jika dituruti, nanti akan ketagihan membeli barang yang terlihat murah saja tanpa melihat kegunaannya.
3. Tidak perlu gengsi jika tinggal di daerah yang dipandang tidak elit hanya karena malu menjadi bahan omongan orang lain. Hidup harus sesuai dompet Anda.
4. Berpandai-pandailah menyisihkan uang, jangan sembarangan mengeluarkan uang hanya untuk sesuatu yang tidak penting.
5. Tujuan Anda adalah agar bisa membeli rumah impian untuk masa depan.


Jika tujuan Anda adalah agar bisa membeli rumah impian masa depan seperti contoh perencanaan keuangan di atas, maka Anda perlu melihat berapa pemasukan Anda setiap bulannya. Jika mampu, Anda bisa mulai mengajukan kredit rumah kapanpun Anda merasa sudah siap secara finansial. Pastikan juga Anda bisa membayar kredit setiap bulannya.


Saat ini, hampir semua bank sudah memiliki penawaran kredit rumah bagi Anda yang ingin membeli rumah. Anda tinggal memilih bank mana yang sesuai dengan kebutuhan dan keinginan. Jangan lupa untuk membayar tepat waktu agar tidak menunggak dan menjadi beban nantinya.


Contoh perencanaan kedua:
1. Di samping mengerjakan pekerjaan utama, Anda bisa mengambil pekerjaan sebagai pekerja lepas (freelancer), hasilnya bisa Anda gunakan untuk membayar berbagai pengeluaran atau sebagai tambahan untuk ditabung.
2. Tujuannya adalah untuk membeli kendaraan (mobil).


Hasil dari pekerjaan Anda sebagai freelancer bisa dimasukkan ke dalam tabungan tersendiri agar tidak dapat diganggu-gugat atau tidak terpakai untuk membeli keperluan yang tidak penting lainnya. Jadi, tanpa disadari tabungan Anda bisa bertambah setia bulannya.Jadi, sudah sampai mana perencanaan keuangan masa depan Anda?

Financial Planning, Tips dan Trik

LEAVE A COMMENT

BACK
TO TOP