Masjid-masjid Untuk Akad dan Resepsi (I)



Harapan akan pernikahan yang penuh berkah dan tentunya restu dari berbagai pihak dilayangkan oleh banyak pasangan yang mengadakan akad nikah maupun resepsinya di dalam sebuah masjid. Masing-masing masjid pun menetapkan ketentuan dan pelaksanaannya masing-masing. Beberapa informasi dari masjid-masjid ini kami rangkum untuk Anda.

Masjid Agung Sunda Kelapa


Dalam Masjid Agung Sunda Kelapa, terdapat dua ruangan yang dapat digunakan untuk keperluan pernikahan yaitu, Ruang Ibadah Utama dan Aula Sakinah . Ruang ibadah utama hanya tersedia untuk acara akad nikah selama 1 jam, sedangkan untuk Aula Sakinah Anda dapat melangsungkan akad nikah dilanjutkan dengan resepsi. Berikut ketentuan penggunaan kedua ruangan ini:

Ruang Ibadah Utama

Ruang ibadah utama ini hanya dapat digunakan untuk proses akad nikah selama 1 jam. Biaya sewa yang dikenakan sebesar Rp 3.500.000 (berlaku untuk acara di hari senin hingga minggu) dan calon pengantin diwajibkan membayar booking fee sebesar 50%. Sedangkan untuk fasilitas, calon pengantin akan mendapat:
- Sound System dengan 4 microphone (3wireless, 1 kabel)
- 1 unit meja penerima tamu
- meja dan kursi akad nikah dilengkapi taplak
- permadani
- petugas kebersihan
- Air Conditioner (AC)
- kursi sungkeman 6 unit

Untuk penggunaan ruang ibadah utama ini, ada beberapa ketentuan yang juga harus diikuti oleh calon pengantin, antara lain
- tidak dibenarkan menghias ruangan, membunyikan alat musik atau sejenisnya.
- tidak dibenarkan makan, minum dan merokok di dalam ruangan

Aula Sakinah

Ruangan Aula Sakinah memiliki kapasitas untuk menampung maksimum 700 orang tamu. Dalam ruangan ini, Anda juga dapat melangsungkan akad nikah dengan menambahkan biaya sebesar Rp. 2.500.000. Untuk melangsungkan resepsi pernikahan, Anda diwajibkan membayar sewa sebesar Rp. 10 juta (Hari Jumat-Minggu) atau Rp. 7.500.000 (Hari Senin-Kamis). Selain ruangan di dalam aula, Anda juga dapat menambah kapasitas tamu dengan menyewa lapangan yang berada di depan aula dengan membayar sebesar Rp. 300.000. Anda juga dapat memilih waktunya, yaitu pagi hari (pukul 07.00 s/d 14.00 WIB) atau malam hari (pukul 15.00 s/d 22.00WIB).

Aula Sakinah yang berada di Masjid Agung Sunda Kelapa ini memiliki fasilitas-fasilitas yang dapat dinikmati oleh calon pengantin, antara lain:
- Ruang ibadah untuk akad nikah selama 1 jam
- Kursi tamu (plus cover) 150 unit
- Kamar rias, 2 ruangan (pria dan wanita) ber AC
- Air Conditioner (AC)
- Sound system (plus 2 microphone)
- Meja penerima tamu, 2 unit
- Karpet jalan 40 meter
- Panggung
- Petugas keamanan
- Petugas kebersihan
- Dapur (pantry)
- Izin keramaian

Untuk penggunaan ruangan Aula Sakinah, ada beberapa ketentuan yang harus diikuti oleh calon pengantin:
- Dalam menghias/ mendekorasi ruangan, tidak dibenarkan memaku tembok, pintu, dll yang sifatnya merusak. Apabila kedapatan melakukakn hal tersebut, maka pihak pengelola gedung berhak meminta ganti rugi atas kerusakan tersebut.
- Jika acara dilaksanakan pagi/ siang hari, diperbolehkan menghias/ mendekorasi ruangan pada malam hari (setelah pukul 24.00 WIB)
- Tidak dibenarkan merokok di dalam ruangan.

Masjid Akbar Kemayoran


Masjid akbar Kemayoran memiliki Ruang Serba Guna ( RSG ) yang dapat digunakan untuk acara akad dan resepsi pernikahan dengan kapasitas ruangan 1000 - 1500 orang. Kondisi ruangan semi outdoor tanpa Air Conditioner ( AC ). Ruangan ini dapat digunakan pagi hari pukul 08.00 – 14.00 WIB dan malam hari pukul 16.00 – 22.00 WIB. Bila calon pengantin ingin menggunakan ruangan ini untuk akad dan resepsi pernikahan, cukup dengan menyediakan infaq sebesar Rp. 2.750.000 (Hari Senin hingga Jumat) atau Rp. 3.000.000 (untuk akhir pekan atau hari libur).

Adapun untuk fasilitas yang dapat dimanfaatkan oleh calon pengantin, antara lain:
- Ruang Serba Guna
- Kursi Lipat 200 buah
- Karpet Jalan
- Sound System + Operator
- Ruang Rias ber AC ( 2 ruang )
- Panggung Permanen
- Ruang Catering
- Petugas Kebersihan dan Keamanan
- Toilet

Masjid Albina


Aula Masjid Albina dapat digunakan untuk acara resepsi pernikahan, gathering, dan acara yang bersifat keagamaan. Aula masjid Albina mempunyai ukuran 36 m x 25 m (Aula) dan 7,5 m x 19 m (Koridor Aula) yang dapat menampung 700 - 1000 orang standing. Waktu penggunaan Aula Masjid Albina Gelora Bung Karno di tentukan sebagai berikut : Pagi : jam 08.00 s/d 14.00 Malam : jam 17.00 s/d 23.00. Aula Masjid Albina menyediakan fasilitas :
- Ruang Ganti/Rias
- Pantry/Saji
- Sound System
- Genset
- Kursi
- Meja Tamu
- Toilet
- Parkir yang luas.

Aula Masjid Albina dapat disewa dengan menyediakan budget Rp. 9.350.000 untuk resepsi pernikahan dan tambahan sekitar Rp. 1.000.000 bila ingin menggunakannya untuk acara akad nikah. Untuk catering, diwajibkan menggunakan catering rekanan dengan minimal biaya Rp. 90 juta untuk 500 orang tamu.

Ketentuan penggunaan Masjid Albina Senayan untuk resepsi pernikahan, antara lain:
- Catering harus menggunakan catering rekanan Masjid Al-bina.
- Penyewa tidak diperkenankan menggunakan stop kontak tanpa seizin pengelola Masjid Al-bina.
- Dilarang menempel dan memaku sesuatu pada dinding, layar, gordyn maupun interior dari Masjid Al-bina.
- Dilarang membawa senjata tajam / api serta minuman keras kedalam ruangan Masjid Al-bina.
- Penyewa bersedia memberikan ganti rugi, jika terjadi kerusakan akibat pelaksanaan acara sesuai penilaian kedua belah pihak.
- Pengelola hanya bertanggung jawab terhadap pengadaan fasilitas yang tersedia, apabila timbul permasalahan dengan pihak luar menjadi tanggung jawab penyewa.
- Tidak dibenarkan menggunakan taman areal Masjid sebagai lokasi persiapan.
- Tidak dibenarkan membawa makanan kedalam ruang utama Masjid Al-bina (Lantai II).
- Tidak dibenarkan memakai musik hidup(live show) kecuali : rebana, hadroh, hijir marawis, nasyid, gambus, dan acapela.
- Pada saat azan berkumandang tidak dibenarkan ada suara kaset, microphone, sampai pelaksanaan sholat selesai.

Teks: Fitri Harini (dari berbagai sumber) | Image: dari berbagai sumber










LEAVE A COMMENT

Comments (4)

  • Harini

    22 May 13

    @febi.febi: untuk masjid yang menyediakan ruangan untuk resepsi biasanya menyediakan ruangan untuk akad nikah juga. Untuk biaya berkisar antara 1 hingga 2 juta (tergantung masjid masing-masing).

  • Harini

    22 May 13

    @kettykartika: untuk info Masjid Pondok Indah, tunggu artikel masjid-masjid untuk Akad dan resepsi bagian II ya... thank you

  • febriana

    22 May 13

    ada info untuk akad

  • Ketty Kartika

    20 May 13

    info untuk mesjid pondok indah donk...

BACK
TO TOP