6 Do dan Dont Antisipasi Wedding di Outdoor yang Wajib Kamu Tahu!

Pernikahan outdoor menjadi pilihan populer bagi pasangan yang menginginkan suasana yang romantis dan alami. Nuansa pernikahan outdoor menjadi pilihan karena adanya suasana terbuka, sinar matahari, dan elemen alam seperti pepohonan atau pantai menciptakan latar belakang yang indah dan mempesona untuk perayaan cinta. Terdapat berbagai alternatif tempat untuk melaksanakan pernikahan outdoor. Kamu dan pasangan dapat memilih lokasi yang sesuai dengan konsep pribadi, seperti taman, pantai dan perkebunan yang hijau, memberikan sentuhan personal pada pernikahan. Pernikahan outdoor sering kali memberikan fleksibilitas yang lebih besar dalam mendesain dekorasi, menyesuaikan tema dengan elemen alam, dan menciptakan momen-momen yang tak terlupakan di bawah langit terbuka. Berikut adalah beberapa tips antisipasi yang dapat membantu kamu mengorganisir pernikahan outdoor yang sukses.

Ini Tips Utama Sebelum Memilih Pernikahan di Outdoor


Sebelum melaksanakan pernikahan outdoor, pertimbangkan mengenai konsep gaun pengantin. Tentunya, gaun yang digunakan harus sesuai dengan venue yang ada. Seperti contoh, jika kamu mengadakan acara pernikahan di cruise, sebisa mungkin pengantin dapat memakai gaun dengan aksen yang sederhana dan mudah bergerak. Hal ini, mengingat adanya proses naik dan turun dari kapal setelah berlayar menuju pelaminan. Pencahayaan juga perlu diperhatikan, baik siang hari maupun malam hari. Ini dikarenakan resepsi outdoor membutuhkan pencahayaan yang cukup agar acara tetap terang. Contoh lainnya, jika kamu memilih venue outdoor di taman, penting bagi kamu sebagai pengantin untuk memilih gaun yang flowy, ringan dan bebas bergerak. Hal ini bertujuan agar kamu dapat mingle dengan para guest dengan bebas, tanpa perlu khawatir gaun kamu tersangkut rerumputan dan dedaunan. Calon pengantin yang mengadopsi konsep outdoor harus selektif dalam memilih venue. Pastikan venue sesuai dengan konsep, memiliki kapasitas yang memadai, dan memperhatikan tanggal, bulan, serta cuaca. Hindari memilih bulan-bulan hujan untuk mengantisipasi potensi masalah cuaca.

Tips Mengatasi Potensi Cuaca:


Cuaca yang tidak terduga dapat menjadi tantangan, bagi kamu yang memilih venue pernikahan outdoor. Oleh karena itu, selalu persiapkan plan B untuk memindahkan acara ke dalam ruangan. Pastikan venue menyediakan area indoor yang cukup besar. Perencanaan cuaca sangat penting, terutama pada bulan-bulan yang berpotensi hujan. Tidak hanya itu, kamu juga dapat mengantisipasi, dengan cara menggunakan tenda transparan yang cantik dan lampu yang sesuai untuk memberikan solusi yang efektif. Dan juga, memilh venue outdoor yang menyediakan ruangan indoor, agar para tamu dapat dipindahkan ke ruangan indoor sewaktu-waktu jika terjadi hujan.

Do`s and Don`ts dalam Menentukan Venue:


Pemilihan lokasi memegang peranan kunci dalam kesuksesan pernikahan outdoor. Pilih venue yang tidak hanya memiliki area outdoor yang indah, tetapi juga memiliki ruangan dalam yang cukup luas. Hindari pemilihan venue yang hanya memiliki area outdoor tanpa opsi indoor. Memilih venue outdoor yang juga memiliki ruangan indoor untuk pernikahan adalah keputusan cerdas karena memberikan fleksibilitas dan keamanan dalam menghadapi kondisi cuaca yang tidak dapat diprediksi. Dengan adanya ruangan indoor sebagai opsi backup, pasangan dapat merencanakan pernikahan terbuka yang romantis tanpa perlu khawatir terhadap hujan, angin, atau cuaca ekstrem lainnya yang mungkin terjadi. Ruangan dalam juga menjadi solusi yang nyaman bagi tamu, memastikan kenyamanan dan kepuasan mereka selama acara. Dengan kombinasi venue outdoor dan ruangan indoor, pasangan dapat memiliki pernikahan yang sesuai dengan visi mereka tanpa harus mengorbankan kenyamanan dan keamanan bagi diri sendiri dan tamu.

Fasilitas dan Logistik Apa Saja yang Perlu Dipersiapkan di Venue Outdoor?


Sediakan kursi yang cukup agar tamu dapat duduk dan menikmati makanan dengan nyaman. Selain itu, sediakan fasilitas seperti misty fan artau kipas berair untuk menjaga kenyamanan tamu. Pencahayaan malam harus dipertimbangkan dengan baik, terutama pada malam hari. Kamu dapat memilih untuk menggunakan pencahayaan yang pas agar tidak terlalu terang sehingga tidak terasa panas dan juga tidak terlalu gelap, sehingga komposisi cahaya dapat mengalir dengan baik.

Cara Menentukan Dekorasi yang Sustainable


Pemilihan properti dekorasi di venue bertemakan outdoor atau alam, penting untuk memilih dekorasi yang sustainable Namun, tetap minimalisir dekorasi buatan yang tidak perlu. Hindari dekorasi yang terlalu banyak atau besar, seperti backdrop yang berlebihan. Gunakan elemen alam sekitar, seperti pohon, kayu dan rustic, untuk memberikan sentuhan dekorasi yang ramah lingkungan. Penting untuk memilih dekorasi yang berkelanjutan untuk venue outdoor pernikahan karena hal ini memberikan kontribusi positif terhadap lingkungan dan memberikan pesan kesadaran lingkungan kepada para tamu. Dekorasi berkelanjutan, seperti penggunaan material daur ulang, tanaman lokal, dan dekorasi yang dapat dipakai kembali, membantu mengurangi dampak negatif terhadap alam. Selain itu, memilih dekorasi yang ramah lingkungan juga menciptakan suasana yang lebih organik dan alami, selaras dengan keindahan alam sekitar. Pilihan dekorasi yang berkelanjutan pada akhirnya mendukung upaya pelestarian lingkungan, menciptakan pernikahan yang tidak hanya indah secara estetika tetapi juga memberikan dampak positif pada planet kita.

Trik Atur Pencahayaan, Pengaturan Kursi, dan Tata Ruang Lainnya


Pencahayaan harus disesuaikan dengan kondisi sekitar agar tetap terang dan tidak mengganggu jalannya acara. Pengaturan kursi perlu diperhatikan sesuai dengan konsep pernikahan, apakah ingin standing untuk memudahkan mingle dengan para tamu atau duduk dengan teratur. Jika suasana pernikahan bagi tamu adalah duduk, kamu dapat mengatur seating table dengan bijak sesuai kapasitas tamu dan venue. Aspek teknis lainnya, seperti penggunaan tenda dan persiapan area indoor, perlu diatur untuk mengantisipasi situasi darurat seperti cuaca, dsb nya.
Dengan memperhatikan semua aspek ini, kamu dapat menghadirkan pernikahan outdoor yang tak terlupakan. Pastikan kapasitas venue, kenyamanan tamu, dekorasi ramah lingkungan, dan elemen-elemen teknis lainnya menjadi prioritas agar hari bahagia kamu dapat berjalan sukses. Dengan perencanaan yang matang, pernikahan outdoor bisa menjadi pengalaman yang indah dan berkesan bagi semua yang hadir.

Jika kamu ingin mengeksplorasi lebih banyak tips, informasi, dan tren seputar dunia wedding, jangan lupa untuk mengunjungi dan mengunduh Weddingku App. Follow juga media sosial Weddingku di di Instagram, TikTok, dan download Weddingku App di sini.

Sumber:

Batavia Marina Wedding

Laguna Park Wedding Venue

LEAVE A COMMENT

BACK
TO TOP