5 Pertanyaan Penting Saat Memilih Gedung Pernikahan

Pernikahan Vanessa dan Indra | Foto: Alexo Pictures

Selamat! Anda dan pasangan telah menentukan tanggal pernikahan, tanggal istimewa yang akan diingat Anda berdua seumur hidup. Lalu saatnya menemukan tempat resepsi pernikahan Anda sekarang. Jika Anda sudah menemukan tempat pernikahan yang Anda berdua impikian dan sangat menginginkan untuk menjadi tempat mengikat janjia setia, tapi masih ada beberapa pertanyaan yang ingin Anda pastikan. Lalu, pertanyaan-pertanyaan apa saja yang akan Anda tanyakan kepada pengelola venue pernikahan di gedung tersebut?

Jangan kawatir untuk menanyakan pertanyaan apapun dengan detail untuk mendapat jawaban yang memuaskan. Ingatlah bahwa pesta pernikahan adalah pesta seumur hidup Anda, jadi Anda bersama pasangan pun harus nyaman menyelenggarakan pesta pernikahan di tempat yang Anda inginkan. Simak ulasan pertanyaan berikut ini ya.

Pernikahan Bonita dan Rizaldi | Foto: Memorize | Venue: Hallf Pati Unus

Berapa kapasitas maksimum tamu undangannya?

Bukan hanya luas gedungnya yang harus Anda ketahui, tapi Anda juga perlu menghitung berapa kapasitas tamu undangan yang mampu di tampung oleh gedung tersebut. Bila Anda tak menambahkan meja-meja, mungkin akan mampu menampung lebih banyak tamu dari pada menambahkan meja-meja di dalam gedung tersebut.

Venue: Hotel Bidakara Jakarta

Berapa penawaran harga gedung pernikahan dan mencakup apa saja?

Hal ini sangat penting Anda tanyakan karena berhubungan dengan budget yang Anda siapkan dan Anda miliki. Jangan sampai harganya melebihi budget yang Anda siapkan. Jangan lupa untuk menanyakan harga pajak, apakah sudah termasuk penawaran awal atau belum. Kalau belum berarti Anda perlu menambahkan harga pajak kira-kira 10-20 persen dari harga gedung. Penting juga untuk menanyakan ruang mana saja yang bisa digunakan apakah hanya satu gedung atau ada tambahan taman atau ruang lainnya.

Pernikahan Sabrina dan Andri | Foto: Limo Photography | Venue: Aston Priority Simatupang Hotel & Conference Center

Apakah ada vendor rekomendasi dari gedung pernikahan?

Anda harus menanyakan pertanyaan ini karena biasanya gedung pernikahan menjalin kerjasama dengan beberapa vendor lain seperti dekorasi, katering atau vendor pernikahan lainnya. Pastinya vendor yang bekerjasama sudah terbukti kualitas dan profesionalitasnya. Jadi, Anda tidak perlu susah-susah lagi mencari vendor untuk pernikahan Anda tersebut.

Pernikahan Granzetta dan Adit | Foto: Amorphotoworks | Venue: The Tribrata

Ada larangan apa saja?

Misalnya Anda ingin memakai banyak lilin atau ingin menggunakan drone untuk mendokumentasikan pernikahan Anda atau juga Anda ingin menggunakan kembang api sebagai hiburan di pesta pernikahan. Beberapa keinginan tersebut menyangkut ketenangan umum. Anda harus menanyakan apakah gedung tersebut memperbolehkan penambahan keinginan Anda tersebut karena beberapa tempat melarangnya dengan alasan mengganggu ketenangan umum.

Pernikahan Nazella dan Raviali | Foto: Amorphotoworks | Venue: The Tribrata

Apa saja yang termasuk dan tidak termasuk dalam penawaran harga?

Apakah harga yang Anda setujui tersebut hanya untuk gedung pernikahan saja atau sudah termasuk pajak, termasuk dekorasi, termasuk katering, staf dan lainnya. Semua harus jelas Anda ketahui dari awal sehingga Anda tahu yang mana yang akan ditambahkan yang mana yang sudah tidak perlu Anda kerjakan.

LEAVE A COMMENT

BACK
TO TOP