Gelar Batik Nusantara 2015, Batik Pemersatu Bangsa

Batik merupakan salah satu kekayaan budaya Indonesia yang juga diakui oleh dunia. Untuk mengembangkan dan melastarikannya, Yayasan Batik Indonesia (YBI) kembali mengadakan Gelar Batik Nusantara 2015. Tahun ini, acara yang diadakan untuk ke-9 kalinya ini, mengusung tema “Batik, Pemersatu Bangsa”.

Perhelatan yang dilaksanakan pada 24-28 Juni 2015 di Assembly Hall, Plenary Hall dan Main Lobby Jakarta Convention Center (JCC) ini, merupakan ajang promosi batik terbesar dan terlengkap. Berbagai macam jenis kain batik maupun aplikasi lainnya akan dengan mudah ditemui. Tahun ini yang menjadi ikonnya adalah batik yang berasal dari Indonesia Timur.

"Kita akan menampilkan batik-batik dari wilayah Indonesia Timur," ucap Ratna Joko Suyanto, ketua Yayasan Batik Indonesia, ketika jumpa pers Gelar Batik Nusantara di Kementrian Perindustrian, Jakarta Selatan, Rabu (17/6/2015). Nantinya Gelar Batik Nusantara 2015 juga akan dimeriahkan oleh berbagai acara yang sarat edukasi mengenai batik setiap harinya. Muali dari talk show perlindungan batik, bedah buku batik, hingga cerita mengenai batik.

Selain itu, ada 14 desainer ternama yang akan turut memeriahkan acara tersebut. Di antaranya seperti Danar Hadi, Parang Kencana, Carmanita, Ghea Pangabean, Lenny Agustin, Barli Asmara, Didiet Maulana. Gelar Batik Nusantara 2015 diharapkan dapat lebih memperkenalkan batik sebagai ikon nasional yang bisa mewakili Indonesia, baik dalam ataupun luar negeri.

Foto Vaesy

LEAVE A COMMENT

BACK
TO TOP