5 Hal yang Menentukan Jumlah Tamu Pesta Pernikahan

Photo by Bernado Pictura on Biondi & Stefanie Wedding

Menentukan jumlah tamu pada pesta pernikahan bukanlah hal sepele. Berikut beberapa hal yang harus diperhatikan sehubungan dengan jumlah tamu yang akan Anda undang nantinya:

Photo by Hope Portraiture

1. Venue Pernikahan
Venue pernikahan adalah hal yang paling penting dalam menentukan jumlah tamu undangan di hari pernikahan Anda nanti. Mudahnya, tentukan terlebih dahulu prioritas Anda dan pasangan: apakah akan mengundang tamu sebanyak-banyaknya atau menikah di venue impian Anda berdua? Jika opsi kedua yang dipilih, maka tugas Anda tinggal menyesuaikan jumlah tamu yang akan diundang dengan kapasitas tempat tersebut. Sebaliknya, jika prioritas jatuh pada opsi pertama, maka pastikan venue yang Anda pilih dapat mengakomodasi tamu-tamu dengan nyaman.

Lihat : Paket Venue + Wedding Planner dari Weddingku Venue Deal

Photo by Loxia Photography

2. Tata Cara Pesta Pernikahan
Poin yang kedua ini bisa jadi alternatif bagi Anda yang gigih ingin tetap menikah di venue pernikahan impian. Tata cara pesta pernikahan pada umumnya terbagi menjadi dua, yaitu: jamuan dengan set menu dan tamu duduk atau jamuan prasmanan dengan tamu berdiri. Untuk undangan dengan tamu bersantap di meja, ruang yang dibutuhkan pastinya lebih luas dari jamuan berdiri dengan perbandingan dua banding satu. Untuk Anda yang ingin mengakomodir tamu dengan jumlah yang lebih banyak, maka tata cara pesta dengan jamuan berdiri menjadi pilihan yang tepat. Pastikan juga saat berkonsultasi dengan wedding planner, Anda dan pasangan juga menanyakan rekomendasi venue-venue pernikahan untuk jamuan berdiri ataupun jamuan `makan meja`.

Lihat: Weddingku Planner & Organizer

Photo by Matthew Essman on Unsplash

3. Konsep Pernikahan
Konsep pernikahan yang dipilih para calon pengantin biasanya juga berkaitan dengan lokasi venue pernikahan yang mereka pilih entah itu indoor ataupun outdoor. Para calon pengantin yang menikah di venue indoor biasanya akan memilih konsep pernikahan seperti modern traditional, elegant & romantic, classic, dan chinoiserie yang cenderung sifatnya formal Sedangkan untuk venue outdoor, calon pengantin lebih memilih konsep pernikahan dengan tema rustic, garden, dan botanical yang sarat dengan unsur alam. Nah, jika Anda hanya ingin mengundang sedikit tamu seperti keluarga besar dan orang-orang terdekat saja serta lebih menyukai suasana yang santai dan intim, maka pilihlah konsep pernikahan dengan venue outdoor. Mengapa venue outdoor? Karena dengan memilih venue outdoor hal-hal formal dan kekakuan pesta bisa sedikit Anda tinggalkan. Anda dan pasangan dapat menghabiskan waktu bersama orang-orang terdekat tanpa terhalang banyak aturan pembatas. Suasana pesta Anda juga pasti akan terasa lebih hangat dan akrab antara satu tamu dengan tamu lainnya.

Lihat: Wedding Concept by Weddingku

Photo by Rawpixel on Unsplash

4. Pertimbangkan Bujet
Bujet pernikahan akan menentukan berapa banyak yang Anda dapat bayarkan untuk setiap tamu yang diundang. Jika bujet Anda terbatas, pertimbangkan ulang untuk mengundang terlalu banyak tamu. Kalkulasikan dengan seksama untuk setiap undangan yang Anda sebar, karena kemungkinan besar tamu yang diundang akan datang bersama keluarga atau pasangannya. Jadi bujet untuk satu undangan, umumnya terhitung bujet untuk 2 orang tamu atau 2 pax. Ingatlah bahwa menambahkan satu orang tamu berarti menambah anggaran terutama untuk jamuan makan di meja. Untuk pemilihan vendor-vendor yang kira-kira cocok dengan bujet Anda dan pasangan, konsultasikan juga dengan wedding planner Anda.

Lihat: Weddingku Planner & Organizer

Photo by Haley Phelps on Unsplash

5. Siapa yang Membiayai Pernikahanmu
Hal ini menentukan siapa yang diizinkan untuk memiliki suara yang lebih banyak dalam menentukan daftar tamu yang diundang. Apakah Anda, pasangan, atau orang tua Anda memegang peranan utama? Ingatlah untuk selalu terbuka di saat bernegosiasi dan miliki rasa toleransi satu sama lainnya. Setiap orang tua pasti akan memberikan saran dan masukan yang bertujuan baik, karena mereka pun pernah berada di posisi Anda sebelumnya. Para orang tua pastinya ingin berbagi kebahagiaan tersebut dengan mengundang para kolega dan teman-teman mereka. Jika Anda tidak setuju dengan jumlah tamu yang akan diundang oleh orang tua masing-masing, cobalah untuk terbuka. Atau, Anda dapat minta bantuan pihak ketiga seperti wedding planner atau keluarga terdekat untuk menyampaikan pendapat Anda pada orang tua.

Lihat: Weddingku Planner & Organizer

Nah sambil Anda pertimbangkan kelima hal tadi untuk menentukan jumlah tamu pernikahan Anda, konsultasikan juga masalah yang Anda dan pasangan hadapi pada Weddingku Planner kami. Klik “More Details” di bawah ini untuk melihat layanan dan testimoni dari para couples kami lebih lanjut!

MORE DETAILS

Teks : Natasha Raphaela

LEAVE A COMMENT

BACK
TO TOP