message

Seoul Summer

Mungkin lagu Gangnam Style sudah terlewat dan dilupakan oleh banyak orang di dunia, namun Korea sebagai pusat kreatif drama dan musik yang menyebarkan sensasi dan istilah ikonik K-Pop ke seluruh dunia tidak dapat dihilangkan begitu saja. Jutaan orang dari seluruh dunia masih berdatangan ke Korea untuk menikmati apa yang ditawarkan oleh negara ini. Dan, Anda belum mengenal Korea dan menikmati berbagai sensasi Korean Pop dan Korean Drama sebelum Anda berkunjung ke Seoul, ibukota Korea Selatan yang indah.

Ketika keindahan musim semi telah berlalu dengan tumbuh dan berkembangnya bunga-bunga di pohon ceri, musim panas akan segera tiba, dan dimulailah berbagai kegiatan di seluruh kota dengan berbagai festival dan event-event musim panas yang menarik hati para pengunjung. Para wisatawan akan diajak untuk menikmati paduan teknologi Korea dan kreativitas pop kultur mereka, yang akan membuat mata terbuka dengan kepiawaian Korea yang dapat mengemas paduan budaya, teknologi modern, dan kultur sejarah yang masih erat dijunjung, dengan begitu rapi hingga menjadikannya sangat terkenal. Itulah Korea, dan Seoul menjadi tempat kunjungan pertama yang menarik.



Anyeong Haseo, Seoul!

Biasanya pesawat yang membawa para penumpang dari Jakarta akan mendarat di pagi hari di Bandar Udara Internasional Incheon dan begitu Anda memasuki terminal bandara yang benderang dan gemerlap, Anda langsung dapat merasakan modernitas dan model-model cantik yang menghiasi iklan-iklan produk ternama Korea. Jangan lupa untuk langsung menyalakan koneksi Wi-Fi di smartphone Anda, karena Anda bisa mendapatkannya cuma-cuma di Bandara Incheon, salah satu bandara dengan koneksi internet tercepat di dunia.

Perjalanan selama kurang lebih satu jam akan membawa para wisatawan menuju jantung kota Seoul dan dari tempat inilah Anda dapat mengarungi kota sambil berjalan kaki atau dengan menggunakan transportasi publik bawah tanah berupa kereta listrik cepat yang sangat ekstensif jalurnya. Bagi Anda yang berpergian tanpa ikut paket tur, Seoul bukan kota yang sukar untuk dijelajahi. Ambillah peta wisata cuma-cuma yang bisa didapatkan di berbagai sudut kota ataupun stasiun kereta bawah tanah, dan voila Anda tinggal mengikuti jalur-jalur yang akan membawa Anda ke tempat tujuan.

Selain menawarkan berbagai tempat-tempat historis, jangan lupa untuk berbelanja serta menikmati suasana di kafe-kafe modern yang banyak terdapat di pelosok kota ini. Mayoritas penduduk Korea adalah penggemar kopi dan karena itu, Anda dapat menemukan begitu banyak kedai kopi yang unik sekaligus nyaman untuk sejenak menikmati suasana di sekelilingnya.


Cheonggyecheon
Di tengah-tengah kesibukan kota Seoul yang modern, terdapat sebuah aliran sungai kecil yang begitu bersih dan airnya bening. Cheonggyecheon seakan menjadi oasis di tengah-tengah kota metropolitan ini. Sepanjang sebelas kilometer, aliran air ini melewati beberapa tempat, jembatan, dan juga gedung-gedung pencakar langit yang menjulang. Di musim panas, Cheonggyecheon menjadi tempat bersantai bagi penduduk kota bersama teman dan keluarga dan saat malam menjelang ketika lampu-lampu gedung di sekelilingnya menyala, tempat ini berubah menjadi salah satu sisi teromantis di kota Seoul.


Garosu-Gil
Di sepanjang jalan berjarak tujuh ratus meter ini, pohon-pohon ginko dengan daun-daunnya yang hijau akan meneduhkan daerah di sekitarnya. Inilah Garosu-gil, jalan yang tereletak di daerah Sinsa-dong di distrik Gangnam. Sebuah jalan memanjang menjadi tempat penduduk lokal berbelanja atau sekedar bersantai untuk menikmati suasana di sekitarnya. Jalan Garosu-gil menjadi begitu terkenal karena seringkali menjadi tempat untuk pengambilan gambar film atau drama Korea yang dibintangi oleh aktor atau aktris terkenal. Di sisi lain, jalan ini juga terkenal dengan nama ‘fashion street’ karena banyaknya butik pakaian ala Korea yang modis dan juga toko-toko unik lainnya.

Satu dua kali, pengunjung Garosu-gil akan dikejutkan dengan datangnya bintang drama atau bintang musik Korea terkenal yang juga sedang menikmati suasana musim panas di kota ini. Layaknya pengunjung lainnya, mereka juga berjalan santai dan membaur bersama. Namun, tak heran jika terjadi keributan karena banyak orang yang ingin berfoto bersama mereka.


Seoul N Tower
Terletak di atas sebuah bukit, N Tower terletak di tengah-tengah Namsan Park, oleh karena itu menara telekomunikasi ini disebut dengan singkatan N Tower. Ramai dikunjungi oleh para wisatawan di segala musim, N Tower menampilkan panorama kota Seoul yang indah. Setiap musim berganti pula panorama yang ditampilkan dari atas menara ini.

N Tower juga menjadi tempat bagi para pasangan dari seluruh dunia untuk berkunjung dan melakukan salah satu ritual pop kultur dengan membeli sepasang gembok dan saling mengaitkan, sebagai simbol kesetiaan di antara mereka. Makin lama gembok-gembok yang terkait itu makin bertambah banyak dan menjadikan N Tower semakin terkenal dan menjadi salah satu tempat wisata yang harus dikunjungi di kota Seoul.


Myeong-dong
Rasanya ada yang kurang jika Anda berkunjung ke Seoul tanpa berbelanjan di Myeong-dong, sebuah kawasan perbelanjaan berblok-blok luasnya dan menjadi tempat favorit berbelanja turis-turis asing dari berbagai negara. Dari berbagai macam produk kosmetik hingga barang-barang unik yang bisa jadi tidak didapatkan di luar Korea, dijual di distrik perbelanjaan Myeong-dong ini. Daerah ini juga dihubungkan dengan berbagai jalur kereta bawah tanah hingga memudahkan Anda untuk berkunjung dari manapun Anda berada.


Dongdaemun
Tidak jauh dari Myeong-dong, salah satu tempat perbelanjaan terkenal, Dongdaemun, juga menjadi salah satu tempat favorit para wisatawan asing dan penduduk lokal untuk berbelanja. Di tempat ini, Anda dapat menemukan berbagai hidangan lokal Korea dan semakin malam, tempat ini bak pasar malam yang dipenuhi oleh pengunjung dan pedagang street food. Namun, bukan hanya itu, Dongdaemun juga menjadi pusat bagi Anda untuk mencari berbagai macam produk, mulai dari mode fashion terkini bergaya Korea hingga teh ginseng khas negara ini yang terkenal. Berjalan di tempat ini bisa menjadi pengalaman tersendiri berkunjung ke Seoul.

CafÈ Street in Samcheong-dong
Jalan yang terkenal karena sering menjadi latar belakang dari banyak film dan drama Korea, Café Street di daerah Samcheong-dong menawarkan berbagai kafe-kafe unik yang terkenal dengan interior dan juga tema-temanya. Walau bukan menjadi salah satu tempat kunjungan para turis, jalan ini terkenal karena tiga karakternya yaitu – air, gunung, dan juga keramahan para pramuniaga kafe di sepanjang jalan ini.
Jalan yang sudah cantik ini semakin diperindah dengan keberadaan berbagai rumah tradisional Korea yang berpadu dengan gaya modern dari galeri-galeri seni dan juga kafe-kafe yang unik. Bagi penduduk lokal kota Seoul, inilah daerah tempat bersantai bagi mereka di akhir pekan dan juga di setiap musim.


Gyeongbokgung Palace
Pernah menjadi pusat pemerintahan dari Dinasti Joseon, kota Seoul sendiri dikelilingi oleh lima istana kerajaan sebagai tanda sejarah pemerintahan masa lalu. Gyeongbokgung Palace atau dikenal sebagai ‘istana penuh berkat’ sendiri menjadi istana termegah dan juga terindah yang didirikan pada tahun 1395.

Rasanya ada yang kurang jika tidak berkunjung ke salah satu dari istana ini, namun Geyongbokgung Palace menawarkan begitu banyak kehidupan sejarah masa lalu yang menarik untuk diamati disamping keindahan berbagai sisi dan juga arsitektur dari istana ini.

Di musim panas, antrian para pengunjung akan tampak memenuhi pintu-pintu masuk istana ini, namun kapan pun dan di musim apapun Anda berkunjung ke istana ini, pemandangan indah akan menanti Anda dan tak salah jika Dinasti Joseon membangun istana pusat pemerintahannya di tempat ini.

Seoul menawarkan segala macam atraksi dan juga kemudahan yang didukung oleh fasilitas modern. Daerah-daerah pusat perbelanjaan di kota ini seakan menawarkan pengalaman berbelanja yang berbeda ketika Anda dapat berbaur dengan penduduk lokal lainnya. Di samping itu, penduduk Seoul menjadi masyarakat yang gemar menikmati kuliner bercita rasa negaranya. Sementara berbagai restoran franchise asing dengan mudah ditemuka di kota modern ini, jangan lupa untuk menikmati berbagai menu hidangan Korea yang kaya akan cita rasa. Perjalanan Anda menikmati musim panas di Korea tentunya akan menjadi lebih lengkap dengan menikmati berbagai cita rasa tersebut. Dan, semuanya dimulai dari kota bernama Seoul. dong menawarkan berbagai kafe-kafe unik yang terkenal dengan interior dan juga tema-temanya. Walau bukan menjadi salah satu tempat kunjungan para turis, jalan ini terkenal karena tiga karakternya yaitu – air, gunung, dan juga keramahan para pramuniaga kafe di sepanjang jalan ini.

Jalan yang sudah cantik ini semakin diperindah dengan keberadaan berbagai rumah tradisional Korea yang berpadu dengan gaya modern dari galeri-galeri seni dan juga kafe-kafe yang unik. Bagi penduduk lokal kota Seoul, inilah daerah tempat bersantai bagi mereka di akhir pekan dan juga di setiap musim.


Teks Iman Hidajat | Foto Korea Tourism Organization, Iman Hidajat

LEAVE A COMMENT

BACK
TO TOP