Regenerasi, melanjutkan keturunan merupakan salah satu tujuan dari sebuah pernikahan. Atas dasar itu banyak calon pasangan sudah mulai mempersiapkan diri secara lahir dan batin. Walaupun ada pasangan yang menunda atau memasrahkan kapan diberi momongan, tetapi banyak pula pasangan yang ingin segera mendapatkan keturunan sesudah menikah. Faktor umur menjadi pemicu pasangan untuk segera memiliki anak sebab di atas usia produktif kesuburan akan semakin menurun seiring waktu bertambahnya umur.

Kekhawatiran akan sulit mendapatkan keturunan pun kadang menghantui pasangan yang menikah di rentang usia di atas 35 tahun. Tetapi ada cara yang dapat dilakukan pasangan yang ingin segera menyiapkan dirinya agar segera mendapatkan keturunan. dr. Ni Komang Yeni DS, SpOG yang memiliki jadwal praktek di Rumah Sakit Pondok Indah - Puri Indah Jakarta Barat membagi tips yang bermanfaat bagi pasangan yang ingin segera mendapatkan keturunan dengan langkah berikut ini.

1. Preconceptional check-up
Buatlah janji bertemu dokter untuk memastikan riwayat penyakit secara umum, apakah ada penyakit-penyakit menurun di antara kedua calon pasangan, serta skrining adanya penyakit menular seksual atau penyakit lainnya.

2. Konsumsi asam folat
Perbanyak konsumsi asam folat yang banyak terkandung di berbagai jenis makanan. Senyawa ini sangat penting bagi wanita yang ingin mempersiapkan kandungan bahkan kebutuhannya akan semakin meningkat selama kehamilan. Asam folat mudah ditemukan di berbagai jenis makanan.

Sayur-sayuran: bayam, brokoli, sledri, selada, asparagus, buncis, wortel, kacang panjang dan lobak hijau.
Buah-buahan: alpukat, melon, buah bit, pisang, buah citrus (jeruk nipis, lemon, jeruk bali), tomat dan cantaloupe.
Biji-bijian: biji bunga matahari (kuaci), gandum hingga olahannya dan jagung
Kacang-kacangan: kacang merah, kacang hijau, kacang polong, kacang hitam, lentil, dan kedelai.

3. Stop merokok dan alkohol
Gaya hidup sehat pun menjadi faktor penentu kesuburan seorang wanita. Kebiasaan merokok yang tidak hanya merusak kesehatan juga berpengaruh pada kesuburan. Tidak hanya membahayakan janin, merokok juga dapat menghambat kehamilan, serta alkohol dan obat-obatan terlarang. Menjalani gaya hidup sehat dan berolah raga merupakan kunci pasangan yang ingin segera mendapatkan momongan.

4. Obat-obatan tanpa rekomendasi dokter
Hindari konsumsi obat-obatan tanpa rekomendasi dokter karena dikhawatirkan dapat mengggangu kesuburan. Alangkah baiknya sebelum konsumsi obat berkonsultasi dengan dokter menghindari zat kandungan yang kurang baik yang dapat menyebabkan kehamilan terhambat.

5. Mulai makan makanan sehat
Kebiasaan memakan segala jenis makanan tanpa mengetahui komposisi yang tenyata kurang baik bagi kesuburan sebaiknya segera ditinggalkan. Beralih mengatur pola makanan dengan rajin mengonsumsi makanan sehat tepat untuk mendukung kesuburan rahim.

6. Olah raga secara teratur untuk menciptakan berat badan ideal
Langkah selanjutnya dengan menambah atau mengurangi berat badan hingga mencapai berat badan ideal. Karena berat badan juga berimplikasi pada kesuburan seorang wanita. Melakukan olah raga merupakan cara yang dapat ditempuh untuk memperoleh berat badan yang dianjurkan dokter kandungan yang dapat kamu percayai.

7. Kesiapan finansial
Siapkan rencana keuangan sejak dini mulai dari awal kehamilan, persalinan bahkan hingga masa depan buah hati. Agar buah hati lebih terjamin kehidupannya kelak.



8. Kesiapan mental
Meskipun kesiapan finansial penting, kesiapan mental juga sama pentingnya. Pelajari cara merawat buah hati sejak di dalam kandungan hingga terlahir ke dunia merupakan bagian yang tidak boleh dilewatkan sebagai langkah preventif mencegah ketidaksiapan menghadapi perubahan adanya buah hati di tengah hubungan bersama pasangan.

Foto: Dok. Istimewa

LEAVE A COMMENT

BACK
TO TOP