Tips Memilih Catering untuk Pesta Pernikahan

Catering Puspita Sawargi Catering

Ketika hari telah ditentukan, persiapan pun mulai dilakukan, satu hal yang penting untuk Anda perhatikan selain gedung atau tempat pernikahan, adalah catering. Kerap disebutkan dalam beberapa pembahasan mengenai anggaran pesta pernikahan, bahwa catering merupakan salah satu item yang memerlukan biaya cukup besar, bila tak ingin menggunakan kata paling besar. Tak heran, karena sebagai tuan rumah, Anda tentunya ingin memberikan yang terbaik kepada para tamu undangan. Kurang elok rasanya bila hidangan yang Anda sajikan kurang berkenan, padahal mereka telah menyempatkan waktu memenuhi undangan Anda berdua.

Oleh karenanya, telitilah dalam memilih vendor catering. Jangan sampai alokasi dana terbesar Anda memberikan hasil yang tidak maksimal. Berikut beberapa tips yang dapat membantu Anda menentukan vendor catering yang tepat untuk hari pernikahan.

Catering Adhika Catering

  • Survei

Langkah pertama yang harus Anda lakukan memilih beberapa calon vendor catering yang akan Anda gunakan jasanya kemudian. Anda bisa memulai pencarian dengan membuka situs yang menyediakan data vendor-vendor pernikahan. Weddingku.com misalnya. Beragam vendor pernikahan dapat Anda temukan di sini, termasuk vendor catering. Pelajari mereka dengan seksama. Vendor yang memiliki jam terbang tinggi dan review yang baik dari para kliennya, tentu patut Anda pertimbangkan.

  • Buat Janji

Hal kedua yang penting untuk Anda lakukan adalah membuat janji dengan vendor. Kunjungi vendor di kantor mereka, sehingga Anda dapat melihat dan mengamati cara kerja mereka, kebersihan dapur dan kantor, juga kebersihan dan kerapihan para pegawai yang terlibat di dalamnya. Bila Anda penyuka kerapihan dan kebersihan, tentu tak akan merasa nyaman bekerjasama dengan mereka yang tak memperhatikan kebersihan dalam menyediakan makanan untuk para tamu undangan Anda nantinya.

  • Pilihan Menu

Masing-masing vendor catering biasanya memiliki satu atau lebih menu andalan. Hal ini perlu Anda tanyakan sebagai langkah awal dalam mengetahui spesifikasi menu yang mereka miliki. Vendor catering yang menu andalannya adalah selat solo misalnya, dapat diprediksi mereka ahli dalam mengolah menu khas Indonesia. Namun vendor yang menu andalannya bebek peking atau sop tom yam, kemungkinan besar lebih memiliki keahlian di menu oriental. Bagi Anda calon pengantin yang akan menggelar pernikahan bertema tradisi, beberapa vendor catering kerap menyediakan menu khas Indonesia selain beberapa western atau oriental menu yang memang biasa Anda temukan di setiap pesta. Seperti Adhika Catering, Bali Indah Catering,Puspita Sawargi Catering, Dwiputra Catering, juga Sawargi Catering Service. Penting untuk melihat dan mempelajari menu yang memang biasa mereka sajikan. Hal ini untuk menghindari ketidakcocokan antara tema acara dan menu yang disajikan.

  • Pegawai Yang Handal & Memadai

Sebelum Anda menandatangani kontrak kerjasama, pastikan vendor catering yang Anda pilih memiliki pegawai yang memadai. Bukan hanya dari segi jumlah, tetapi juga kapabilitas dan profesionalisme mereka dalam bekerja. Ini akan menentukan apakah mereka sanggup menangani pesta Anda. Diskusikan dengan pihak vendor, apa saja yang Anda butuhkan dan pastikan mereka sanggup menangani semua kebutuhan tersebut.

Catering Adhika Catering

  • Test Food

Penting untuk melakukan test food sebelum Anda menentukan pilihan. Bila waktu yang ada masih cukup panjang, Anda bisa datang ke wedding exhibition dimana vendor catering yang sedang Anda jajaki ikut berpartisipasi di dalamnya. Pada saat pameran setiap vendor catering akan menyiapkan cukup banyak makanan untuk para calon pengantin yang ingin melakukan test food. Namun bila waktunya kurang panjang, jadwalkan bersama vendor untuk melakukan test food. Jangan pernah ambil resiko untuk menentukan satu vendor catering tanpa Anda melakukan test food terlebih dahulu. Terlebih bila menu yang Anda ingin hadirkan tak tersedia.

  • Harga

Terakhir, setelah segala yang Anda butuhkan tersedia, pastikan harga yang ditawarkan sesuai dengan bujet Anda. Bila harganya terlalu tinggi sementara Anda sudah jatuh cinta pada vendor tersebut, cobalah untuk bernegosiasi. Barangkali ada item yang tidak terlalu penting yang dapat dikurangi atau bahkan dihilangkan. Bila masih juga tidak sesuai, ada baiknya Anda melirik vendor catering lain yang harganya sedikit lebih rendah, namun dengan kualitas yang tetap terjaga.

baca juga Wedding Catering Ideas: Manjakan Tamu Dengan 10 Menu Pondokan Eksklusif, Wedding Catering Ideas : Berhemat Bujet Dan Tetap Menyajikan Makanan Favorit

Foto Adit Sastradipradja, Sujanto

LEAVE A COMMENT

BACK
TO TOP