message

Ajukan 9 Pertanyaan Ini Sebelum Memilih Wedding Organizer

 

Foto: dok. Freepik


Demi kesempurnaan pernikahan, Anda wajib memilih wedding organizer (WO) yang tepat. Untuk memilih beberapa WO yang cocok, Anda bisa melihat portfolio WO tersebut atau melihat track record berapa jumlah pernikahan yang sudah dipegang oleh WO tersebut.


Namun, dua hal itu saja tidak cukup untuk menentukan WO tersebut cocok untuk Anda atau tidak. Anda juga harus bertanya pada orang-orang yang Anda kenal mengenai WO tersebut. Di samping itu semua, ada satu langkah lagi yang harus dilakukan, yakni memberikan pertanyaan kepada WO tersebut. Apa saja pertanyaannya? Simak penjelasan berikut.


Apakah bisa disesuaikan dengan budget?
Pertama kali, Anda sangat disarankan untuk mengajukan pertanyaan ini. Anda harus bisa terbuka dengan WO yang akan Anda ajak kerjasama membangun pernikahan impian. Jangan sungkan atau gengsi karena keterbukaan adalah kunci utama untuk mewujudkan pernikahan ideal.


Apakah bisa menjadi WO di hari dan tanggal ini (pernikahan Anda)?
Hal ini juga tak kalah penting mengingat WO terkenal sudah di-booking oleh banyak pengantin jauh-jauh hari dan pastinya WO tersebut memiliki jadwal yang padat. Jika ternyata mereka tidak bisa melayani Anda pada hari dan tanggal yang sudah ditentukan, maka mintalah rekomendasi WO lain yang mungkin sama bagusnya dengan WO yang Anda pilih sebelumnya.


Berapa biaya jasa WO-nya?
Pertanyaan mengenai keuangan memang sangat penting. Jika sudah tau berapa minimal biaya jasa WO tersebut, Anda bisa mengkalkulasikan pengeluaran pernikahan yang akan disediakan. Misalnya setelah mengetahui harga jasa WO, Anda bisa menyesuaikan dengan budget yang sudah dikalkulasikan. Jika kurang, Anda bisa mencari tambahan, jika berlebih Anda bisa menyimpan kelebihan biaya tersebut.


Apa saja yang ditawarkan WO ini?
Biasanya WO yang sudah ternama sudah memiliki website sendiri terkait tugas hingga biaya WO-nya. Namun mungkin masih banyak yang belum mengerti detil dari penawaran WO tersebut. Anda bisa menanyakan hal-hal yang belum dipahami tersebut.


Apa spesialisasi WO Anda?
WO yang berkualitas tidak akan sembarangan membuat pesta pernikahan. Mereka akan memilih spesialisasi yang mereka sangat pahami dan sudah berpengalaman di sana. Misalnya khusus pernikahan indoor, outrdoor, intimate atau megah.


Pernahkah menangani pernikahan lebih dari satu pada hari yang sama?
Di sini Anda bisa melihat bagaimana cara kerja WO tersebut. Apakah mereka lebih memilih menangani satu pernikahan dalam sehari agar lebih bisa fokus atau bisa menangani pernikahan lebih dari satu dalam sehari namun tetap profesional. Pilihlah yang menurut Anda sesuai dengan keinginan Anda.


Apakah bisa mengatur pernikahan di daerah tertentu?
Mungkin beberapa WO terkenal berada di kota besar seperti Jakarta atau Bali, namun Anda ingin menyelenggarakan pernikahan di luar kota tersebut. Maka, tanyakanlah apakah mereka bersedia untuk menjadi WO Anda di luar kota tersebut.


Bagaimana metode pembayarannya?
Apakah WO tersebut menggunakan sistem DP atau sistem tunai. Hal ini harus Anda tanyakan dengan jelas menyangkut biaya yang sudah Anda sediakan. Jika WO menerima sistem DP dan cicilan, Anda masih bisa mencari pelunasannya di lain waktu jika belum memiliki dana yang cukup.


Apakah ada diskon?
Siapa yang tidak menginginkan pemotongan biaya ini. Anda bisa menanyankan hal ini karena siapa tau dalam momen tertentu WO tersebut memang sedang memberikan diskon untuk calon pengantin. Lumayan bisa mengurangi pengeluaran pernikahan Anda.

Wedding Organizer, Wedding Planning, Tips dan Trik

LEAVE A COMMENT

BACK
TO TOP