message

9 Mitos Pernikahan, Calon Pengantin Wajib Baca!

 

Foto: Freepik


Secara umum, mitos atau mite merupakan prosa rakyat yang bercerita suatu kisah yang berlatar belakang masa lampau. Kisah tersebut berisikan penafsiran mengenai alam semesta dan adanya makhluk di dalamnya. Hal ini dipercaya benar oleh penganutnya. Mitos muncul sebagai catatan kejadian sejarah yang dilebih-lebihkan, sebagai alegori atau personifikasi untuk kejadian alam atau penjelasan mengenai ritual.


Sedangkan menurut ahli, Ahimsa-Putra, mitos adalah cerita yang aneh dan seringkali sulit dipahami/diterima makna kebenarannya karena kisah di dalamnya tidak masuk akal dengan keseharian kita.


Indonesia memiliki banyak sekali budaya dan sejarah. Hingga saat ini, masih banyak yang berpegang teguh pada keduanya termasuk mempercayai mitos tentang pernikahan. Padahal sudah jelas bahwa mitos hanyalah sebuah cerita. Apalagi jika mempercayai mitos buruk yang bisa membuat Anda gagal menikah atau bahkan merusak rumah tangga. Berikut beberapa mitos tersebut.


Menikah di Tahun Kabisat
Hal ini menjadi pantangan bagi orang-orang Jawa yang mempercayainya. Dengan melakukan pernikahan di tahun kabisat, dipercaya akan membuat pasangan berpisah.


Dilarang Menikah di Tahun yang Sama
Menurut adat Jawa, kakak-adik dilarang menikah di tahun yang sama. Salah satunya harus mengalah dengan menikah di tahun berikutnya.


Kembar Buncing
Mitos kembar buncing yang berasal dari kebudayaan Bali ini menyatakan bahwa anak kembar pria dan wanita harus dinikahkan bila saatnya tiba karena jika tidak, bisa mengakibatkan malapetaka.


Dilarang Tidur setelah Bertengkar
Banyak yang mengatakan bahwa pertengkarang suami-istri harus diselesaikan dengan cepat dan jangan dibawa tidur atau jangan menunggu besok untuk menyelesaikannya. Padahal kalau dipaksakan saat keduanya masih sama-sama ‘panas’, maka permasalahan tidak akan selesai juga.


Foto: Freepik


Gaun Pengantin Robek
Kadang, kecelakaan kecil bisa saja terjadi di pernikahan, termasuk baju robek. Namun, jangan khawatir dulu dengan pertanda buruk yang menyatakan bahwa pernikahan Anda akan berakhir dengan kematian pengantin prianya. Semua itu hanya mitos belaka.


Suku Jawa–Sunda Dilarang Menikah
Mitos ini berawal dari kisah perang Bubat dan permasalahan dahulu kala. Jadi, hal ini hanya terjadi pada masa lampau, tidak perlu dibawa-bawa hingga sekarang.


Melangkahi Kakak Menikah
Hal ini dinggap tidak sopan dan tidak baik karena menikah mendahului sang kakak. Jika terjadi, selain memberikan pertanda buruk, katanya juga akan semakin mempersulit si kakak untuk menemukan jodohnya. Tapi jangan percaya ya guys. Karena hal ini hanya mitos.


Dilarang Membeli Barang Bekas
Jika Anda membeli barang bekas orang lain seperti baju atau apapu itu, mitosnya Anda akan berjodoh dengan duda atau janda nantinya. Padahal walaupun menikah dengan duda/janda, tidak ada yang salah dengan itu semua.


Menyapu Tidak Bersih
Konon katanya jika Anda menyapu tidak bersih, nantinya akan mendapatkan jodoh yang brewokan. Padahal pria brewok banyak disukai wanita saat ini.

Relationship, Tips dan Trik, Serba-serbi Pernikahan

LEAVE A COMMENT

BACK
TO TOP