message

Top Questions: Perencanaan Pernikahan di Tengah Covid-19

 

Foto: Freepik


"Bagaimana rencana pernikahan saya bulan ini, ya?"


Bagi Anda yang sedang mempersiapkan pernikahan atau yang sudah memiliki jadwal menikah pada masa-masa Covid-19 ini, pasti memiliki banyak pertanyaan yang berkecamuk di benak Anda. Namun apa daya, virus yang masih tergolong baru dan belum ada obatnya ini memang memaksa kita untuk tidak melakukan apa-apa dulu untuk sementara waktu. Lalu, bagaimana dengan persiapan pernikahan Anda? Cek beberapa pertanyaan dan jawaban berikut ini, siapa tahu bisa mejawab pertanyaan Anda dan pasangan.


Q: Pernikahan saya dijadwalkan bulan April ini, apakah harus dibatalkan atau bagaimana?
A: Sebaiknya jangan membatalkan pernikahan, namun tundalah untuk sementara waktu hingga kondisi kembali aman seperti semula.


Q: Apakah saya harus mengumumkan penundaan pernikahan saya yang harusnya dilakukan pada bulan April ini?
A: Hal ini sangat perlu dilakukan untuk mengabarkan semua tamu undangan pernikahan Anda. Contoh yang sudah melakukan hal ini adalah selebriti Jessica Iskandar dan Bunga Jelitha. Mereka berani mengumumkan penundaan resepsi pernikahan pada bulan Maret dan April ini.


Q: Kapan saya bisa merencanakan kembali pernikahan saya?
A: Sebaiknya untuk saat ini, Anda perlu menunggu keadaan kembali baik terlebih dahulu, barulah Anda bisa menyusun ulang rencana pernikahan. Jangan gegabah mengambil keputusan pada masa ini.


Q: Bagaimana jika pernikahan saya masih di bulan September 2020?
A: Jika pernikahan Anda masih di bulan September, maka lakukanlah persiapan seperti biasa. Jangan lupa selalu berkomunikasi dengan vendor pernikahan terkait melalui alat komunikasi jarak jauh yang ada saat ini. Berharaplah semoga keadaan cepat pulih seperti sedia kala.


Q: Bagaimana kami sebagai vendor pernikahan ingin memberikan informasi mengenai keadaan saat ini kepada beberapa klien kami?
A: Media sosial saat ini sangat berpengaruh besar memberikan informasi dengan cepat. Maka sering-seringlah update informasi terkini mengenai hal yang ingin disampaikan.


Q: Apakah sopan jika saya memberitahukan penundaan pernikahan saya melalui pesan digital kepada seluruh tamu undangan?
A: Sangat dianjurkan bagi Anda untuk melakukan hal tersebut untuk saat ini, demi menjaga hubungan tetap baik namun juga tetap menjalankan anjuran social distancing yang dianjurkan pemerintah demi mengurangi penyebaran virus corona.


Q: Jika saya menunda pernikahan saya sekarang, lalu kapan waktu yang tepat untuk saya melakukan pernikahan kembali?
A: Tentunya melihat situasi sudah aman dan mengikuti anjuran dari pemerintah. Maka, bersabarlah.


Q: Saya memiliki jadwal pemotretan pre-wedding di Italia pada bulan April ini, apa yang harus saya lakukan?
A: Kemungkinan terbesar yang harus Anda lakukan adalah menunda jadwal tersebut setidaknya hingga akhir Mei. Jadi, tunggulah hingga wabah corona benar-benar hilang.


Q: Jika pernikahan saya ditunda, bagaimana saya melunasi pembayaran vendor pernikahan?
A: Hal ini perlu dibicarakan kembali dengan vendor-vendor terkait, bagaimana baiknya. Kemungkinan batas pelunasan pembayaran Anda juga akan diundur.


Q: Apakah bisa saya tetap melaksanakan pernikahan di saat-saat seperti ini dan menunda resepsi pernikahannya nanti setelah kondisi sudah kembali kondusif?
A: Bisa! Namun, Anda dianjurkan untuk mengundang keluarga inti saja dan tetap memberlakukan aturan yang sudah diberitahukan oleh pemerintah, seperti tidak bersentuhan dan memberi jarak, menyediakan hand sanitizer, jika ada yang sakit maka tidak perlu menghadiri pernikahan, jagalah kebersihan lingkungan dan perhatikan juga durasi pernikahan karena yang terpenting sah-nya, bukan?


Semoga bermanfaat!

Serba-serbi Pernikahan, Health, Covid19

LEAVE A COMMENT


BACK
TO TOP