Tips Nyaman Mengunjungi Pameran Pernikahan

Tanggal sudah ditentukan, kedua pihak keluarga pun sudah merestui. Kini saatnya mempersiapkan hari pernikahan. Sebuah hal baru bagi setiap calon pengantin. Meski sebelumnya pernah membantu persiapan pernikahan kakak ataupun sahabat, namun ketika harus mempersiapkan pernikahan sendiri, tak jarang calon pengantin dilanda kebingungan harus memulai dari mana. Mencari vendor misalnya. Tentu bukan hal mudah memutuskan vendor yang tepat, yang mampu mengaplikasikan konsep yang diinginkan pasangan calon pengantin.

Mengunjungi pameran pernikahan merupakan cara yang cukup efektif dalam menemukan vendor. Dengan hanya mendatangi satu lokasi. Anda akan bertemu dengan beberapa vendor sekaligus. Akan tetapi, jangan sampai Anda salah pilih hanya karena lelah sebelum menemukan vendor yang tepat. Karenanya, agar nyaman saat berburu vendor, simak tips berikut ini.

1.Kumpulkan informasi mengenai pameran yang akan didatangi

Penting untuk menggali informasi mengenai pameran pernikahan yang akan Anda datangi. Dapat dilakukan melalui internet dengan mengunjungi situs pameran tersebut. Hal ini untuk memudahkan Anda mengetahui lebih jauh mengenai vendor-vendor pernikahan apa saja yang ada di pameran tersebut. Juga posisi booth vendor selama pameran berlangsung.

2. Buat Listing prioritas

Untuk membantu Anda dan pasangan lebih fokus dan tidak menguras tenaga selama di dalam area pameran, ada baiknya sebelum pergi, buat listing terlebih dahulu, vendor mana saja yang ingin Anda kunjungi.

3. Siapkan daftar pertanyaan

Memang asik mendatangi banyak vendor, namun terkadang itu malah membuat Anda lupa apa saja yang harus ditanyakan kepada para vendor. Oleh karena itu, siapkan daftar pertanyaan bagi masing-masing vendor, seperti paket apa saja yang ditawarkan, harga dari masing-masing paket, fasilitas apa saja yang didapatkan, dan sebagainya. Kritis dan bijak dalam menentukan akan lebih aman daripada menyesal di kemudian hari.

4. Kenakan busana dan alas kaki yang nyaman

Tampil cantik bagi setiap wanita memang wajib, namun tampil cantik dan nyaman jauh lebih penting. Beberapa pameran seperti Jakarta Wedding Festival misalnya, selalu menghadirkan begitu banyak vendor. Busana dan alas kaki yang nyaman dapat membantu Anda lebih leluasa bergerak dan tidak mudah lelah sebelum menemukan vendor yang Anda inginkan. Polo shirt, T-shirt atau kemeja yang mudah menyerap keringat dapat dijadikan pilihan busana. Sementara untuk alas kaki, flat shoes atau bahkan sneakers seperti yang sekarang sedang tren, sangat membantu kenyamanan kaki Anda sehingga tidak mudah lelah.

5. Ajak Orang Tua Atau Salah Satu keluarga

Anda dan pasangan adalah orang yang paling tahu apa yang Anda berdua inginkan, akan tetapi tak jarang keinginan Anda dan keinginan pasangan Anda berbenturan, mengakibatkan adu argumentasi saat menentukan vendor atau sekedar menentukan paket yang ditawarkan. Ada baiknya Anda mengajak orang tua, sahabat, atau salah satu keluarga yang sudah memiliki pengalaman mempersiapkan pernikahan. Orang ketiga ini dapat dijadikan teman diskusi saat menentukan beragam paket dan fasilitas yang ditawarkan vendor, juga dapat menjadi penengah saat Anda dan pasangan tak menemukan titik temu.

6. Bawa air mineral

Membawa air mineral mungkin terdengar sepele. Namun Anda akan memerlukannya, lantaran Anda membutuhkan tenaga yang cukup untuk menyambangi banyak booth yang ada. Dan air mineral adalah asupan nomor satu dan paling mudah dibawa. Air mineral tidak hanya menghapus dahaga tetapi juga memberikan cadangan oksigen yang cukup bagi tubuh.

7.Sempatkan melihat fashion show atau talk show

Di beberapa pameran tersedia panggung yang kerap menghadirkan fashion show, talk show, demo make-up atau acara lainnya. Bila acara tersebut dibuka untuk umum, sempatkan untuk melihatnya. Selain Anda dapat beristirahat sejenak, acara yang biasanya menampilkan vendor yang ada di pameran tersebut dapat memberikan inspirasi dan membantu Anda memutuskan gaun, kebaya, atau make-up artist mana yang lebih sesuai untuk Anda.

8.Siapkan tas untuk brosur

Mengumpulkan data vendor sebanyak-banyaknya untuk perbandingan adalah langkah yang cermat. Hal itu membuat Anda mendapatkan vendor idaman sesuai budget. Agar tidak tercecer atau hilang, sebaiknya sediakan tas yang memang khusus diperuntukan untuk berbagai brosur.

9. Waspada akan tindak kriminalitas
Meski sudah dijaga ketat oleh security gedung atau penyelenggara, di tempat keramaian ada saja kemungkinan orang berniat tidak baik. Karenanya, tak ada salahnya Anda tetap waspada dan menjaga barang-barang Anda tetap dalam jangkauan. Siap hati-hati selalu diperlukan demi menjaga keungkinan dari kehilangan barang berharga.

Demikian tips dari kami. Semoga persiapan Anda berjalan lancar dan pesta pernikahan pun berlangsung sukses.

Foto: Dok. Weddingku

LEAVE A COMMENT

BACK
TO TOP