Memilih Wedding Video Terbaik

 16 Febuari 2012    Novi Rahayu    6081

Hal apakah yang paling penting dalam memilih Videographer?
Ketika memilih videographer adalah hal yang sangat penting untuk menyadari bahwa ada kemungkinan ada perusahaan video di daerah Anda yang dapat membuat wedding video Anda menjadi sesuatu yang mirip dengan film Hollywood, sementara ada juga perusahaan lain yang membuat video dengan kualitas yang tidak lebih baik dari video buatan kawan atau keluarga dengan menggunakan kamera video yang sederhana dan sebuah tripod.
 
Memilih Videographer, Photographer, atau keduanya?
Ada perbedaan besar yang sangat nyata; yang satu adalah sebuah gambar dalam film, yang lainnya adalah gambar bergerak dalam layar. Akan tetapi perbedaan yang tidak terlalu terlihat adalah bagaimana interaksi kedua media tersebut terhadap Anda. Pada umumnya photographer akan mengarahkan gaya untuk foto-foto formal, dengan pengecualian apabila mereka mengabadikan sebuah acara.

“Sebuah wedding video memungkinkan Anda dan keluarga Anda untuk mengenang memori sampai generasi yang akan datang"
 
Videographer pada umumnya hanya mendokumentasi event tersebut dan tidak mengarahkan gaya meskipun ada kalanya hal tersebut juga dilakukan. Apabila Anda menggunakan keduanya, kedua pihak tersebut sebaiknya bertemu dan membahas acara yang akan diliput supaya mereka dapat berkerja sama. Keduanya haruslah seorang yang profesional yang hanya memberi yang terbaik bagi Anda.
 
Memilih seorang Photographer atau Videographer
Ketika budget wedding Anda mencukupi atau mulai naik, beberapa memilih antara photographer atau videographer. Apabila saya harus memilih satu, saya akan memilih video. Mengapa? Karena sebuah foto menangkap sebuah momen dalam waktu, video memungkinkan Anda untuk merekam waktu dalam gerakan. Sebuah foto tidak dapat menandingi hal tersebut. Salah satu solusi apabila budget adalah masalah, pilihlah mana yang anda anggap lebih penting. Apabila Anda memilih video, jangan memilih paket foto yang tidak sesuai dengan budget Anda. Apabila album foto adalah prioritas Anda, pilihlah paket video standard yang setidaknya mengabadikan hari H Anda. Apabila anda memilih dengan bijaksana Anda dapat mendapatkan keduanya.

Seberapa pentingnya peralatan video yang terbaik?
Peralatan video yang terbaik menentukan kualitas teknis dari video yang dihasilkan, akan tetapi hal tersebut tidaklah menjamin akan kualitas konseptual. Banyak tipe digital video camera terbaru dengan 1 dan 3 chip CCD (Charge Coupled Display) menawarkan kualitas gambar yang sangat baik, dan juga kemampuan merekam pada cahaya rendah, yang merupakan kelebihan apabila lighting yang terang adalah hal yang tidak diinginkan. 
 
Anda perlu mempertimbangkan antara biaya dan keuntungan ketika memilih seorang videographer dan peralatannya. Saya menyarankan menggunakan video camera digital dengan 3 CCD 1st, (harga tertinggi), video camera digital dengan 1 CCD 2nd, (harga sedang), dan super VHS 3rd, (harga terendah). Ingat bahwa peralatan saja tidak akan membuat sebuah wedding video yang spesial bagi Anda. Pilihlah seseorang yang mencintai pekerjaanya, memperhatikan detail, dan dapat melalukan proses editing dengan baik.

DVD atau VHS?
Kaset video akan menurun kualitasnya terhadap waktu penyimpanan, dan oleh karena keuntungan utama video adalah untuk dapat mengabadikan sebuah kenangan untuk generasi yang akan datang, adalah hal yang tidak bijaksana apabila anda hanya memiliki sebuah kaset video sebagai media penyimpanan utama Anda.
 
Apabila videographer Anda tidak memproduksi DVD, dia seharusnya dapat membuatnya dari kaset master atau digital video file yang dimilikinya. Setelah menonton video tersebut untuk pertama kalinya, kebanyakan orang tidak akan duduk diam dan menghabiskan berjam-jam untuk menonton keseluruhan video tersebut. Kebanyakan akan menggunaklan fast forward untuk mencapai ke bagian yang diinginkannya, hal ini mempersingkat umur kaset video tersebut. Dengan DVD Anda dapat memilih segmen yang diinginkan dengan cepat dan mudah. Apakah Anda memiliki DVD player atau tidak, gunakan DVD atau VCD untuk menyimpan kenangan Anda.
 
Yang mana lebih penting, proses shooting atau editing?
Ini adalah sebuah pertanyaan besar. Hal ini adalah sama halnya dengan koin dengan 2 sisi. Proses shooting dan editing adalah 2 hal yang tidak terpisahkan. Anda tidak dapat mengedit apa yang tidak Anda miliki atau dengan kualitas footage yang buruk, jadi memiliki seorang videographer yang berbakat dan kreatif adalah hal yang sangat penting. Hal yang merupakan masalah yang harus dipecahkan adalah posisi, angle camera, lighting, dan sound. Apabila seorang videographer mempunyai footage yang cukup baik. Maka proses editing juga merupakan hal yang sangat penting. Video footage yang terbaik sekalipun apabila tidak didukung oleh proses editing yang baik tidak akan menghasilkan video dengan kualitas yang baik, demikian juga sebaliknya. Pilihlah videographer dan editor yang terbaik sesuai dengan budget Anda.
 
Mengapa memilih multi camera?
Pada umumnya, satu camera, dioperasikan oleh seorang videographer, sudah cukup untuk menangkap kenangan Anda dalam video. Akan tetapi apabila budget Anda memungkinkan, kamera kedua akan menambah dimensi pada video Anda. Terutama pada saat acara di mana partisipan pada umumnya berdiri di tempat dan pergerakan videographer terbatas. Kamera kedua dapat mengambil gambar elegan dan kreatif dari sudut yang berbeda. Kamera kedua memang membutuhkan biaya tambahan, akan tetapi hal tersebut sangat sepadan dengan hasil yang akan Anda dapatkan.
 
Bagaimana dengan editing dan special effect?
Seni dari wedding videography dapat digambarkan sebagai warna pada palet warna. proses editing adalah kanvasnya. Editing dapat sesederhana membuang footage yang tidak diperlukan, akan tetapi di tangan editor berbakat dan kreatif, hasil video wedding Anda akan menjadi sebuah kenangan indah bagi Anda dan keluarga Anda. Tidak ada pengganti editing yang baik, karena tidak selalu yang Anda shoot dengan video camera yang terpenting tetapi yang apa yang Anda tampilkan. Sebagai perbandingan, proses shooting adalah hal yang termudah. Digital Editing melibatkan memindahkan video dari sebuah atau beberapa kamera ke komputer. Pada umumnya, 5 jam proses editing diperlukan untuk setiap jam acara. Jadi sebuah acara 4 jam akan membutuhkan kurang lebih 20 jam editing, sebuah acara 8 jam akan membutuhkan kurang lebih 40 jam editing, apabila anda menggunakan 2 camera maka proses editing akan memakan waktu 2 kali lipat. Untuk alasan tertentu kami selalu membutuhkan waktu lebih dari itu. Banyak Videographer tidak memberi waktu yang cukup untuk proses editing, dan waktu tersebutlah yang membuat perbedaan.
 
Berapa harganya?
Harga video
beragam dari Rp.1.000.000 sampai di atas Rp.25.000.000. Ada pepatah yang berkata "Kepahitan dari kualitas yang buruk bertahan lama setelah kemanisan harga murah itu berlalu". Jadi pastikan Anda mendapatkan yang anda layak dapatkan tidak peduli berapa yang anda keluarkan. Jadi pilihlah dengan bijaksana dan pesan dari jauh hari.

Pilihlah yang sesuai dengan budget Anda. "Kepahitan dari kualitas yang buruk bertahan lama setelah kemanisan harga murah itu berlalu".

Courtesy: Chronos Video Production by David Budiatmaja, Managing Director, CHRONOS VPH Main Photo Maximus Photography & Videography Mid Photo Surya Photography

LEAVE A COMMENT