Tradisi Pernikahan Solo

Solo

 

Kembali Normal! Ini Simulasi Akad dengan Adat Jawa Solo Terbaru

Berdasarkan Keputusan Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Jakarta (2022), kapasitas tamu akad dibatasi sebesar 20% dari kapasitas ruangan, dengan maksimal 30 tamu dan wajib menggunakan aplikasi Peduli Lindungi. Sesi makan dan minum ditempat juga masih belum diperbolehkan.

  by Andrea Priscillia
 
 

Busana Pengantin Solo Basahan

Keindahan yang mengandung sejuta makna agung. Demikian busana pengantin Solo Basahan, yang merupakan warisan Keraton Kasunanan Surakarta dan Mangkunegaran ini. Harmoni yang terbentuk antara kebaya dengan kain, ataupun lembar demi lembar kain yang melilit tubuh, menghadirkan keagungan seorang putri raja dengan beragam pesan yang dibawa dalam meniti kehidupan selanjutnya.

  by Setia Bekti
 

Tata Rias Pengantin Solo Basahan

Tak hanya pada busana, keindahan rupa dan makna juga tersirat dari tatarias pengantin Solo Basahan. Setiap guratan, setiap ornamen yang tertanam menghadirkan keagungan arti sebuah karya anak bangsa.

  by Setia Bekti
 

Prosesi Pernikahan Adat Jawa Solo

Menikah merupakan salah satu peristiwa istimewa. Tak heran dalam banyak tradisi di negeri ini, hal tersebut kerap dirayakan dengan rangkaian upacara adat yang sakral dan suci. Salah satunya budaya Jawa Tengah, khususnya Solo. Seperti apa? Yuk, telusuri lebih jauh.

  by Setia Bekti

BACK
TO TOP