message

Semakin Hari Pesta Pernikahan Semakin Kecil Dan Intim

 

Jika Anda harus memilih apakah Anda akan memilih pesta pernikahan dengan ribuan tamu undangan atau mungkin pesta kecil dengan keluarga, teman, dan tamu undangan tak lebih dari tiga ratus orang misalnya? Atau, pesta di Bali dengan hanya seratus undangan atau bahkan jika Anda memiliki rejeki sangat lebih, pesta pernikahan destination wedding di Paris dengan tiga puluh undangan dari keluarga dan teman terdekat kedua mempelai. Wow! Semakin besar pesta Anda dengan tamu yang diundang semakin banyak maka akan semakin mahal pula biayanya. Apakah Anda mengharapkan pesta Anda akan balik modal? Hari gini! Namun, bukan berarti jika Anda bermimpi mengundan ketiga puluh keluarga dan teman Anda untuk menghadiri destination Anda di Pari, biayanya juga akan murah. Tentu saja tidak.

Namun, semakin Anda hidup di jaman modern maka kemungkinan besar Anda tidak menginginkan pesta pernikahan yang mewah dan besar tapi pesta yang kecil dan intim bersama dengan keluarga dan teman terdekat Anda. Jika Anda dan pasangan merencanakan pesta pernikahan yang kecil dan intim, maka Anda harus memulai dengan menghitung tamu-tamu yang akan Anda undang. Yuk, simak tips-tips berikut ini:

1. Pilih Tamu Dengan Efektif

Anda harus disiplin dengan jumlah tamu yang akan undang dan hal tersebut harus dimulai dari lingkaran terdalam, yaitu keluarga inti dan keluarga terdekat. Berapa jumlahnya yang akan Anda undang yang telah Anda berdua sepakati dan juga disepakati oleh kedua orang tua Anda. Dari situ, baru dilanjutkan dengan sahabat-sahabat Anda berdua dan relasi terdekat yang Anda berdua harapkan untuk hadir di pesta pernikahan Anda.

2. Tamu Yang Akan Diundang Adalah Hak Anda Dan Pasangan

Melangsungkan pesta pernikahan kecil dan intim bisa saja karena hal tersebut adalah tren masa kini namun juga bisa terjadi karena Anda berdua memiliki bujet yang terbatas. Oleh karena itu Anda berdua harus tegas dan disiplin dengan daftar tamu yang akan Anda undang. Dan, hal ini menjadi hak Anda berdua. Tujuan melangsungkan pesta pernikahan yang intim adalah supaya Anda berdua dapat berinteraksi dengan nyaman dengan para tamu. Jadi tentu saja Anda tidak akan mengundang teman-teman masa kecil yang Anda pun lama tak berjumpa. Atau relasi bisnis orang tua Anda yang mungkin Anda pun tidak mengenalnya.

3. Anda Berdua Perlu Alasan Yang Kuat

Berbicara tentang orang tua Anda, pastinya mereka juga punya daftar tamu yang ingin mereka undang apalagi jika mereka turut membantu biaya pesta pernikahan Anda atau Anda adalah anak tunggal atau anak pertama atau anak terkecil di keluarga. Tentu saja pernikahan Anda akan memberi kebanggaan bagi mereka sebagai orang tua. Untuk itu, jika Anda sudah menentukan akan menyelenggarakan pesta pernikahan yang kecil dan intim, Anda berdua perlu mendiskusikannya bersama dengan orang tua Anda agar tidak mengecewakan mereka. Bisa saja tamu-tamu orang tua Anda diundang ke acara akad nikah atau pemberkatan pernikahan lalu tamu-tamu terdekat diundang ke acara resepsi pernikahan. Tentu saja Anda berdua perlu alasan yang kuat dan duduk berdiskusi dengan kedua orang tua Anda.

4. Destination Wedding

Dengan destination wedding atau menikah di luar kota atau luar negeri, Anda berdua dapat memfilter jumlah tamu yang akan diundang atau yang akan datang ke pesta Anda. Tidak semuanya akan bersedia untuk mengeluarkan biaya pesawat menuju tempat pernikahan Anda. Apakah Anda berdua akan merencanakan pesta pernikahan yang kecil dan intim ala destination wedding? Sekali lagi, Anda berdua perlu alasan yang kuat untuk membicarakannya dengan kedua orang tua Anda.

Foto : Dok. Istimewa

LEAVE A COMMENT

BACK
TO TOP