10 Kesalahan Saat Menyiapkan Honeymoon

  24 Juli 2012     Novi Rahayu

Semua pasangan pasti setuju, bahwa perjalanan honeymoon haruslah berkesan dan spesial. Berbagai kegiatan seperti berjemur dibawah teriknya mentari, menenggelamkan kaki dipasir hangat pantai, menjauhi keramaian dan relaksasi di tengah tenangnya pesona hutan dan sungai, atau menjelajahi arsiktektur lampau, menelusuri perjalanan sebuah kota bersejarah dan mungkin menemukan jalan setapak yang pernah hadir dalam mimpi terdalam Anda.

Dimanapun tujuannya, pastikan Anda telah menyiapkan perjalanan tersebut secara tepat. Berikut kami hadirkan beberapa kesalahan kecil dan besar saat di mulai mempersiapkan perjalanan honeymoon untuk pertama kalinya. 

1. Pesan Tiket Pesawat Pagi Hari Setelah Resepsi
Beruntung jika Anda menggelar pesta resepsi pada siang hari, jadi sore dan malamnya Anda dapat beristirahat sembari menyiapkan perlengkapan untuk perjalanan di pagi keesokan harinya. Namun, jika Anda telah menyiapkan pesta pada malam hari, pastikan Anda tidak terlambat untuk mengejar pesawat pada keesokan harinya.

2. Tidak Menyiapkan Alat “Pengaman”
Mungkin ini terdengar aneh, namun bagi Anda yang masih ingin menikmati masa newlyweds. Apakah Anda telah menyiapkan kondom dalam tas honeymoon? Bila belum, maka persiapkanlah. Diperjalanan inilah Anda dapat menikmati waktu hanya berdua dengan pasangan, selain mengenal satu sama lain, Anda juga bebas mencoba berbagai manuver yang dapat membuat Anda dan pasangan tak mau pergi dari tempat peraduan.

3. Backpack Untuk Honeymoon? Pikir Lagi!
Menikmati waktu berdua untuk pertama kalinya dan memutuskan untuk berdiam lebih lama di dalam kamar merupakan pilihan bulan madu yang mungkin saja Anda cari. Bila hal ini yang akan dilakukan selama melakukan perjalanan honeymoon, maka keputusan untuk honeymoon dengan cara backpack merupakan hal yang tidak dianjurkan. Persiapkan akomodasi dengan cermat, pastikan kamar yang Anda tinggali nyaman. Jika pulau dewata menjadi tujuan honeymoon Anda, berbagai paket kamar di sini dapat memberikan kenyamanan dengan fasilitas bertaraf internasional.

4. Tidak Menyusun Budget
Sebelum memutuskan untuk pergi, pastikan Anda telah menyusun daftar budget dan pengeluaran untuk dihabiskan pada perjalanan honeymoon. Hitung biaya makan perhari, biaya transportasi selama di destinasi tujuan, biaya untuk masuk ke tempat – tempat pariwisata dsb. Usahakan untuk selalu menggunakan cash, bila tidak ingin tabungan Anda terkuras sepulang dari honeymoon.    

5. Mengandalkan Orang Lain Untuk Menyiapkan Perjalanan
Honeymoon merupakan sepenuhnya perjalanan Anda dan pasangan. Jika ini kali pertama Anda menyiapkan perjalanan, maka tak perlu khawatir, cari tahu segalanya lewat internet, teman yang telah mengunjungi destinasi tersebut atau bisa juga konsultasi dengan agen perjalanan. Harap diingat, ini adalah perjalanan Anda berdua, bila terjadi hal yang tidak diharapkan, Anda bisa mengevaluasi tanpa harus menyesal dan menyalahkan orang lain.

6. Tidak Percaya Murahnya Paket di Agen Perjalanan
Jika Anda dan pasangan adalah first traveler, tidak jadi masalah jika menyiapkan segalanya serba sendiri. Namun tidak ada salahnya jika mulai melihat-lihat juga agen-agen perjalanan terkemuka di kota Anda. Biasanya mereka telah bekerjasama dengan hotel dan agen perjalanan dalam kota yang dituju untuk memberikan paket lebih murah daripada Anda harus mencarinya sendiri ketika tiba di kota tujuan. 

7. Haruskah Melakukan Semuanya Berdua?
Jawabannya adalah tidak harus loh. Pergi kemana-mana berdua memang menjadi tujuan utama dalam perjalanan honeymoon, namun pernahkah terlintas dipikiran bahwa melakukan perjalanan terpisah akan lebih seru. Menjelajah, get lost dan menemukan tempat yang tidak diduga sebelumnya, merupakan inti dari traveling. Dan ketika malam hari Anda berdua tiba di hotel, berbagai pengalaman satu hari takkan ada habisnya diceritakan kepada satu sama lain. Apakah Anda honeymooners sejati ataukah honeymooner slash traveler?

8. Perjalanan Diatur Oleh Orang Tua
“Jangan kesana, terlalu mahal. Paket tersebut sangat mahal, cari paket yang lain. Cari paket ekonomi saja lah. Buat apa pesan hotel mahal, toh hanya untuk tidur saja kan?”
Itulah kira-kira beberapa kalimat yang bisa Anda dapatkan. Bukan karena Anda telah menikah dan menghiraukan opini orang tua. Namun, perjalanan honeymoon haruslah berkesan. Jika budget Anda dapat memenuhi segala kebutuhan elegan selama Anda diperjalanan honeymoon, jangan paksakan kehendak dari orang tua Anda, karena yang merasakan nikmatnya akomodasi adalah Anda dan pasangan kan? 
 
9. Terlalu Banyak Masukan Dari Pihak Lain
Mengkonsultasikan dengan banyak orang tentang destinasi tujuan, wajib hukumnya. Setelah mendapatkan banyak masukan, rangkum menjadi beberapa pilihan. Jangan sampai Anda bingung menentukan pilihan sendiri nantinya ketika semua masukan telah diterima. Semua hal tetap menjadi keputusan Anda berdua.

10. Tidak Berkonsultasi Dengan Travel Agent
Carilah agen perjalanan yang telah terpercaya di kota ataupun menurut kerabat Anda. Konsultasikan destinasi yang ingin dikunjungi dan tanyakan paket apa saja yang ditawarkan oleh agen perjalanan tersebut. Alih-alih kebingungan mengurus segala tetek bengek sebelum perjalanan, dengan menggunakan agen niscaya pengurusan visa ataupun passport akan jauh lebih terbantu daripada harus mengurusnya sendiri. 

Teks Novi Rahayu Main & Mid Photo Antheia Photography & Last Photo Little Collins Pictures

Leave a comment