Teater Koma Membawakan Lakon Baru Berjudul Warisan

Kerap membawakan naskah lama, kini Nano Riantiarno membuat naskah baru dengan judul “Warisan”. Seolah menjawab kerinduan para penonton untuk menyaksikan lakon baru, naskah Warisan yang baru selesai ditulis tahun ini 2017 langsung digarap untuk dipertunjukkan. Lakon yang ber-setting di sebuah panti werdha ini menceritakan kehidupan para lansia dari dua golongan yang dipisahkan tembok besar. Paradoks yang sengaja diperlihatkan N. Riantiarno sebagai realita yang terjadi belakangan ini bahkan sudah sejak dulu.

Dalam konferensi pers yang usai digelar 26 Juli 2017 lalu di Galeri Indonesia Kaya, Grand Indonesia, Jakarta, N. Riantiarno yang didampingi Ratna Riantiarno, Subarkah Hadisarjana dan Adi Pardianto, pihak perwakilan Bakti Budaya Djarum Foundation membeberkan bagaimana proses dalam penulisan naskah Warisan. Serta tantangan yang dihadapi dalam pementasan Warisan dimana para pemain yang kebanyakan berusia pertengahan 20 tahun ke atas harus memerankan lansia yang memerlukan make-up karakter yang kuat. Subarkah sebagai penata rias yang didukung PAC Martha Tilaar mengaku untuk menciptakan karakter lansia bukan hal sepele. Karena wajah masing-masing lansia pun berbeda menurut karakternya.

N. Riantiarno pun menambahkan, apabila pada lakon-lakon yang pernah dipentaskan Teater Koma seperti Opera Ikan Asin atau Opera Kecoa yang bergenre musikal, Warisan tampil tanpa ilustrasi musik maupun tarian. Warisan yang mengisahkan tentang para lansia yang tinggal di sebuah panti werdha yang dipisahkan sebuah tembok tinggi. Satu sisi dihuni para lansia dari kaum berduit dan di sisi lain ditempati kaum lansia miskin. Masih berkaitan konflik bermuatan politik dan kemalangan yang melanda masyarakat lapisan bawah. Perlu digarisbawahi, walau bukan bergenre musikal Nano menyampaikan Warisan akan memberikan kejutan dalam teknik pernindahan set yang patut disaksikan.

Warisan dapat disaksikan mulai tanggal 10 – 20 Agustus 2017 mendatang di Gedung Kesenian Jakarta, setelah membeli tiket yang dijual secara online. Untuk harga bervariasi mulai dari 80.000 – 400.000.

Masih dalam rangka perayaan hari jadi Teater Koma ke-40, pada produksi ke-149 ini Warisan diperankan oleh pemain yang sudah tidak asing seperti Idris Pulungan, Budi Ros, Ratna Riantiarno, Rita Matu Mona, Ohan Adiputra, Ratna Ully, Rangga Riantiarno, dkk. Disutradarai N. Riantiarno dan co-sutradara Ohan Adiputra, tata busana oleh Alex Fatahillah, tata artistik dan cahaya Taufan S. Chandranegara, pimpinan produksi Ratna Riantiarno, pengarah teknik Tinton Prianggoro dan pemimpin panggung Marshal Ariffano.

Foto: Dok. Image Dynamics

LEAVE A COMMENT

BACK
TO TOP