8 Tips Sukses Gelar Intimate Wedding

 

Foto: First Loved Photo


New normal telah tiba. Saatnya Anda merencanakan kembali konsep pesta pernikahan Anda. Salah satu konsep yang sangat cocok untuk resepsi pernikahan di masa new normal adalah intimate wedding atau pernikahan intim.


Alasan utama Anda harus menggelar pernikahan di era new normal dengan konsep intimate adalah karena jumlah tamu yang tak terlalu banyak. Walaupun intimate wedding memiliki jumlah tamu yang tak terlalu banyak, bukan berarti menyelenggarakan pernikahan seperti ini lebih mudah daripada menyelenggarakan pernikahan mewah.


Menyelenggarakan intimate wedding memiliki tantangannya sendiri, seperti bagaimana membuat seluruh tamu enjoy dengan pernikahan Anda. Untuk menghindari kesalahan dalam menggelar intimate wedding, berikut Weddingku memberikan 13 tips sukses untuk menggelar pernikahan intim.


Rencanakan dengan matang
Menggelar pernikahan dengan konsep intim bukan berarti Anda menganggap enteng resepsi tersebut. Jangan hanya merencanakannya satu hari saja karena pernikahan ini akan menjadi kenangan indah seumur hidup. Anda harus tetap memikirkan detail pernikahan, seperti berencana ingin mendekorasi pernikahan Anda sendiri (DIY). Maka, bisa dilakukan dari jauh-jauh hari agar pernikahan Anda tetap berkesan.


Menyusun daftar tamu undangan
Biasanya, hal ini yang akan menyulitkan Anda sebagai calon pengantin. Kalau menggelar pesta pernikahan mewah, Anda bisa saja mengundang semua rekan kerja, semua teman, semua relasi dan lain sebagainya. Namun jika menggelar intimate wedding, Anda harus memilih ingin mengundang orang-orang yang dekat dengan Anda saja karena jumlah tamu undangan sangat terbatas.


Memilih tamu seperti ini biasanya yang membuat calon pengantin sering dilanda kegalauan karena jika tak mengundang si A, maka bagaimana perasaannya, kalau tak mengundang si B apakah dia tidak akan marah? Jadi, jangan sampai lupa membuat daftar tamu undangan ya! Ingat, jumlah tamu untuk intimate wedding sebanyak-banyaknya adalah 150-200 orang saja.


Rencanakan lebih rinci
Membuat resepsi pernikahan dengan konsep intimate berarti Anda harus bisa membuatnya lebih istimewa dan lebih fokus. Misalnya saja suvenir, Anda harus memberikan suvenir yang benar-benar bisa membuat tamu terkesan dengan pernikahan Anda. Bisa saja Anda membuat sendiri suvenir tersebut agar kesan istimewanya semakin terasa. Bagaimanapun juga, yang datang ke intimate wedding Anda adalah orang-orang yang terpilih.


Foto: Adriana Klas Photography


Masukkan kegiatan tambahan
Anda bisa memasukkan beberapa kegiatan lain di luar prosesi pernikahan. Misalnya Anda menggelar pernikahan intim di tepi pantai. Anda bisa menambahkan kegiatan bernyanyi bersama dengan membuat api unggun setelah prosesi pernikahan selesai dilakukan. Bisa juga memasukkan kegiatan berenang bersama setelahnya. Tergantung di mana Anda menyelenggarakan pernikahan.


Foto: Daylene W Photography


Pindahkan anggaran ke hal yang lebih penting
Jika Anda menggelar intimate wedding, Anda bisa memfokuskan anggaran pada beberapa hal yang Anda inginkan. Misalnya, Anda memiliki impian bisa dipotret oleh fotografer pernikahan ternama, maka anggaran pernikahan bisa difokuskan ke sana. Misalnya lagi, Anda memiliki impian jika menikah bisa menggunakan gaun hasil desainer kondang, maka anggaran pernikahan bisa juga difokuskan ke sana.


Menyewa wedding planner
Walaupun intimate wedding, tapi Anda pasti ingin pernikahan yang tetap tertata dan berkesan. Makanya, untuk mempermudah hal tersebut terwujud dan menjadikan pernikahan Anda menjadi sempurna, Anda perlu bantuan dari tangan-tangan profesional seperti wedding planner. Wedding planner tentu sudah berpengalaman sebelumnya dalam menggelar intimate wedding, jadi mereka juga tahu di mana letak kelemahan ataupun kelebihan dari intimate wedding.


Buatlah acara singkat, padat namun berkesan
Tidak perlu memasukkan semua prosesi pernikahan di intimate wedding. Lakukan saja beberapa prosesi yang penting bagi Anda. Melakukan pernikahan intim merupakan kesempatan bagi Anda untuk melakukan apapun yang Anda sukai.


Buat urutan acara
Jangan lupa untuk tetap membuat urutan acara agar pernikahan tetap berjalan dengan semestinya. Jangan lupa juga untuk membuat suasana lebih santai agar Anda dan semua tamu undangan bisa menikmati hari istimewa tersebut.


Foto: Jess Withey Photography

Wedding Ideas, Covid19

LEAVE A COMMENT


BACK
TO TOP