Groom's Style: Tuxedo atau Jas Biasa?

Banyak orang awam yang kesulitan membedakan mana tuksedo dan mana jas yang bisa dkenakan untuk rapat di kantor atau jas yang biasa ia kenakan saat pesta.

Seorang teman pernah bercerita kalau dirinya pernah menjadi bahan tertawaan teman-teman sekantornya ketika ia mengenakan jas yang ia kenakan saat menikah setahun lalu dalam sebuah rapat kantor yaitu jenis tuksedo. Agar kejadian ini tak terulang dan terjadi pada diri Anda, penting untuk mengetahui detail yang biasa dimiliki oleh tuksedo.

Beberapa desain tuksedo
1. TUXEDO LINING
Perbedaan yang paling mendasar antara jas pengantin dan jas biasa terletak pada bagian kerah yang akan tampak hingga bagian depan. Jas biasa tidak memiliki tuksedo lining yang lebih glossy.di rumah-rumah mode yang mengandalkan kualitas, tuxedo lining dibuat dari bahan khusus, bukan dari bahan satin. Meski terlihat hampir sama, tampilan jas akan jauh berbeda.

2. HEM DENGAN WING COLLAR
Penggunaan tuksedo akan lebih maksimal keanggunannya, kemeja yang paling sesuai adalah kemeja dengan wing collar di bagian kerahnya.

3. BOW TIE ATAU ARISTOCRAT TIE
Setelah memilih kemeja yang tepat, sekarang langkah selanjutnya adalah memilih dasi yang sesuai untuk kemeja seperti ini. untuk dasi, pilihannya jatuh pada Bow Tie atau Aristocrat Tie yang membeir kesan elegan pada pemakainya. Untuk warna dasi biasanya disesuaikan dengan warna tuksedo dan sebagian besar karena pilihan warna tuksedo masih pada warna hitam, maka warna hitam atau abu-abu masih menjadi pilihan utama warna dasi.

4. VEST ATAU CUMMERBAND
Vest atau cummerbund adalah aksesori pakaian yang paling sering digunakan ketika seseorang mengenakan tuksedo. Vest atau rompi dengan bahan yang senada dengan tuksedo atau disesuaikan dengan dasi yang dikenakan. Untuk cummerbund atau aksesori yang menyerupai obi ini digunakan untuk menutupi bagian pinggang dari celana.

KEUNTUNGAN DAN KERUGIAN DARI JAS SEWAAN
Disaat persaingan bisnis yang sangat ketat, banyak sekali perusahaan tailor yang menyediakan jas-jas pengantin dengan system sewa, bahkan disediakan dengan harga paket. Sebenarnya tidak ada yang salah dengan cara penjualan seperti itu. Dengan harga yang lebih ekonomis, calon pengantin sudah dapat memilih jas pengantinnya. Tapi system semacam itu memiliki kelebihan dan kekurangannya. Selain memiliki kelebihan dari segi harga yang bisa dikatakan lebih ekonomis, jas sewaan tentunya tidak membutuhkan tindakan perawatan dan penyimpanan.

Sedangkan untuk kekurangan mengenai jas sewaan antara lain dengan harga yang lebih ekonomis, calon pengantin biasanya hanya ditawarkan beberapa jenis bahan yang tersedia saja. Untuk karakter tubuh yang kurang proporsional, harus banyak penyesuaian yang harus dibuat. Beberapa karakter tubuh pun tidak dapat menemukan jas pengantin yang tepat, contohnya bagi mereka yang berbada kurus tinggi atau terlalu gemuk.

Sangat disarankan untuk hari pernikahan yang merupakan momen terpenting dalam hidup Anda, jangan sembarangan memilih jas pengantin. Hanya karena alasan menghemat bujet, baju dengan bahan, model, atau ukuran yang seadanya tetap Anda pakai.

Text by Fitri Harini
Main Image: Doc. Weddingku

LEAVE A COMMENT

BACK
TO TOP