Tradisi Pernikahan Bali

Bagi masyarakat Bali, pernikahan merupakan momen penting. Sebab pada saat itu, pasangan yang sudah menikah mendapat status menjadi warga penuh dari masyarakat. Selain itu, mereka juga memperoleh hak dan kewajiban sebagai warga komuniti dan kelompok kerabat.

 

Pancaran Agung Busana PENGANTIN BALI

  by 

Julukan Pulau Dewata memang pantas disandang oleh Bali. Para dewa seperti tak pernah kehabisan ide untuk membuat Bali begitu cantik dan menarik dari segala sisi. Keindahan dan keagungan yang membaur. Salah satunya terwujud dalam busana pengantin. Busana yang identik dengan keagungan kerajaan di Bali ini memancarkan pesona yang menarik mata untuk terpaku memandang.

 

Ngekeb, Prosesi Mempercantik Diri

  by 

Ritual siraman tidak hanya dikenal oleh masyarakat Jawa, di pulau Bali pun memiliki adat serupa yang disebut ngekeb. Upacara ini umumnya dilaksanakan sehari jelang pernikahan agar keesokan hari mempelai wanita tampil mempesona di hadapan mempelai pria. Bagaimana rahasia cantik wanita Bali di hari pernikahannya, simak artikel berikut.

 

Hikayat Wastra Ranah Dewata-Bagian Kedua

  by 

Bali tidak hanya dipuji dengan keelokan alamnya, Bali juga memiliki kain beraneka rupa dan motif. Kain yang dipakai sebagai pendukung pelaksanaan ritual keagamaan dan adat, tanpa disadari telah mencuri perhatian dengan keunikannya. Buktinya banyak desainer yang gencar memakai kain Bali sebagai bahan utamanya.


Go to top