Tradisi Pernikahan Betawi

Betawi - Jakarta

Tata Rias dan Aksesoris Adat Pengantin Betawi

Betawi, suku asli kota Jakarta ini memiliki budaya yang merupakan perpaduan berbagai etnik, mulai dari Cina, Arab, dan India. Sentuhan budaya Cina terlihat pada ornamen naga emas, burung hong, serta motif bunga yang hadir sebagai aksesori kepala pengantin wanita dan busana. Sementara busana pengantin pria yang menyerupai gamis atau jubah merupakan adaptasi dari budaya Arab dan India.

  by Setia Bekti
 

Prosesi Pernikahan Adat Betawi

Masyarakat Betawi memiliki ragam tata cara pernikahan dengan karakteristik yang cukup unik. Dialog spontan, rileks dan terkesan ceplas ceplos menjadi salah satu ciri khas yang bukan hanya menarik minat untuk diikuti tetapi juga penuh dengan makna. Berikut kami paparkan beberapa tata cara adat pernikahan yang masih sering dilakukan oleh masyarakat Betawi.

  by Setia Bekti
 

Prosesi Tande Putus, Bukan Berarti Hubungan Cinta Pun Putus

Kesenian lenong, ondel-ondel ataupun musik tanjidor ialah beberapa di antara ikonik budaya Betawi yang cukup dikenal luas. Untuk menambah pengetahuan tentang budaya Betawi, ada salah satu prosesi pernikahannya yang tidak kalah uniknya, yakni tande putus. Dalam pelaksanaannya, berbagai pokok persoalan dibicarakan demi tercapai kesepakatan antar kedua pihak keluarga. Untuk mengetahui apa saja yang dibicarakan, mari simak ulasan berikut ini.

  by Mery Desianti
 

Palang Pintu, Tradisi yang Menghibur Sekaligus Sarat Makna

Betawi ialah penduduk asli Jakarta, namun kini warganya sudah banyak yang menepi keluar dari Jakarta. Jakarta yang tidak lama lagi menginjak usia ke-486, menjadi saksi bisu bagaimana warga Betawi menjalani ritme kehidupan mulai dari lahir hingga menikah. Berikut ini kami sampaikan satu dari beberapa prosesi pernikahan adat Betawi, yakni prosesi palang pintu.

  by Mery Desianti

BACK
TO TOP

Klik "Ya" Untuk Mendapatkan Update Promo Terbaru Dari Weddingku!