5 Rules in Choosing Wedding Accessories

Gaun pengantin yang menakjubkan sudah didapat. Nah, sekarang saatnya Anda menentukan aksesori yang tepat untuk menyempurnakan penampilan Anda di hari-H nanti. Yuk, simak dulu peraturan-peraturan di bawah berikut agar Anda tidak salah memilih aksesori.

Match Your Metals
Tahukah Anda bahwa beberapa warna gaun hanya cocok dipadankan dengan logam-logam tertentu saja. Contohnya, warna gaun ivory akan terlihat lebih mengagumkan jika dipadankan dengan aksesori yang terbuat dari emas, karena warna gelap ivory akan semakin menonjolkan kemilau emas tersebut. Sebaliknya, logam emas tidak cocok jika dipadankan dengan gaun pengantin Anda yang berwarna putih, karena warna putih yang terang akan bentrok dengan warna emas yang berkilau. Jadi, pilihlah aksesori berbahan dasar silver atau platinum atau yang memiliki detil mutiara untuk dikenakan bersama dengan gaun pengantin putih Anda. Sedangkan aksesori emas, seperti yellow gold dan rose gold akan terlihat lebih mempesona jika dipadankan dengan gaun pengantin berwarna off-white.


Be Creative with Your Style
Anda tidak suka mengenakan veil? Tenang. Masih banyak aksesori rambut yang bisa Anda pilih, mulai dari sirkam sampai fascinator. Pertama-tama, pilih model rambut Anda terlebih dahulu untuk hari pernikahan nanti karena beberapa aksesori terlihat lebih baik dengan model rambut terangkat dan sebaliknya. Mahkota bunga, contohnya, akan terlihat lebih baik jika dikenakan di atas rambut yang dibiarkan terurai ke bawah. Aksesori yang manis dan imut akan terlihat sangat sempurna untuk rambut yang lurus, tapi akan tenggelam di atas rambut yang tebal dan bergelombang.

Remember: Less is Better
Jangan berlebihan dengan tampil menggunakan veil, tiara, anting-anting, kalung dan semua aksesori yang Anda punya, jika Anda tidak ingin dikira seperti toko perhiasan berjalan. Yang perlu Anda lakukan adalah mengambil foto gaun pengantin Anda secara keseluruhan dan jadikan itu sebagai dasar dalam memilih aksesori. Jika leher gaun sudah dihiasi dengan pernak-pernik dan detail, pilihlah anting panjang sebagai aksesori dibanding kalung. Jika Anda memilih gaun bergaya simple, maka Anda bisa menambahkan kalung atau fascinator yang bold untuk memberi statement. Dalam pemilihan anting-anting, minta juga saran dari penata rambut Anda. Yang terakhir, hindari pemakaian aksesori yang mirip dengan perhiasan atau ornamen gaun Anda.


A Belt? Why Not?
Sedang mencari sesuatu yang sederhana untuk ditambahkan pada gaun Anda, sekaligus dapat memperlihatkan sedikit lekuk tubuh Anda? Tambahkan saja belt atau selempang! Dengan menggunakan belt metalik berbahan kulit atau selempang klasik berbahan satin, Anda dapat memodifikasi gaun pengantin tanpa harus mengeluarkan biaya yang mahal. Cara memilih belt yang tepat adalah dengan menyesuaikannya dengan bentuk tubuh Anda. Belt tipis sangat cocok jika dipakai oleh pengantin bertorso pendek, sebaliknya, belt yang lebar lebih cocok dikenakan pengantin bertorso tinggi.

Know Your Veils
Veil adalah ‘aksesori’ pernikahan yang sangat ikonik dan wajib dikenakan oleh setiap pengantin. Pilihan modelnya pun juga banyak, mulai dari model birdcage yang menggoda sampai yang menjuntai panjang ke belakang.

Tapi sebelum menentukan model veil yang akan Anda kenakan, penting untuk mengingat hal-hal berikut:

Veil yang Anda kenakan haruslah mempunyai tone warna yang sesuai dengan gaun pengantin Anda.

• Berhati-hatilah ketika memilih model veil. Jika gaun pengantin Anda sudah cukup menakjubkan dengan berbagai bordiran dan manik-manik, pilihlah veil yang sederhana sehingga mereka tidak akan saling bersaing untuk mencuri perhatian. Jika Anda ingin menunjukkan bagian belakang gaun karena bordiran atau manik-manik di belakang gaun sangatlah mengagumkan, maka Anda dapat memilih model veil yang transparan dibanding veil yang memiliki banyak layer.

• Perhatikan panjang veil pilihan Anda! Model veil yang panjang menyapu lantai dapat membuat pengantin bertubuh kecil terlihat lebih tinggi, sedangkan veil dengan panjang medium sangat cocok untuk pengantin bertubuh tinggi karena secara visual dapat membuat pengantin tersebut tidak terlalu tinggi. Untuk veil bermodel pendek seperti birdcage, cocok untuk semua pengantin dengan berbagai ukuran dan bentuk tubuh. Selain itu, veil bermodel pendek juga dapat memberi kesan fun, kasual, dan unik pada gaun pengantin Anda.

Teks Eva Tanty Sari | Foto Dok. Istimewa

LEAVE A COMMENT

BACK
TO TOP