message

Tata Rias adat Batak

by   3k

Unik, khas, dan mampu mencuri perhatian. Begitulah tampilan tatarias pengatin wanita  Batak Karo. Kerunikan yang sama juga dapat ditemui pada pengantin prianya. 

Tata Rias Pengantin Wanita Batak Karo

Keunikan bentuk tudung kepala pengantin wanita Batak Karo menjadi suatu penanda yang sangat khas dan mampu mencuri perhatian. Tudung kepala yang dibentuk dari ulos atau uis jujung-jujungan dengan ragam hias geometris yang melambangkan kekeluargaan dan kegotongroyongan, dihiasi dengan sertali layang-layang bermotif daun pakis di bagian depan, melambangkan ikatan kekeluargaan yang sangat kuat. Aplikasi kodang-kodang yang menyerupai anting-anting besar, di sisi kanan dan kiri tudung, semakin memperindah keunikan yang tercipta.

 

Pengantin Pria Batak Karo

Seperti pengantin wanita, tutup kepala pengantin pria Batak Karo pun dibentuk dari ulos atau uis nipes beka buluh yang juga bercorak geometris. Sertali rumah-rumah kitik tersemat di bagian depan penutup kepala. Kalung surtali tanduk kerbau (rumah-rumahan) yang  tergantung di dada turut melengkapi keindahan sebuah tradisi.

Foto Timur Angin

Model Anti, Nico

Tags : traditional attire, tradition, Batak, Batak, Tatarias

BACK
TO TOP